Search Cars

Tips & Rekomendasi

Liburan Akhir Tahun, Siapkan 7 Hal Ini Dulu Supaya Lebih Seru

Berlibur adalah aktivitas yang paling tepat untuk melepaskan diri dari rutinitas. Bahkan dengan berlibur, kita dapat merasakan energi baru yang membuat kita lebih bersemangat menjalani keseharian.

Bertepatan dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, akhir tahun ialah waktu yang pas untuk liburan serta refreshing menyongsong tahun yang baru.

Namun sayangnya, liburan akhir tahun ini tidak semudah yang dibayangkan. Butuh persiapan yang lebih matang dan uang lebih banyak karena high season.

Berikut tips agar liburan akhir tahun Anda semakin menyenangkan.

1. Siapkan Tabungan

Setidaknya Anda mesti menyiapkan tabungan untuk liburan akhir tahun ini semenjak awal tahun. Tentunya, hasil tabungan tersebut akan digunakan untuk membeli tiket, akomodasi, dan penunjang liburan lainnya.

2. Jangan Harap Promosi

Meski telah membeli tiket dari jauh hari sebelum hari H keberangkatan untuk liburan akhir tahun, Anda jangan pernah mengharapkan harga promosi.

Tidak hanya tiket, hal ini juga berlaku untuk akomodasi. Bedanya, meski tidak ada harga promosi, biasanya dari pihak penginapan, semisal hotel, akan memberikan potongan harga agar tamu dapat menghadiri pesta pergantian tahun yang mereka gelar.

Sebaiknya Anda membeli tiket dan melakukan booking akomodasi maksimal tiga bulan sebelum keberangkatan, atau sekitar bulan Oktober.

3. Pergi Bersama

Untuk Anda yang belum berkeluarga, cara paling mudah menyiasati dan menekan budget liburan akhir tahun adalah dengan pergi bersama teman. Meski tiket ditanggung pribadi, akomodasi, makan, dan transportasi di tempat wisata dapat dihitung bersama, sehingga lebih hemat.

Pun begitu, jika Anda dan teman-teman memiliki jiwa petualangan, road trip dengan menggunakan mobil adalah salah satu pilihan yang cenderung lebih murah ketimbang membeli tiket bus, kereta, atau pesawat.

cara buat paspor4. Susun Rencana Perjalanan

Berhubung high season, hampir semua tempat wisata akan dibanjiri oleh turis. Sebenarnya cara paling aman untuk menghabiskan libur akhir tahun adalah di hotel yang memiliki fasilitas lengkap dan lokasinya strategis. Anda cukup jalan kaki ke pusat perbelanjaan, pantai, atau tempat wisata.

Jika tidak, Anda harus menyusun rencana perjalanan sehingga tidak kebingungan di tempat tujuan. Menyusun rencana perjalanan tentunya membuat liburan akhir tahun Anda menjadi lebih lancar, teratur dan menyenangkan.

5. Get Lost!

Jangan terpaku pada destinasi liburan akhir tahun populer saja, karena Indonesia punya banyak wilayah lain untuk dieksplorasi. Setiap wilayah pun memiliki hidden gem atau tempat wisata anti mainstream yang bisa dijelajahi saat liburan akhir tahun. Liburan Anda pun jelas akan jadi lebih bervariasi dan tidak di situ-situ saja.

6. Siapkan Fisik

Berhubung akhir tahun bertepatan dengan musim hujan di Indonesia dan musim dingin di beberapa negara di dunia, sebelum berangkat untuk liburan akhir tahun, sebaiknya Anda menjaga kesehatan dan kondisi fisik. Rajinlah mengonsumsi vitamin, khususnya vitamin C untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

7. Urus Paspor dan Visa

Jika Anda hendak menghabiskan liburan akhir tahun di luar negeri, jangan lupa untuk mengurus paspor hingga visa sebagai identitas diri.

Untuk mengurus pembuatan dua dokumen tersebut, Anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga sebaiknya dilakukan beberapa bulan sebelum keberangkatan.

Jika enggan repot mengurus visa, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghabiskan libur akhir tahun di negara yang bebas visa.

Sudah siap untuk liburan akhir tahun bersama keluarga maupun teman?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.