Jadi Tol Terpanjang di Indonesia, Apa Saja Fakta Menarik Tol Trans Jawa?

By Rismawati Idris - February 27, 2019

Sebagai tol terpanjang di Indonesia, Tol Trans Jawa diyakini menjadi alternatif tercepat buat Kamu yang ingin berpergian ke berbagi kota di Pulau Jawa. Apalagi jika ke Jawa Tengah dari Jakarta barengan Sejalan, tentu akan semakin cepat dan mengasyikan. 

fakta menarik trans tol jawa

Mega proyek Tol Trans Jawa telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2018, yang berhasil merampungkan rute Merak—Pasuruan sebagai fase I. Tol ini digadang-gadang sebagai tol terpanjang yang menghubungkan ujung timur hingga ujung barat Jawa.

 

Tentu, kehadiran tol tersebut disambut hangat oleh masyarakat, apalagi para traveler yang lebih mengandalkan moda transportasi travel dan bus untuk liburan. Mereka bakal lebih cepat menjangkau destinasi wisata tanpa hambatan.

 

Di balik keberadaan dan antusiasme masyarakat ini, tol Trans Jawa juga dibalut dengan fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui. Lantas, apa sajakah fakta menarik Tol Trans Jawa tersebut?

Makin cepat sampai

Tol yang dibangun sepanjang 1.150 km ini berhasil menjadi penghubung antara Jakarta-Merak-Banyuwangi. Hal ini menjadi salah satu sejarah yang mengagumkan bagi keberhasilan infrastruktur Indonesia.

 

Berkat keberadaan tol tersebut, kamu bisa berwisata di sekitar di Jawa Tengah, misalnya Semarang yang terkenal dengan wisata Lawang Sewu, tanpa perlu khawatir terjebak macet.

 

Bahkan, perjalanan antara Merak—Surabaya yang tadinya memakan waktu sekitar 14 jam, dengan menggunakan Tol Trans Jawa, kamu bisa tiba di Surabaya hanya dalam waktu 10 jam saja. Itu artinya buat menjangkau tempat wisata, baik di sekitar Semarang maupun Surabaya juga terbilang mudah.

 

Fakta ini tentu menggembirakan bagi kamu, apalagi saat pergi barengan Sejalan. Kamu bisa memaksimalkan waktu liburan dengan sangat baik, lho, sehingga perjalananmu akan terasa lebih menyenangkan.

 

Meskipun relatif lebih cepat, tetapi bukan berarti kamu harus ngebut-ngebutan, ya.  Kamu juga perlu berhati-hati dengan tetap mengedepankan keselamatan saat berkendara.

 

Tarif tol Rp500 ribuan

Pemerintah telah menetapkan tarif perjalanan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan sebesar Rp575.000. Bagi sebagian orang tarif tersebut terbilang mahal. Di sisi lain, cukup sebanding dengan jauhnya jarak tempuh perjalanan.

 

Kemahalan? Jangan khawatir kamu bisa menyiasatinya dengan pergi barengan di Sejalan. Kamu bisa memangkas biaya perjalanan, seperti biaya bensin hingga tol. Ditambah lagi kamu juga berkesempatan mendapat berbagai promosi yang Sejalan tawarkan dari setiap perjalanan yang telah kamu pesan.

 

Dengan begitu, kamu tak akan merasa terbebani dengan mahalnya tarif tol yang telah ditentukan itu, bukan?

Ada 61 rest area

Tak bisa dimungkiri kalau saat berkendara kita juga perlu menyediakan waktu untuk beristirahat. Istirahat diperlukan, baik bagi pengemudi maupun penumpang, agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

 

Selain itu, dengan beristirahat sejenak kamu juga akan merasa lebih fresh dan semangat buat menempuh perjalanan.

 

Agar pengguna tol bisa beristirahat selama perjalanan, dibangunlah 61 rest area (area peristirahatan). Salah satu pengembang rest area yang turut berkontribusi di sepanjang Tol Trans Jawa adalah Astra Infrastruktur. Rest Area yang dibangun oleh Astra Infra ini dinamai Resta Pendopo 456 yang melewati 4 ruas jalan tol Astra, yaitu Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, Semarang-Solo.

 

Nantinya Resta Pendopo 456 ini bakal bekerja sama dengan UMKM Nasional yang menciptakan tempat wisata kuliner nomor satu di ruas tol trans Jawa tersebut.

 

Mendukung perekonomian

Fakta terakhir dari pembangunan tol ini adalah adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah bisa membantu badan usaha buat menekan biaya perjalan logistik. Dari mulai biaya bensin hingga mempercepat waktu tempuh.

 

Ditambah lagi, keberadaan Tol Trans Jawa juga bisa memberikan peluang kepada UKM nasional untuk menjajakan usahanya dan sekaligus memperkecil tingkat pengangguran. Karenanya, tol ini menjadi salah satu target pemerintah untuk memperbaiki keadaan ekonomi dan kesejahteraan bangsa.

 

Nah, itulah fakta menarik Tol Trans Jawa yang Sejalan rangkum untukmu. Buat Kamu yang ingin mencoba tol baru ini, kamu bisa pergi bareng Sejalan dengan menggunakan bus, travel, atau menggunakan mobil pribadimu dengan memberi tumpangan kepada Teman Sejalan yang tujuannya sama denganmu.

 

Jadi, ayo, liburan bareng Sejalan sekarang. Terlebih ada long weekend di tanggal 7 Maret 2019 atau saat mudik, rasanya perjalananmu akan lebih menyenangkan, bukan?

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.