Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ini Tips Terbaik Membuat Garasi Mobil di Rumah

Sebelum membuat garasi di rumah, ada hal yang harus diperhatikan agar garasi sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari jenis mobil hingga lantainya.

cara memanaskan mobil

Memiliki garasi adalah kewajiban bagi para pemilik kendaraan. Untuk di DKI Jakarta, hal ini terdapat dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Di sisi lain, sampai sekarang masih ada masyarakat yang belum mematuhi atau memahami peraturan ini.

 

Padahal, peraturan mengenai kepemilikan garasi sudah ada sekitar lima tahun yang lalu. Untuk itu, bagi Anda yang belum memiliki garasi, ada baiknya untuk segera membuatnya apabila tidak mau mobil Anda diderek oleh petugas jika parkir sembarangan, meski itu di depan rumah Anda.

 

Sebelum membuat garasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar garasi sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, simak ulasan berikut ini yang mungkin dapat membantu Anda membuat garasi di rumah.

 

Luas lahan

Sebelum membangun garasi, sebaiknya perhatikan luas lahan yang dimiliki terlebih dahulu. Luas lahan merupakan salah satu yang menentukan kenyamanan garasi. Untuk mobil kecil seperti city car, ukuran garasi yang sesuai adalah sekitar 2,4 x 4,8 meter.

 

Sedangkan untuk mobil yang lebih besar, disarankan untuk membuat garasi dengan ukuran 3 x 6 meter. Bukan hanya ukuran mobil yang menentukan besarnya garasi, tetapi juga jumlah mobil yang Anda miliki.

 

Apabila Anda memiliki lebih dari satu mobil, buatlah garasi yang lebih besar dari ukuran di atas. Pastikan garasi yang dibangun tidak membuat Anda repot ketika memasukkan atau mengeluarkan mobil.

 

Lokasi garasi

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penempatan atau lokasi garasi. Penempatan ini nantinya akan menentukan model dari pintu garasi, ventilasi udara, tempat penyimpanan onderdil mobil, dan lain sebagainya.

 

Lalu, lokasi garasi juga akan menentukan penempatan keran dan aliran air yang nantinya bisa digunakan untuk mencuci mobil. Jadi, setelah mencuci mobil, air tidak tergenang di satu tempat serta dapat mengalir dengan lancar.

 

Selain itu, Anda juga dapat mengukur panjang dan lebar atap garasi jika sudah memastikan lokasi yang cocok.

 

Tentukan atap garasi

Untuk menentukan atap garasi, Anda perlu memastikan daya tahannya terhadap sinar matahari dan hujan. Atap garasi yang berkualitas baik dapat menjaga mobil Anda dari kebocoran sinar matahari langsung dan guyuran hujan lebat.

 

Material lantai

Untuk menentukan material lantai, faktor utama yang harus diperhitungkan adalah beban kendaraan. Lalu, perhatikan juga teksturnya untuk menghindari permukaan lantai yang licin dan dapat membahayakan Anda.

 

Untuk itu, pilihlah material lantai garasi yang memiliki pori-pori kecil seperti granit. Selain tidak licin, granit juga mudah dibersihkan dan tidak cepat kotor.

 

Cocokan dengan desain rumah

Sebenarnya, ini merupakan pilihan tetapi sangat berpengaruh terhadap nilai estetika garasi Anda. Jika ingin tampilan garasi senada dengan rumah, ada baiknya untuk mencocokan desain garasi dengan desain rumah, termasuk pemilihan warna, material, dan lain-lain.

 

Selain sebagai tempat menyimpan kendaraan, garasi saat ini juga sudah digunakan oleh sebagian orang untuk menjadi ruangan multifungsi, seperti studio, ruang kerja, ruang bermain anak, dan lain-lain. Oleh karena itu, desain dan kenyamanannya juga perlu diperhatikan.

 

Nah, jika Anda belum memiliki garasi, ada baiknya untuk segera membuatnya agar sesuai dengan peraturan yang diterapkan pemerintah. Anda juga akan merasa lebih aman ketika mobil diletakkan pada garasi pribadi.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.