Selain Pempek, Ini Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicicipi

Bicara tentang kuliner khas Palembang pastinya kamu langsung tertuju pada pempek. Ternyata masih banyak yang lainnya, apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut!

kuliner khas Palembang

Pempek, kuliner khas Palembang yang satu ini memang sudah familiar terdengar bagi masyarakat Indonesia.

 

Ternyata, selain pempek, Palembang juga memiliki aneka kuliner khas lainnya yang tak kalah lezat dan otentik. Berikut berbagai macam kuliner khas Palembang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.

 

Baca juga: Catat! Festival Bulan Oktober 2019 yang Wajib Dikunjungi

kuliner khas Palembang

Laksan

Kuliner khas Palembang yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan ikan yang sebenarnya adalah pempek lenjer. Berbeda dengan pempek yang disajikan dengan cuko, laksan disajikan dengan kuah bersantan yang sepintas mirip dengan kuah lontong sayur.

 

Untuk kamu yang ingin mencicipi laksan bisa datang ke Burgo Laksan yang beralamat di Ki Anwar Mangku, Sentosa, Kecamatan Seberang Ulu II.

 

Baca juga: Bikin Perut Kenyang dengan Kuliner Legendaris Malang

kuliner khas Palembang

Celimpungan

Serupa tapi tak sama, celimpungan sangat mirip dengan laksan dan pempek. Pada dasarnya ketiganya memang memiliki bahan dasar yang sama hanya saja bentuk dan kuahnya yang membedakan.

 

Kuliner khas Palembang ini memiliki bentuk bulat seperti bakso dan disajikan dengan kuah kari yang kental namun tidak pedas.

 

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu celimpungan adalah Warung Aba yang berlokasi di Jalan Dr. M. Isa No. 26/15, Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II.

 

Baca juga: Kuliner Malam Semarang yang Bikin Tidur Nyenyak

kuliner khas Palembang

Sambal tempoyak

Sambal tempoyak merupakan olahan sambal khas Palembang yang terbuat dari campuran daging durian yang ditumis dengan irisan cabai dan bawang.

 

Sambal ini merupakan sambal yang biasanya disantap bersama dengan sup pindang atau olahan ikan lainnya. Rasanya yang asam dan pedas, serta bau menyengat dari durian membuat sambal ini banyak digemari.

 

Baca juga: Bakal Menyesal jika Tidak Mencoba Kuliner Khas Makassar Ini

kuliner khas Palembang

Srikaya Palembang

Jajanan pasar berwarna hijau dengan struktur lembut serta aroma pandan yang nikmat ini merupakan kuliner khas Palembang yang telah ada sejak zaman dahulu. Kue ini memiliki cita rasa yang sangat manis.

 

Tidak heran karena dalam proses pembuatan kue ini tidak menggunakan tepung dan bahan padat lain, hanya menggunakan gula, telur, dan santan kental. Dalam penyajiannya kue ini biasa disajikan dengan ketan atau roti tawar untuk mengurangi rasa manis yang berlebihan.

 

Baca juga: Ada Makanan Pencegah Kanker, Mitos atau Fakta?

kuliner khas Palembang

Martabak Har 

Mungkin kamu akan mengira martabak ini seperti martabak pada umumnya. Padahal kuliner yang satu ini memiliki perbedaan dari martabak pada umumnya, Martabak Har memiliki keunikan dari cara menyantapnya.

 

Kuliner khas Palembang yang memiliki cita rasa gurih ini dihidangkan dengan kuah kari kental yang kaya rempah dengan beberapa potongan kentang dan daging di atasnya.

 

Baca juga: Wisata Lampung Utara yang Hits dan Seru untuk Liburan

kuliner khas Palembang

Maksuba

Seringkali disamakan dengan lapis legit karena bentuknya yang terlihat mirip, padahal keduanya memiliki perbedaan dalam soal rasa. Maksuba memiliki rasa manis dan juga lebih legit ketika digigit jika dibandingkan dengan lapis legit.

 

Ternyata selain pempek, masih ada banyak sekali kuliner khas Palembang yang bisa kamu coba selama melakukan wisata kuliner di kota “wong kito galo” ini. Mau kulineran di Palembang?

 

Baca juga: Restoran Bernuansa Alam di Bogor untuk Berakhir Pekan

taksi online atau sewa mobil

Yuk, sewa mobil di Movic untuk memudahkan mobilitas kamu berburu kuliner khas Palembang.

 

Dengan Movic, kamu lebih mudah menyewa mobil sesuai kebutuhanmu. Kemudahan dalam memilih kendaraan, menghubungi pemilik mobil, waktu sewa yang beragam, harga yang fleksibel, hingga pilihan fasilitas yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan buat sewa mobil jadi lebih gampang dan bebas ribet.

 

Tunggu apalagi, download Movic sekarang!