Kenapa Mobil Baru Wajib Servis 1.000 Kilometer Pertama?

Mengapa servis 1.000 kilometer pertama menjadi menu wajib bagi mobil baru? Yuk simak ulasannya berikut ini.

servis 1.000 kilometer pertama

Mobilitas yang tinggi sudah menjadi gaya hidup banyak orang, khususnya masyarakat perkotaan. Hal tersebut yang menjadi salah satu faktor mendorong masyarakat untuk membeli kendaraan demi mendukung aktivitas mereka.

Mobil seringkali menjadi pilihan sebagian orang karena dianggap lebih aman dan nyaman, sebab, kamu tidak perlu merasakan panas atau hujan ketika berpergian.

Terlebih di zaman sekarang, untuk memiliki mobil tidak sesulit dulu karena banyaknya fasilitas Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan harganya yang semakin terjangkau. Tak heran jika banyak yang menjatuhkan pilihannya untuk membeli kendaraan roda empat tersebut.

Ketika membeli mobil baru, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, salah satunya adalah melakukan servis saat 1.000 kilometer pertama.

Baca juga: Cara Aman Langsung Geber Road Trip Menggunakan Mobil Baru

Melakukan servis saat 1.000 kilometer pertama merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk memastikan kalau kondisi mobil yang baru saja kamu beli sesuai standar. 

Mobil harus dipastikan mampu bekerja atau berfungsi secara optimal, setelah digunakan dalam kurun waktu 1 bulan pertama dari penyerahan atau saat 1.000 kilometer pertama. Sebab, ada beberapa komponen mekanikal dan elektronik yang harus dicek.

Selain itu, pengecekan pada 1.000 kilometer pertama dilakukan untuk mereduksi potensi kerusakan. Jika ada komponen yang tak berfungsi maksimal, bisa terdeteksi sejak dini, sebelum merembet menjadi lebih parah.

Manfaat lain dari melakukan servis 1.000 kilometer pertama adalah agar ada komunikasi antara pemakai kendaraan dengan mekanik bengkel resmi. 

Dengan begitu, kamu dapat konsultasi dengan mekanik mengenai caramu menggunakan mobil, apakah sudah pas atau justru dapat menimbulkan kerusakan pada komponen mobil.

Pada saat servis 1.000 kilometer pertama, seluruh komponen bergerak di mobil dilakukan pemeriksaan secara detail.

Bagian yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, head unit, dan sebagainya.

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, yakni meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang lain seperti lampu mobil, wiper, serta yang lainnya.

Baca juga: Suku Cadang Mobil Ini Wajib Rutin Diganti, Apa Saja?

Kemudian, lanjut ke bagian yang lebih berat, yakni mesin. Pemeriksaan pada oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum juga dilakukan pada servis 1.000 kilometer pertama.

Setelah itu menuju sistem penggerak seperti transmisi dan kopling. Serta bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil.

 

Jika ditemui kerusakan, bengkel akan langsung melakukan penggantian komponen secara gratis karena mobil masih dalam masa garansi.

Yang tak kalah penting, servis berkala 1.000 kilometer merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi. Sebab, syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi.

Setelah melakukan servis 1.000 kilometer pertama, jangan lupa untuk tetap rutin melakukan perawatan mobil kesayanganmu di bengkel resmi agar kondisi mobil tetap prima dan berfungsi secara optimal.

Bila kamu tidak memiliki banyak waktu luang, gunakan saja layanan Home Service atau Booking Service Seva.id. Jadi, mobil kamu akan tetap terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan.

Untuk itu, jangan lupa kunjungi Seva.id, ya.