Masuk Musim Hujan, Cek Komponen Mobil Agar Aman di Jalan

By Arris Riehady - Oktober 7, 2020

Beberapa komponen mobil wajib kamu cek saat masuk musim hujan. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Baca fitur yang berguna di musim hujan selanjutnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi Indonesia akan masuk musim hujan pada Oktober 2020.

Misalnya di Jabodetabek, hujan mulai rutin turun hampir setiap hari. Bagi pemilik atau pengemudi mobil perlu melakukan persiapan untuk menghadapi musim hujan agar aman selama perjalanan.

Tidak perlu pusing, kamu hanya perlu cek komponen-komponen penting di mobil yang dibutuhkan ketika menghadapi musim hujan agar dapat digunakan secara optimal.

Baca juga: Kelebihan dan Fungsi Water Repellent untuk Mobil Saat Musim Hujan

Nah, berikut ini adalah beberapa komponen mobil yang wajib kamu cek saat memasuki musim hujan.

sejarah wiper mobil

Wiper

Saat musim kemarau, keberadaannya sering luput dari perhatian. Suhu panas yang kerap menerpa kaca depan bisa saja membuat karet wiper pecah-pecah dan getas.

Bila sudah begini, saat ingin digunakan di musim hujan, performa wiper untuk menyapu air sudah tidak maksimal lagi.

Untuk itu, kamu perlu cek komponen ini. Apabila karet wiper sudah tidak dalam kondisi yang bagus, sebaiknya segera lakukan penggantian karena dapat membuat kaca mobil baret.

Baca juga: Mudahnya Mengganti Wiper Mobil Sendiri di Rumah

Lakukan juga perawatan pada washer reservoir dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!