Keuntungan dan Kerugian Modifikasi Ban Pada Mobil Anda

Modifikasi mobil adalah salah satu cara untuk membuat tampilan mobil anda lebih personal. Keputusan untuk memodifikasi mobil pribadi memang karena didasari atas tujuan tertentu. Dengan memodifikasi mobil anda, tampilannya akan menjadi lebih menarik, gagah, dan memuaskan pemilik kendaraan karena memang model atau bentuknya disesuaikan dengan pemiliknya.

 

Ada beberapa hal yang sering dimodifikasi oleh sebagian orang seperti memasang stiker pada bodi mobil, pemasangan aksesoris eksternal seperti bodykit, perangkat audio, mengganti head lamp dan fog lamp, mengganti velg hingga mengganti ban mobil.

 

Mengganti atau modifikasi ban mobil anda memiliki beberapa keuntungan dan kerugiannya tersendiri, simak info lengkapnya berikut ini:

 

Tampilan sporty di depan

Keuntungan

  1. Terlihat Makin Gagah

Salah satu keuntungan modifikasi ban mobil anda adalah akan membuat tampilan mobil anda secara keseluruhan menjadi lebih macho dan gagah. Variasi ban mobil besar juga akan memungkinkan mobil anda untuk melewati medan jalan yang cukup sulit seperti banyak bolongan atau tidak rata.

 

      2. Meningkatkan Performa Pengereman

Keuntungan modifikasi mobil ban lainnya adalah meningkatkan performa pengereman.

 

Hal ini bisa terjadi karena ban dengan dimensi yang lebih lebar akan lebih mencengkeram ke aspal. Waktu pengereman pun bisa lebih pendek, contohnya jika menggunakan ban standar membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka dengan ban mobil baru anda hanya memerlukan waktu 7-8 detik dengan menggunakan ban mobil baru.

 

cara menambal banKerugian:

Selain keuntungan ternyata melakukan modifikasi pada ban mobil Anda memiliki beberapa kerugian. Beberapa kerugian dari melakukan modifikasi ban mobil Anda seperti:

 

  1. Boros Bahan Bakar

 

Salah satu kerugian dari melakukan modifikasi ban mobil anda adalah akan membuat bahan bakar anda lebih boros. Hal ini terjadi karena mobil anda harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan ban mobil anda yang ukurannya lebih besar.

 

Oleh karena itu, ada baiknya anda memilih ukuran ban dan velg standar jika anda ingin menghemat bahan bakar kendaraan anda.

 

      2. Berkurangnya kenyamanan saat berkendara

Kerugian menggunakan ban yang sudah dimodifikasi adalah berkurangnya kenyamanan saat anda berkendara. Hal ini terjadi ketika modifikasi ban mobil, biasanya velg menjadi lebih besar, namun, ukuran ban menjadi lebih tipis dibanding ukuran ban mobil standar.

 

Penggantian dimensi ukuran ban ini perlu dilakukan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda tetap sama. Namun, sebenarnya fungsi ban adalah sebagai peredam, dengan mengganti ukuran velg dan ban menjadi lebih tipis akan membuat peredaman yang dilakukan oleh ban menjadi berkurang dan kurang efektif. Ketika hal itu terjadi, Anda menjadi tidak nyaman saat berkendara.

 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan modifikasi ban mobil kendaraan anda. Ada baiknya anda memikirkan secara matang apakah perlu untuk melakukan modifikasi ban mobil karena ada kelebihan dan kerugiannya.

 

Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya.

 

Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.