GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

Tidak hanya menelurkan mobil balap, Toyota Gazoo Racing juga mengembangkan mobil dengan label GRMN berperforma tinggi. Berikut di antaranya.

Toyota Gazzo Racing

Selain menjadi organisasi balap global Toyota, Toyota Gazzo Racing memiliki misi menciptakan ever-better cars yang mewarisi DNA mobil balap Toyota untuk berpacu di berbagai ajang kompetisi motorsport dunia.

Berbekal database mobil yang berlaga di arena balap di seluruh dunia, TGR bisa meramu mobil berperforma tinggi versi produksi massal yang bisa membangkitkan antusiasme penggunanya di jalan layaknya mengemudi mobil balap di sirkuit ternama.

Salah satu contoh yang sudah masuk Indonesia adalah Toyota GR Supra. Supercar ini merupakan produk yang dikembangkan oleh TGR sejak dari nol.

Baca juga: Kiprah Toyota Gazoo Racing, Kompetisi adalah Latihan Terbaik

Pengalaman di dunia balap, terutama di sirkuit legendaris Nürburgring, dijadikan acuan pengembangan. Berikut daftar mobil berperforma tinggi lainnya dari TGR.

Toyota 86 GRMN

Toyota 86 GRNM

GRMN adalah singkatan dari Gazoo Racing Master of Nürburgring. Seperti diketahui, Toyota memiliki ikatan yang sangat kuat dengan sirkuit yang berada di negara Jerman tersebut.

Bahkan, partisipasi balap pertama Toyota di Eropa adalah di sirkuit Nurburgring.

Pengalaman puluhan tahun berlomba di Nürburgring memberikan inspirasi pada TGR untuk membuat model limited edition dari versi jalan raya yang diberi tambahan label GRMN, tentu sudah di-fine tune agar punya karakter balap kuat.

Sebelum hadir sebagai versi jalan raya, Toyota 86 sempat mengenyam ketatnya persaingan ajang balap ketahanan Nürburgring 24 Jam yang dikondisikan sebagai wahana uji coba mobil baru Toyota berbekal citarasa sport tinggi.

Baca juga: Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

Pertama datang di tahun 2011, Toyota 86 mencapai puncak kejayaan di Nürburgring 24 Jam di tahun 2012 dan 2014 ketika berhasil merebut gelar juara pertama kelas GT-3.

TGR belajar untuk menciptakan kembali rasa yang sama yang ditemukan pada mobil balap ke dalam mobil produksi massal.

Hasilnya adalah Toyota 86 GRMN yang diproduksi terbatas hanya 100 unit dan langsung sold out saat dijual pada 2017.

Toyota Yaris GRNM

Satu tahun setelah Toyota comeback ke reli dunia tahun 2017, Toyota Yaris GRMN hadir membawa DNA mobil reli ke dalam mobil jalan raya.

Baca juga: Harga Toyota New Yaris yang Resmi Mengaspal di Indonesia

Sama dengan Toyota 86 GRNM, TGR mengembangkan Toyota Yaris GRMN di sirkuit Nürburgring dengan target membawa seoptimal mungkin perilaku mobil reli ke dalam mobil harian versi terbatas.

Dengan garasi dan lintasan sepanjang empat kilometer dari sirkuit ini yang dipakai para spesialis dan pembalap, TGR memberikan sentuhan balap pada Toyota Yaris GRMN.

Hasilnya adalah sebuah hatchback yang bisa menari dengan lincah ala mobil reli, punya performa tinggi, dan begitu menyatu dengan pengemudi.

Sama halnya dengan Toyota 86 GRMN, mobil berperforma tinggi ini juga sold out saat dipasarkan.

Baca juga: Ada Embel-embel TRD di Mobil Toyota? Ini Artinya

Seiring waktu, model dengan label GRMN tidak lagi diproduksi dan TGR fokus mengembangkan Pure GR serta flagship dari model yang ada saat ini berlabel GR SPORT.

Ingin tahu bedanya? Simak selengkapnya di sini.