Search Cars

Otomotif

Masa Inreyen, Mitos atau Fakta? Ini Jawabannya

Kata inreyen atau biasa disebut dengan break-in adalah masa di mana komponen-komponen mesin sedang dalam masa penyesuaian. Proses ini mewajibkan mobil untuk tidak digeber langsung pada kecepatan tinggi karena dapat merusak komponen mesin.

 

Istilah ini sering digunakan untuk mobil-mobil baru dan wajib diketahui oleh setiap pemiliknya. Tapi, apakah masa inreyen masih berlaku untuk mobil jaman sekarang?

 

Taufik Prabowo, Foreman PT Astra International Tbk – Daihatsu Jakarta Kelapa Gading Branch, mengatakan, sekarang ini istilah inreyen sebenarnya sudah tidak berlaku lagi karena pabrikan sudah melakukan pengecekan mesin terlebih dahulu sebelum mobil diterima oleh pemiliknya.

 

“Kita di Daihatsu selalu mengecek mobil sebelum dikirim, jadi misalkan ada kerusakan sedikit saja tidak akan kita keluarkan. Itu (inreyen) sudah menjadi mitos untuk mobil sekarang,” ungkap Taufik.

 

Ia melanjutkan, mesin jaman sekarang sudah jauh lebih canggih daripada mesin jaman dulu, ditambah dengan tingkat presisinya yang juga sudah lebih baik. Jadi, build quality-nya jelas sudah lebih bagus mobil-mobil jaman sekarang.

 

“Di Pre Delivery Center (PDC) kita juga sudah melakukan final check, jadi kalau mau langsung digeber sebenarnya juga sudah tidak apa-apa, tidak masalah,” ujar Taufik.

 

Jika nantinya terjadi kerusakan, Taufik mengatakan, pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) akan melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kerusakan tersebut.

 

“Misalnya ada kesalahan pemakaian atau tidak, dan lain-lain. Kami tidak akan mempersulit customer,” katanya.

Jadi, inreyen untuk mobil jaman sekarang, khususnya Daihatsu, sudah tidak mengenal lagi istilah inreyen. Bagi yang sudah mengetahui hal ini, ada baiknya berbagi pengetahuan kepada yang mungkin masih bertanya-tanya tentang hal ini, agar edukasi kepada masyarakat juga lebih cepat.

 

Meski mesin tidak masalah untuk digeber, jangan kebut – kebutan ya. Selamat menikmati mobil baru Anda!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.