Search Cars

Otomotif

Keuntungan dan Kerugian Modifikasi Ban Mobil Anda

Modifikasi mobil adalah salah satu cara untuk membuat tampilan mobil anda lebih personal. Keputusan untuk memodifikasi mobil pribadi memang karena didasari atas tujuan tertentu. Dengan memodifikasi mobil anda, tampilannya akan menjadi lebih menarik, gagah, dan memuaskan pemilik kendaraan karena memang model atau bentuknya disesuaikan dengan kepribadian pemiliknya.

Ada beberapa hal yang sering dimodifikasi oleh sebagian orang seperti memasang stiker pada bodi mobil, pemasangan aksesoris eksternal seperti bodykit, perangkat audio, mengganti head lamp dan fog lamp, mengganti velg, memodifikasi bahkan mengganti ban mobil.

Mengganti atau modifikasi ban mobil anda memiliki beberapa keuntungan dan kerugiannya tersendiri, simak info lengkapnya berikut ini:

ban mobil beda ukuran

Keuntungan

  1. Terlihat Makin Gagah dan Mempesona

Salah satu keuntungan modifikasi ban mobil anda adalah akan membuat tampilan mobil anda secara keseluruhan menjadi lebih macho dan gagah. Variasi ban mobil besar juga akan memungkinkan mobil anda untuk melewati medan jalan yang cukup sulit seperti banyak bolongan atau tidak rata.

      2. Meningkatkan Performa Pengereman

Keuntungan modifikasi mobil ban lainnya adalah meningkatkan performa pengereman. Hal ini bisa terjadi karena ban dengan dimensi yang lebih lebar akan lebih mencengkeram ke aspal. Waktu pengereman pun bisa lebih pendek, contohnya jika menggunakan ban standar membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka dengan ban mobil baru anda hanya memerlukan waktu 7-8 detik dengan menggunakan ban mobil baru.

tambal ban mobil

Kerugian:

Selain keuntungan ternyata melakukan modifikasi pada ban mobil Anda memiliki beberapa kerugian. Beberapa kerugian dari melakukan modifikasi ban mobil Anda seperti:

  1. Boros Bahan Bakar

Salah satu kerugian dari melakukan modifikasi ban mobil anda adalah akan membuat bahan bakar anda lebih boros. Hal ini terjadi karena mobil anda harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan ban mobil anda yang ukurannya lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya anda memilih ukuran ban dan velg standar jika anda ingin menghemat bahan bakar kendaraan anda.

      2. Berkurangnya kenyamanan saat berkendara

Kerugian menggunakan ban yang sudah dimodifikasi adalah berkurangnya kenyamanan saat anda berkendara. Hal ini terjadi ketika modifikasi ban mobil, biasanya velg menjadi lebih besar, namun, ukuran ban menjadi lebih tipis dibanding ukuran ban mobil standar.

Penggantian dimensi ukuran ban ini perlu dilakukan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda tetap sama. Namun, sebenarnya fungsi ban adalah sebagai peredam, dengan mengganti ukuran velg dan ban menjadi lebih tipis akan membuat peredaman yang dilakukan oleh ban menjadi berkurang dan kurang efektif. Ketika hal itu terjadi, Anda menjadi tidak nyaman saat berkendara.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan modifikasi ban mobil kendaraan anda. Ada baiknya anda memikirkan secara matang apakah perlu untuk melakukan modifikasi ban mobil karena ada kelebihan dan kerugiannya.

Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id. Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya.

Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.