Harga Hatchback dan Crossover Bekas Khusus Lebaran

By Arris Riehady - April 23, 2021

Bisa untuk jalanan perkotaan, juga sanggup untuk diajak berpetualang, inilah jenis hatchback dan crossover. Berapa harga bekasnya khusus Lebaran?

Toyota Corolla Cross

Banyak yang menyangka kalau perbedaan hatchback dan crossover adalah di ground clearance, atau ada juga yang menganggap crossover adalah hatchback yang ditinggikan.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena perbedaan hatchback dan crossover lebih dari anggapan itu semua.

Secara umum, hatchback dan crossover dapat menampung 4-5 orang penumpang. Hatchback adalah mobil sedan yang tidak memiliki buntut.

Contoh paling nyata perbedaan keduanya dapat dilihat pada Toyota Vios yang merupakan sedan dan Toyota Yaris sebagai jenis mobil hatchback.

Hatchback diciptakan dengan tujuan untuk memperingkas desain mobil namun tetap mempertahankan sisi kepraktisan dan fungsionalitas.

Baca juga: Panduan Jenis Mobil dan Perbedaannya Secara Lengkap

Pintu bagasi dari jenis mobil ini sengaja didesain agar bisa dibuka ke atas dengan harapan untuk mempermudah dalam memasukkan barang ke bagasi.

Kemudian, beberapa orang menyebut hatchback dengan sebutan city car. Sesuai dengan namanya, city car cocok untuk digunakan di dalam kota dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Tidak hanya itu, city car terkenal memiliki radius putar yang besar sehingga mudah lincah meliuk-liuk. Jenis mobil ini pun dituntut untuk hemat bahan bakar.

Meski begitu, city car dengan kapasitas mesin rata-rata 1.500 cc masih bisa digunakan untuk perjalanan jauh keluar kota.

Baca juga: Melirik Kapasitas Bagasi Toyota Corolla Cross yang Lapang

Lalu, crossover dalah jenis mobil yang berada di antara SUV dan MPV. Apabila kita melihat pada tampilan bodinya, crossover mempunyai desain yang tidak jauh berbeda dengan SUV.

Tampilan Crossover didesain dengan ground clearance yang sedikit lebih rendah daripada SUV pada umumnya. Crossover rata-rata menggunakan penggerak roda depan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Jenis crossover yang berada di pasaran antara lain adalah Toyota C-HR dan Toyota Corolla Cross.

Pemilihan hatchback dan crossover dapat ditentukan sesuai kebutuhan. Mau? Yuk, pilih rekomendasi hatchback dan crossver bekas yang siap digunakan saat Lebaran.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!