Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

Generasi ke-12 Toyota Corolla akhirnya dikenalkan di Indonesia. Berikut impresi pertama All New Toyota Corolla Altis dari Seva.id.

All New Toyota Corolla Altis

Berlokasi di The Pallas, Jakarta, pada 12 September 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya mengenalkan All New Toyota Altis.

 

Generasi ke-12 ini kehadirannya sudah ditunggu-tunggu pecinta sedan di tanah air. Pasalnya beberapa waktu lalu, Thailand sudah lebih dahulu meluncurkan, sehingga desainnya pun sempat bocor di Indonesia.

 

Menelusuri jejak sejarahnya, Toyota Corolla bisa dibilang salah satu sedan legenda di Indonesia.

 

Mobil ini masuk ke Indonesia mulai generasi kedua atau tepatnya pada tahun 1972 dan jadi mobil pertama Toyota yang dipasarkan. Toyota Corolla pula yang menjadi tonggak hadirnya mobil-mobil Toyota di Indonesia dan merajai pasar otomotif.

 

Sementara di dunia, Toyota Corolla resmi dikenalkan pada tahun 1966. Dengan semangat Corolla-ness, Toyota mengembangkan mobil ini sebagai mobil yang berkualitas tinggi, tangguh, dan prestigious.

 

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

All New Toyota Corolla Altis

Hingga saat ini, Toyota telah menjual hingga lebih dari 47,6 juta unit Toyota Corolla di dunia. Penjualan Corolla juga sudah mencakup hingga lebih dari 150 negara di dunia.

 

Di Indonesia sendiri, dari awal masuk hingga generasi ke-11, Toyota Corolla terjual sebanyak 147 ribu unit. Sebuah angka yang mengagumkan!

 

Tanpa basa-basi lebih panjang, berikut impresi pertama All New Toyota Corolla dari Seva.id.

All New Toyota Corolla Altis

Platform TNGA

All New Toyota Corolla adalah mobil ketiga di Indonesia yang menggunakan platform Toyota New Global Architechture (TNGA), sebelumnya ada Toyota All New Camry dan Toyota All New C-HR.

 

Secara garis besar, TNGA adalah platform yang yang dikembangkan Toyota untuk kendaraan global untuk mencapai optimalitas keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas (stability), dan visibilitas (visibility).

 

Selain itu, TNGA mengadopsi dua pilar desain. Pertama adalah Core Strength untuk memperkuat struktur sasis guna meningkatkan performa kendaraan hingga titik terbaiknya.

 

Kedua adalah Emphasized Personality, yaitu untuk menonjolkan keunikan fitur setiap model agar dapat mempertegas daya pikatnya sehingga selalu tampil memesona.

 

Platform anyar TNGA membuat desainer Toyota sanggup menciptakan desain All New Toyota Corolla Altis yang benar-benar segar dan berbeda dari generasi sebelumnya.

All New Toyota Corolla Altis

Desain eksterior

Penegasan All New Toyota Altis sebagai mobil yang mengedepankan karakter terlihar dari desain eksteriornya yang disebut Modern Prestige.

 

Secara keseluruhan, dimensi All New Toyota Corolla ikut berubah mengikuti kebutuhan konsep yang ingin disajikan. Generasi ke-12 ini memiliki panjang 4.630 milimeter, lebar 1.780 milimeter, dan tinggi 1.435 milimeter.

 

Sedangkan generasi ke-11 memiliki panjang 4.620 milimeter, lebar 1.776 milimeter, dan tinggi 1.460 milimeter. Artinya, All New Toyota Corolla Altis lebih panjang 10 milimeter, lebih lebar 4 milimeter, tapi menariknya, lebih rendah 25 milimeter sehingga lebih stabil.

 

Tampak depan, bentuk trapezoidal di bumper depan yang begitu mendominasi dan rongga udara besar dengan lekukan kokoh dan tegas di sudutnya, membuat All New Toyota Corolla Altis tampak begitu sporty dan dinamis.

All New Toyota Corolla Altis

Sementara lampu utamanya sudah LED serta dihiasi J-shape DRL dan gril ringkas diimbuhi bilah krom tipis seperti sayap mengembang membuatnya terlihat misterius dan futuristis.

 

Bagian kaki-kaki, All New Toyota Corolla Altis menggunakan velg alloy dual tone dengan diameter 17 inci. Velg ini hanya digunakan untuk All New Toyota Corolla Altis tipe V dan Hybrid. Untuk All New Toyota Corolla Altis tipe G menggunakan velg 16 inci.

 

Berpindah ke bagian belakang, lekukan kokoh di pintu bagasi dan aplikasi lampu belakang LED L-shape bergaya 3 dimensi sebagai bahasa desain global Toyota. Aroma sporty dijaga oleh desain bumper dengan pola rongga besar bersudut tajam yang senada bumper depan.

All New Toyota Corolla Altis

Interior premium dan nyaman

Masuk ke dalam, All New Toyota Corolla menyuguhkan evolusi desain yang membuatnya naik ke segmen premium sedan.

 

Sentuhan yang diberikan membuat sedan legendaris ini menyambut siapapun yang masuk dengan tangan terbuka, hangat, nyaman, dan ceria.

 

Saat kami duduk di jok pengemudi, rasanya rendah layaknya mobil sport. Lingkar kemudi dapat diatur tilt dan teleskopik, sementara posisi duduknya dapat diatur secara elektris.

 

Sayangnya pengaturan posisi duduk elektris tidak sampai di jok pengemudi depan. Untuk jok dengan desain semi-bucket yang dibalut bahan kulitnya empuk dan memeluk tubuh. Bisa kami pastikan nyaman untuk perjalanan jauh.

