Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova

Sebagai mobil keluarga dan teman petualangan keamanan adalah hal utama. Ini hasil uji tabrak Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova dari ASEAN NCAP.

uji tabrakToyota fortuner

Baru saja diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), versi facelift dari Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova kembali menarik perhatian dengan hasil uji tabraknya yang sempurna, yakni bintang lima dari ASEAN NCAP.

Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova merupakan bagian dari proyek global Toyota di bawah naungan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV).

Bersama Toyota Hilux yang mendukung mobilitas bisnis, ketiganya adalah bagian dari program IMV yang memberikan keleluasaan pada Toyota untuk mengembangkan 3 segmen produk dari platform yang sama.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross, Bintang 5 ASEAN NCAP

Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia, ketiga produk ini telah berhasil mencatat penjualan total lebih dari 2,2 juta unit. Nah, berikut hasil uji tabrak Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova

Toyota New Fortuner

Hasil uji tabrak Toyota Fortuner

Karena berdiri di atas platform yang sama, hasil uji tabrak Toyota Fortuner ini menggunakan tes dari hasil uji tabrak Toyota Hilux facelift yang diluncurkan pada bulan Agustus lalu.

Dari pengujian tersebut, Toyota Fortuner facelift dan Toyota Hilux mendapatkan skor keseluruhan 84,26 poin.

Poin tersebut didapat dari Adult Occupant Protection (AOP) 43,64 poin, Child Occupant Protection (COP) 21,17 poin, dan Safety Assist Technologies (SATs) 19,44 poin.

Baca juga: Perubahan Fitur, Varian, dan Spesifikasi Toyota New Fortuner

Toyota Fortuner facelift memang menyematkan safety features terbaik di kelasnya, baik untuk model 4×2 maupun 4×4 yang sangat mumpuni di medan off-road.

Untuk semua varian dibenamkan sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang, ISOFIX, ABS dan EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Automatic – Traction Control (A-TC).

toyota new hilux

Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering varian TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat bermanuver di medan berat.

Baca juga: Fitur dan Harga Toyota New Hilux, Si Tangguh yang Tetap Nyaman

Varian VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 airbags terdapat di varian VRZ 4×4 dan G 4×4.

Sementara Toyota Hilux facelift varian D-Cab tipe G dan V telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal sebagai fitur safety untuk memberikan perlindungan terbaik pada penumpang.

Toyota New Fortuner, Toyota New Kijang Innova

Hasil uji tabrak Toyota Kijang Innova

ASEAN NCAP pun melakukan uji tabrak Toyota Kijang Innova facelift dengan menggunakan unit produksi tahun 2016 yang spesifikasinya mirip.

Baca juga: Mengungkap Varian, Fitur, dan Spesifikasi Toyota New Kijang Innova

Sebagai catatan, seluruh unit yang digunakan diproduksi Thailand, berikutnya menjadi standar keselamatan di seluruh kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dari uji tabrak Toyota Kijang Innova facelift didapatkan skor keseluruhan 82,69 poin.

Poin tersebut didapat dari Adult Occupant Protection (AOP) 45,90 poin, Child Occupant Protection (COP) 21,51 poin, dan Safety Assist Technologies (SATs) 15,28 poin.

Hasil uji tabrak Toyota Kijang Innova ini berselisih sedikit saja dengan Toyota Fortuner yang mendapatkan poin keseluruhan 84,26. Bahkan untuk poin AOP dan OCP Toyota Kijang Innova lebih unggul ketimbang Toyota Fortuner.

Baca juga: Harga Toyota New Fortuner Indonesia Resmi Dirilis

Untuk fitur keselamatan Toyota Kijang Innova dibenamkan ABS dan EBD, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Selain ada juga sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang, airbags, serta ISOFIX.

NCAP

Apa itu NCAP?

New Car Assessment Program (NCAP) adalah lembaga yang bertugas untuk menguji kelayakan atas mobil baru yang dipasarkan. Kelayakan itu tentunya mencakup keselamatan pengemudi dan penumpang ketika berkendara.

NCAP biasanya menilai aspek keselamatan sebuah mobil baru berdasarkan dua pertimbangan, yaitu sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif.

Baca juga: Berapa Harga Toyota New Kijang Innova dan New Venturer?

Sistem keselamatan aktif adalah teknologi keselamatan yang diciptakan guna mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Sementara sistem keselamatan pasif merupakan teknologi yang mengurangi kerusakan sekaligus mengurangi cedera pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Penilaian NCAP menghasilkan rating berskala 1 sampai 5, di mana bintang 5 berarti bahwa mobil tersebut memiliki sistem keamanan aktif dan pasif yang sangat luar biasa.

Jadi, bintang 5 pada Toyota Hilux, Toyota Fortuner, dan Toyota Kijang Innova, membuat kamu tidak perlu ragu untuk memilikinya.