Indonesia Lakukan Persiapan Matang Jelang Piala Dunia U-20 2021

By Ferdi Julias - November 4, 2019

FIFA menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Apa saja persiapan yang akan dilakukan?

Piala Dunia U-20 2021Sepakbola bisa dibilang sebagai olahraga yang paling diminati di Indonesia. Dari lapangan sampai jalanan digunakan oleh anak-anak untuk bermain sepakbola. Walaupun begitu, sepakbola Indonesia sangat sulit untuk meraih gelar internasional.

 

Jangankan gelar, menembus putaran final Piala Dunia saja seakan hanya menjadi mimpi. Namun sekarang, mimpi itu segera menjadi kenyataan. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

 

Untuk pertama kalinya Indonesia terpilih sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan sepakbola U-20 terbesar sejagat ini, sekaligus mengalahkan negara lainnya yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, yaitu Brasil dan Peru.

 

Presiden Jokowi mendapatkan jersey dari FIFA

Saat acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Presiden Jokowi mendapatkan jersey nomor 21 dari FIFA, berkat keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

 

Baca juga: Mobil Super Mewah Pemain Sepakbola Dunia, Siapa Paling Wah?

 

Selain Jokowi, ada 7 pemimpin ASEAN lainnya yang mendapatkan jersey dengan nomor punggung 9 dan 10. Nomor punggung 9 diberikan kepada para kepala pemerintahan, sedangkan nomor 10 diperuntukkan kepada para kepala negara.

 

Sebagai informasi, MoU tersebut berisi tentang pengembangan dan peningkatan sepakbola untuk mendorong pembangunan sosial, serta gaya hidup sehat di kawasan ASEAN. Lalu, penandatanganan MoU dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato’ Lim Jock Hoi dan Gianni Infantino, Presiden FIFA.

 

Indonesia pernah ikut di Piala Dunia U-20

Indonesia memang baru pertama kali ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Tetapi sebelumnya, pasukan Garuda Muda sudah pernah berkiprah di ajang yang sama, yaitu pada tahun 1979 di Jepang. Negeri Sakura sekaligus menjadi negara Asia pertama yang ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

 

Dikutip dari Kompas.com, saat itu Indonesia berada satu grup dengan Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

 

Semua lawan berhasil memetik 3 poin saat bertemu dengan timnas. Argentina menang 5 gol tanpa balas di pertandingan pembuka. Legenda sepakbola Argentina dan dunia, Diego Maradona, mencetak 2 gol dalam pertandingan itu.

 

Baca juga: Jangan Kaget, Ini Mobil Harian Pemain Sepak Bola Piala Presiden 2019

 

Pada pertandingan selanjutnya, Polandia mebukukan 6 gol ke gawang Indonesia. Kemudian, di pertandingan terakhir, timnas harus mengakui keunggulan Yugoslavia dengan skor 5-0. Tiga kekalahan itu membuat Indonesia menjadi juru kunci karena tidak memperoleh satu poin pun.

 

Selain Jepang, negara Asia lain yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah Arab Saudi, Qatar, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Korea Selatan.

 

Menunggu kiprah timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021

Sebagai Rakyat Indonesia, pastinya berharap timnas dapat menunjukkan permainan terbaiknya di Piala Dunia U-20 2021, apalagi diadakan di kandang sendiri. Namun, itu bukan menjadi hal yang mudah. Bahkan, Presiden Jokowi meminta agar timnas bisa berlatih dan diuji di Eropa.

 

Setelah itu, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari agar kondisi pemain bisa bugar saat Piala Dunia U-20 dimulai pada 20 Mei 2021.

 

Selain pemain, Indonesia juga sudah menyiapkan 10 stadion, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Patriot Candrabhaga dan Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, serta Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

 

Enam diantara 10 stadion yang dipersiapkan tadi akan dipilih FIFA untuk venue di Piala Dunia U-20 2021.

 

Semoga dengan segala persiapan yang dilakukan Indonesia bisa meraih sukses di Piala Dunia U-20 2021. Terus semangat Garuda Muda!

Berita Terkait

Author