All New Toyota Corolla Altis

Pada bagian tengah untuk tipe G dan V bercokol sentuh DVD 7 inci, FM/AM Radio, USB, voice command, hand gesture, AUX AV in, SD card support, i-Pod ready, koneksi internet, dan Miracast.

 

Sementara tipe Hybrid memiliki layar sentuh 8 inci yang bisa mengoperasikan FM/AM Radio, USB charging, Bluetooth, Miracast, Apple Car Play, vehicle customization function seperti untuk mengatur kunci pintu dan AC, Mirrorlink, navigasi, dan fitur energy monitoring.

 

Ketiganya sudah dilengkapi kamera parkir dan sensor parkir, namun tuas paddle shift hanya ada di tipe V.

 

Tipe V dan Hybrid dilengkapi AC climate control dual zone. Spesial untuk tipe Hybrid, terdapat full color Head Up Display (HUD) yang menyajikan informasi aktual berkendara dan sistem peringatan keselamatan.

 

Panel instrumen tipe V dan Hybrid juga dilengkapi MID 7 inci dengan grafis yang kaya serta memiliki 2 pilihan mode, yaitu analog dan digital.

All New Toyota Corolla Altis

Mesin bensin dan hybrid

All New Toyota Corolla Altis hadir dengan tiga, yakni 1.8 G CVT, 1.8 V CVT, dan flagship 1.8 HEV CVT atau Hybrid. Dua model awal menggunakan dapur pacu normally-aspirated dengan mesin berkode 2ZR-FE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i.

 

Mesin ini sanggup melepaskan tenaga sebesar 140 PS pada 6.400 rpm dan torsi sebesar 17,5 Kgm pada 4.000 rpm. Untuk penerus daya dipakai transmisi CVT yang dikenal memiliki distribusi tenaga halus dan responsif ketika dibutuhkan. Termasuk adanya mode manual 7-speed bagi pengemudi yang menginginkan tantangan lebih.

 

Untuk tipe Hybrid, menggunakan mesin yang sama dengan milik Toyota C-HR dan Prius Gen-4. Unit dengan kode 2ZR-FXE ini berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Mesin ini sanggup menghasilkan daya sebesar 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi sebesar 14,47 Kgm pada 4.000 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,62 Kgm.

 

Hybrid Synergy Drive milik All New Corolla Altis telah dirancang agar dapat menyajikan konsumsi bensin yang efisien, kontrol yang intuitif dan halus, namun tidak melupakan performa yang mendebarkan.

 

Untuk memberikan pengemudi opsi karakter berkendara, tersedia 4 mode berkendara yang bisa dipilih. Terdiri atas Normal, ECO, Sport, dan EV mode. Sedangkan untuk tipe G dan V tanpa mode EV dan Eco Mode.

All New Toyota Corolla Altis

Fitur keselamatan

Untuk memenuhi standar keselamatan berkendara, All New Toyota Corolla Altis dilengkapi sistem keselamatan aktif. Seperti Hill Start Assist (HSA) yang memberikan kemudahan ketika start di jalan menanjak tanpa khawatir mobil bergerak turun.

 

Ada pula Drive Start Control (DSC) yang mengeliminir distribusi tenaga berlebihan ketika start ala launch control untuk mereduksi potensi kecelakaan.

 

Berikutnya ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) yang mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat bermodalkan sensor radar, dan memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

 

RCTA efektif bekerja ketika mobil berjalan mundur saat keluar area parkir sementara BSM punya andil saat pindah jalur di jalan raya. RCTA hanya terdapat di tipe Hybrid, sementara BSM di tipe V dan Hybrid.

 

Keunggulan lain dari tipe Hybrid adalah ia hadir dengan Toyota Safety Sense (TSS).

All New Toyota Corolla Altis

Fitur pertama dalam TSS adalah Pre-Collision System (PCS), di mana sistem mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan mobil di depan yang sedang dikendarai. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi sehingga dapat melakukan manuver menghindar. Bahkan, di saat genting sehingga tabrakan tidak mungkin dielakkan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

 

Berikutnya adalah pengembangan dari fitur cruise control yang diberi label Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) atau yang biasa dikenal dengan Adaptive Cruise Control (ACC). Sistem pada DRCC dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman. Memanfaatkan kamera di depan, DRCC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan dengan baik, termasuk membaca marka jalan.

 

Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) with Steering Assist. Fitur ini sangat pas untuk mengantisipasi potensi kecelakaan akibat micro sleep atau tertidur pulas tiba-tiba hanya dalam waktu sekian detik.

 

Terakhir Aplikasi Automatic High Beam (AHB) sangat sederhana. Tetap mengandalkan sensor kamera, AHB akan mendeteksi apakah ada mobil di depan atau dari arah berlawanan ketika berjalan di malam hari yang gelap. Saat diaktifkan, AHB dirancang untuk mengandalkan kamera yang menghadap ke depan untuk membantu mendeteksi lampu depan kendaraan yang melaju dan lampu belakang kendaraan sebelumnya, kemudian secara otomatis beralih antara high dan low beams.

All New Toyota Corolla Altis

Warna dan harga

Ketiga tipe All New Toyota Corolla Altis hadir dalam tujuh pilihan warna, yakni Super White, White Pearl, Silver Metalic, Calestic Gray Metalic, Attitude Black Mica Metallic, Red Mica Metallic, dan Phantom Brown Mica Metallic.

 

Untuk tipe G dijual dengan harga OTR Jakarta Rp 468.200.000, tipe V 489.300.000, dan tipe Hybrid sebagai varian tertinggi dibandrol Rp 566.300.000.

 

Itu impresi pertama All New Toyota Corolla Altis dari Seva.id. Bagaimana, apa Anda tertarik menjadi bagian dari sedan legendaris ini?