Jangan Asal, Pilih Mobil Niaga yang Menguntungkan untuk Usaha Anda

Bagi pemilik usaha, mobil niaga atau komersial perlu dimiliki untuk menunjang bisnis. Jangan asal, ini tips memilih mobil niaga yang menguntungkan untuk usaha Anda.

mobil niaga yang menguntungkan

Dalam sebuah usaha, mobil niaga termasuk dalam aset bergerak. Jadi jika Anda membeli mobil niaga otomatis aset usaha akan bertambah, kelancaran operasional pun akan ikut terdongkrak sehingga usaha pun bertumhuh. Karena itu, wajib hukumnya untuk memilih dan membeli mobil niaga yang menguntungkan untuk usaha Anda.

 

Mobil niaga biasanya dipilih para pengusaha grosir, mebel, pertambangan, dan lain-lain sebagai kendaraan operasional. Fungsi pertama mobil ini mengarah kepada ketangguhan dalam mengangkut beban untuk memperlancar mobilitas usaha.

 

Selain digunakan untuk kepentingan usaha, mobil niaga juga berperan besar dalam membantu petani di pedesaan mengangkut hasil panen. Agar memenuhi segala kebutuhan tersebut, tentunya mobil niaga harus memiliki kriteria khusus sehingga tetap menguntungkan.

mobil niaga yang mennguntungkan

Kriteria mobil niaga

Mobil niaga yang menguntungkan untuk usaha dan berkualitas harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, mobil niaga tersebut harus irit bahan bakar, mesin bandel, dan pastinya harus kuat mengangkut beban.

 

Salah satu cara untuk membuat mobil niaga irit bahan bakar adalah dengan menggunakan velg alumunium. Velg alumunium memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan velg lainnya sehingga berperan mengurangi bobot kendaraan.

 

Setelah itu, velg tersebut didukung oleh kaki-kakinya yang berbeda dengan mobil penumpang. Mobil niaga rata-rata menggunakan pegas daun dan shock absorber agar dapat menopang beban berat. Berbeda dengan mobil penumpang yang biasanya menggunakan coil spring dan shock absorber.

 

Lalu, kriteria yang kedua adalah mobil niaga yang menguntungkan untuk usaha harus memiliki kapasitas muatan besar atau luas. Pastikan mobil itu mampu menampung barang-barang  jual di dalam usaha Anda dan bisa mengantarkannya ke jarak jauh sekalipun.

 

Terakhir, harga mobil niaga harus terjangkau, after sales mudah, serta harga suku cadang yang yang murah. Memang, membeli mobil niaga memerlukan biaya dan modal yang besar. Selain itu masih ada kemungkinan penyusutan nilai seiring dengan lamanya penggunaan. Namun, mobil niaga kegunaannya bersifat jangka panjang. Jika dirawat dan dipergunakan dengan hati-hati umurnya akan lebih lama.

mobil niaga yang menguntungkan

Kebutuhan dan perawatan

Nah, di samping kriteria mobil niaga yang menguntungkan tersebut, spesifikasi yang terdapat di mobil niaga harus disesuaikan dengan kebutuhan pemilik selaku yang menjalankan bisnis.

 

Misalnya calon pemilik mobil membutuhkan mobil niaga yang memiliki daya angkut besar, jadi pihak diler harus menyarankan untuk menggunakan mobil yang dapat menampung volume besar.

 

Di luar itu, pihak diler dan pemilik mobil juga harus berperan dari segi perawatan. Seperti pihak diler wajib memberikan kemudahan dalam mendapatkan suku cadang dan segala yang berhubungan dengan bengkel dan tentunya juga harus memperhatikan sisi ekonomis.

 

Sedangkan di sisi pemilik, perawatan yang dilakukan adalah selalu memperhatikan daya angkut mobil tersebut, jangan sampai melampaui tonase yang sudah ditentukan. Setelah itu, selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi secara rutin.

 

Pemilik mobil niaga harus mengerti perawatan mesin, baik untuk mobil bermesin bensin maupun diesel. Umumnya mobil niaga bermesin diesel sehingga harus mengutamakan kebersihan oli dan berbagai filter yang terpasang di mesin.

mobil niaga yang menguntungkan

Berat kendaraan dan beban pun harus disesuaikan, jika begitu kaki-kaki juga akan awet. Jika itu dilanggar, bukan hanya kaki-kaki saja yang akan terganggu, tetapi juga kinerja rem yang pastinya akan lebih ekstra kalau membawa beban lebih berat dari standar yang ditentukan.

 

Jika Anda membeli mobil niaga sesuai kriteria, kebutuhan, serta mengerti akan perawatannya, tentu Anda akan memiliki mobil niaga yang menguntungkan untuk usaha.