Search Cars

Otomotif

Kenapa Letak Ban Serep di Mobil Berbeda-beda? Ini Alasannya

Tiap jenis mobil memiliki letak ban serep yang berbeda. Kamu sudah tahu di mana? Tidak sembarangan, ternyata ini sebabnya.

letak ban serep

Salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah mobil adalah ban. Apalagi fungsi utamanya sangat krusial, mengingat ban sangat berkaitan langsung dengan laju mobil.

Oleh karena itu, ban mobil bocor bisa terjadi kapan dan di mana saja. Jika sudah begitu, maka salah satu solusinya adalah mengganti dengan ban serep atau ban cadangan.

Fungsi penting ban serep memang digunakan dalam keadaan darurat, termasuk menggantikan salah satu dari empat ban utama bila mengalami gangguan.

Sebagai pemilik mobil, apakah kamu sudah tahu di mana letak ban serep mobilmu? Memang, keberadaan ban serep sering tidak sengaja dilupakan akibat letaknya. Pasalnya, letak ban serep di sebagian mobil cukup tersembunyi.

Baca juga: Tutorial Ganti Ban Mobil Sendiri dengan Aman dan Mudah

Namun, apa alasan pabrikan membuat posisi atau tempat penyimpanan ban serep berbeda-beda dari satu produk dengan yang lainnya?

Letak ban serep

Tiap jenis mobil memiliki letak ban serep yang berbeda karena alasan desain dan juga keterbatasan ruang yang tersedia. Selain itu, letak ban serep juga didesain untuk keamanan mobil saat berjalan dan ketika diparkir agar tidak mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Letak ban serep pada mobil jenis sedan dan hatchback umumnya berada di dalam bagasi, tertutup rapih dengan cover sehingga memberi ruang yang cukup bagi pemilik mobil untuk tetap membawa barang bawaan.

Peletakan ban serep di bagasi bisa dibilang yang paling aman dan praktis. Lalu, ban serep tidak mudah kotor dan lebih mudah diambil bila dibutuhkan.

Baca juga: Mumpung #DiRumahAja Cek dan Rawat Ban Serep Mobil, Yuk!

Selanjutnya, untuk beberapa jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV), letak ban serep ada di kolong mobil bagian belakang. Biasanya terikat dengan besi penahan.

Jika ingin digunakan, kamu harus membuka bautnya dulu yang ada di bagian bagasi. Terlihat lebih rumit memang, namun semua itu demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

merawat ban serep

Posisinya yang terbuka dan tidak diberi cover, membuat ban serep otomatis sering kotor, sehingga kamu wajib mengecek dan membersihkannya.

Bukan cuma berada di kolong mobil, letak ban serep beberapa SUV juga ada yang menempel di pintu belakang atau dikenal dengan istilah konde.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Kenali Dulu Tipe dan Jenis Ban Mobil

Ban disematkan pada pengait yang menempel dengan pintu belakang mobil, lalu diberi kunci agar tetap bertahan saat mobil sedang melaju.

Sayangnya, ban serep ini juga rentan kotor, sehingga biasanya diberi cover atau penutup tambahan. Selain itu, kamu bisa memberikan kunci pengaman ekstra untuk memastikan ban serep aman di tempatnya.

Lain hal dengan mobil yang sudah menggunakan ban berjenis run-flat tire (RFT). Biasanya, tidak terdapat ban serep, tetapi sebagai gantinya disediakan tire repair kit.

merawat ban serep

Jenis ban serep

Ban serep dalam sebuah mobil diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi perlengkapan kendaraan bermotor, untuk mobil salah satunya ban serep.

Baca juga: Cara Mudah Mendeteksi Usia Pakai Ban dan Kampas Rem Mobil

Selain itu, ban serep boleh tidak 100 persen sama dengan ban standar. Namun, itu hanya untuk ukuran tapak ban saja, sementara diameter tidak boleh berbeda.

Mobil masa kini memiliki beberapa jenis ban serep, yakni full size matching spare tire, full size non-matching spare tire, dan temporary.

Baik full size matching spare tire dan full size non-matching spare tire memiliki ukuran yang sama persis dengan keempat ban utama. Bedanya, full size matching spare tire menggunakan pelek kaleng, bukan pelek alloy seperti pada keempat ban utama.

Baca juga: Perawatan Mobil di Rumah yang Simple dan Bisa Dilakukan Sendiri

Sedangkan temporary atau space saver tire, adalah ban serep dengan pelek kaleng yang diameternya sama dengan keempat ban utama, namun lebarnya berbeda. Cenderung lebih tipis untuk menghemat ruang penyimpanannya.

Nah, kalau mobilmu, di mana letak ban serepnya? Bagasi, pintu belakang, atau kolong mobil?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.