Masuk Musim Hujan, Cek Komponen Mobil Agar Aman di Jalan

By Arris Riehady - Oktober 7, 2020

Beberapa komponen mobil wajib kamu cek saat masuk musim hujan. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Ban

Genangan air di jalan karena hujan bisa menyebabkan aquaplaning, yaitu kondisi mobil tergelincir serta meluncur hilang kendali akibat melewati genangan air. Ini disebabkan karena ban kehilangan traksi sehingga mobil seakan-akan melayang.

Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan selain mengurangi kecepatan saat melewati genangan, yakni dengan memastikan kondisi ban masih ideal untuk digunakan.

Ban yang ideal ialah yang memiliki motif bergaris dengan jarak optimal, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jarang.

Baca juga: Tips Memilih Ban yang Cocok untuk Musim Hujan

Pola bergaris tersebut memiliki daya cengkram optimal, yang berguna untuk memecah air saat melintasi genangan air di jalan.

Oleh karena itu, kalau ban sudah tipis atau botak, mending langsung ganti saja dengan yang baru.

merawat rem tangan

Rem

Tidak hanya saat musim hujan, rem merupakan komponen yang wajib dicek secara berkala agar tetap aman selama perjalanan menggunakan mobil.

Cek juga kondisi kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak. Untuk mengecek ketebalan kampas rem dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, jika terdengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

Baca juga: Jangan Lupa Rawat Kampas Rem Saat Musim Hujan Dengan Cara Ini

Lalu, kampas rem yang habis juga dapat terdeteksi ketika sedang menginjak pedal rem. Biasanya, pada saat melakukan pengereman, pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari sebelumnya.

Cara selanjutnya adalah dengan melihat ketinggian minyak rem. Pada reservoir, terlihat tinggi atau rendahnya keadaan minyak rem.

Apabila volume minyak rem di bawah garis normal, ada baiknya kamu mengecek kondisi kampas rem, karena kampas rem yang tipis dapat menyebabkan kurangnya minyak rem yang berada di reservoir.

Terakhir, kamu bisa periksa langsung kampas rem mobil dengan cara melepas bagian roda untuk memastikan ketebalannya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!