Kemungkinan Ganjil Genap 24 Jam di Jakarta Masih Beragam

By Reka Harnis - Agustus 12, 2020

Benarkah akan diterapkan pola ganjil genap 24 jam di Jakarta? Yuk simak ulasannya berikut ini.

ganjil genap 24 jam

Guna menekan pergerakan orang selama pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki rencana untuk menerapkan aturan ganjil genap 24 jam di seluruh ruas jalan, tanpa adanya skema pembagian waktu.

Kondisi ini akan dilihat dari hasil evaluasi penerapan yang saat ini sudah berjalan dengan penindakan.

Bila hasilnya menunjukkan tidak ada perubahan, lalu lintas masih padat, dan masih banyak terjadi pelanggaran, maka bukan tidak mungkin akan diambil kebijakan lain untuk mengatur kepadatan lalu lintas serta pergerakan mobilitas di ibu kota.

Wacana pemberlakuan ganjil genap 24 jam ini muncul berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, di mana berbagai instrumen pembatasan aktivitas untuk memperkecil peluang penyebaran wabah virus corona di wilayah Jakarta masih belum efektif dan optimal.

Baca juga: Tilang Elektronik Akan Diaktifkan Kembali, Catat Tanggalnya

Pasalnya, ada kemungkinan kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor polisi ganjil dan genap ini bisa berlaku selama 24 jam tanpa adanya skema pembagian waktu seperti saat ini.

Acuan aturannya ada di Peraturan Gubernur No. 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Kemungkinan masih beragam, bisa diterapkan di seluruh ruas jalan, diterapkan sepanjang hari, bahkan bisa juga diterapkan bagi seluruh kendaraan bermotor yang ada di jalan.

Baca juga: Ciri-ciri SIM Palsu dan Perbedaannya dengan SIM Resmi

Namun, hingga saat ini wacana penerapan ganjil genap 24 jam masih terus dikaji dengan berbagai pertimbangan. Pertimbangan-pertimbangan untuk evaluasi aturan tersebut erat kaitannya dengan penularan Covid-19 di Jakarta masih tinggi.

Berita Terkait

Author