Search Cars

Travel & Lifestyle

Kangen Nonton Film? Yuk, Bikin Bioskop Pribadi di Rumah

Sudah kangen dengan suasana menonton film di bioskop? Yuk, coba bikin bioskop pribadi di rumah.

bioskop pribadi

Buat para pecinta film yang hobi menikmati film-film terbaru di bioskop pasti sudah diserang rasa rindu dengan suasana menonton film di bioskop.

Hal ini tentu adalah hal yang wajar, sebab pandemi telah membuat berbagai aktivitas menjadi terbatas, tak terkecuali menonton film di bioskop.

Sejak awal pandemi, bioskop memang sudah tidak lagi beroperasi demi menekan angka kasus positif virus corona. 

Sebagai alternatif untuk mengobati rasa rindu dengan bioskop, kamu bisa menciptakan bioskop pribadi di rumah. Yuk, coba lakukan cara berikut ini untuk membuat bioskop pribadi yang nyaman di rumah.

Siapkan ruangan

Sebelum menata perlengkapan, kamu perlu menyiapkan ruangan yang akan digunakan sebagai bioskop pribadi di rumah. Kamu bisa menggunakan konsep home theater.

Baca juga: Staycation di Tiga Water Villa Cantik Ala Maldives di Jakarta

Pastikan ruangan tersebut memiliki ruang yang sesuai dengan kebutuhan, tidak memiliki bukaan yang banyak di dalamnya, pencahayaan yang cukup dari dalam ruangan (bukan dari luar ruangan), lokasinya tertutup dari ruangan bising ataupun tetangga, dan kedap suara.

Kemudian, jika kamu memilih untuk menggunakan proyektor dan diletakkan di plafon, pastikan ketinggian langit-langit ruangan sesuai dan cukup untuk menyorot gambar ke layar.

Siapkan equipment 

Dibutuhkan beberapa peralatan atau equipments untuk menciptakan bioskop pribadi di rumah. Diantaranya adalah televisi layar datar dengan ukuran lebar, VCD/DVD player, dan speaker atau sound system. 

Semakin bagus kualitas peralatan yang tersedia, maka sensasi seperti menonton bioskop sungguhan akan semakin terasa dan menonton film jadi lebih nyaman.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Musik yang Siap Temenin Kamu Nyetir Mobil

Kemudian, untuk penempatan peralatan tersebut, sebaiknya pilihlah jarak yang tepat agar kamu dan keluarga dapat menikmati film dengan nyaman serta tidak menimbulkan sakit pada mata.

Lalu, sebagai medianya, sebenarnya tidak harus tv layar datar dengan ukuran lebar, kamu juga bisa menggunakan proyektor yang disorotkan ke dinding atau layar putih.

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan laptop yang terhubung dengan internet.

Tempat duduk yang nyaman

Setelah menyiapkan ruangan dan peralatan yang diperlukan, saatnya menyiapkan tempat duduk yang nyaman agar menonton film terasa menyenangkan dan rileks.

Baca juga: Objek Wisata Tersembunyi di Tangerang Buat Liburan Sehari

Kamu bisa memilih jenis tempat duduk apapun sesuai dengan selera dan kebutuhan ruangan, baik itu sofa, ranjang sofa, kursi, karpet, atau bean bag.

Selain tempat duduk empuk, kamu dapat menambahkan sebuah coffee table untuk meletakkan cemilan dan minuman.

Peredam suara

Apabila kamu tidak memiliki ruangan yang kedap suara, kamu bisa menciptakannya sendiri. Buatlah peredam minimalis yang bisa dipasang instan di bioskop pribadimu.

  • Door sweep atau bantalan karet berbentuk seperti sapu ini diperuntukkan untuk menutup celah di bawah pintu.
  • Gunakan rak dan tempatkan menempel dengan dinding bioskop mini kamu. Sebagai catatan, rak tersebut harus terisi penuh dengan koleksi kaset film atau benda lain yang dapat dijadikan peredam suara.
  • Gorden jendela dengan bahan tebal juga efektif meredam bunyi-bunyian, untuk membuat suara film lebih menggema di dalam ruangan.

Elemen tambahan

Terakhir, ada beberapa elemen tambahan yang perlu kamu perhatikan.

Elemen tambahannya bisa berupa pendingin ruangan, pencahayaan yang tepat, hingga dekorasi seperti berbagai macam poster film-film nasional atau internasional favorit agar semakin terasa layaknya ruang bioskop.

Lalu, ada beberapa cara untuk mengatur pencahayaan, misalnya dengan menggunakan frame lampu di langit-langit dan pencahayaan downlight.

Atau, cukup matikan lampu di ruangan tersebut dan jadilah ruangan yang tepat untuk menonton film.

Jadi, film apa yang ingin kamu tonton di bioskop pribadimu?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.