Search Cars

Otomotif

GIIAS 2019 Resmi Dibuka di Surabaya, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

GIIAS 2019 resmi dibuka pada Jumat (29/3) oleh Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto di Surabaya, Jawa Timur.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mengangkat tema Future in Motion, yang diartikan sebagai sebuah gerakan gelombang pengaruh teknologi, kendaraan listrik, otonom, dan digital. Tema ini akan merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global.

 

Sesuai dengan tema tersebut, Airlangga menyampaikan, industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan Indonesia 4.0 yang kini makin kompetitif. Untuk itu, penggunaan konten lokal harus selalu ditingkatkan.

 

Hal ini menurutnya bisa menjadi kunci keberhasilan dari industri otomotif untuk menjadi basis manufaktur di ASEAN maupun Asia.

Lalu, strategi lainnya adalah dengan mendorong industri Low Carbon Emission Vehicle (LCGC), yaitu kendaraan hemat energi dengan harga terjangkau dan harus di bawah Rp 200 juta. Ini kemudian menjadi mayoritas penjualan kendaraan di tanah air.

 

Selain itu, pemerintah juga sedang mempersiapkan kendaraan berbasis flexy engine, yaitu kendaraan berbahan bakar fleksibel dengan biaya yang lebih murah dan efisien. Flexy engine dinilai cocok untuk dikaji lebih lanjut, apalagi biaya untuk teknologinya tidak semahal mobil listrik.

 

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah otomatis ikut meningkatkan produksi solar biofuel atau minyak nabati, dari Bio 20 (20 persen kandungan minyak kelapa sawit dengan campuran 80 persen minyak mineral) menjadi Bio 100 (BBM jenis solar dengan total 100 persen diproduksi dari minyak kelapa sawit).

 

Namun, biofuel masih dalam tahap pembicaraan antara pemerintah Indonesia dengan Uni Eropa. Pasalnya, masyarakat Eropa melarang bahan bakar yang terbuat dari bahan dasar kelapa sawit, yang bukan dari bahan mineral atau tambang.

 

“Uni Eropa tidak adil. Pemerintah RI saat ini mengkaji langkah lanjutan dari pada trik yang tidak adil ini,” ujar Airlangga seperti dikutip dari Gaikindo.or.id.

Padahal, biofuel atau green diesel ini setara dengan Standar Emisi Euro 4 dan telah melakukan uji emisi yang memenuhi syarat lingkungan.

 

Sebagai informasi, GIIAS Surabaya 2019 dijadwalkan berlangsung dari 29 Maret sampai 7 April 2019 dengan target 50 ribu pengunjung dan target penjualan sebanyak 2.500 unit. Target tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan GIIAS Surabaya 2018, yaitu 2.200 unit.

 

Sementara untuk waktunya, GIIAS Surabaya 2019 pada hari pertama dibuka mulai pukul 12.00 WIB – 21.30 WIB. Sedangkan pada hari kedua dan seterusnya adalah pukul 10.00 – 21.30 WIB dan weekend (Sabtu – Minggu) pukul 11.00 – 21.00 WIB. Harga tiket pada hari pertama adalah Rp 20 ribu dan weekend Rp 25 ribu.

 

GIIAS 2019 Juga Digelar di Jakarta dan Kota Besar Lainnya

Selain di Surabaya, GIIAS 2019 juga akan digelar di ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada tanggal 18 – 28 Juli 2019. Lalu, Makassar menyusul pada 4 – 8 September 2019, dan terakhir adalah Medan, yaitu tanggal 23 – 27 Oktober 2019.

 

Selama pelaksanaannya dari tahun 2015 sampai 2018, GIIAS sudah menghadirkan lebih dari 300 brand, yang terdiri dari 40 brand kendaraan global dan ratusan brand dari industri pendukung lainnya.

 

GIIAS juga penjadi tuan rumah bagi lebih dari 100 peluncuran produk, 6 diantaranya adalah world premiere. Bukan cuma itu, GIIAS pun menjadi pilihan Agen Pemegang Merek (APM) untuk menghadirkan lebih dari 40 mobil konsep yang diperkenalkan kepada pengunjung.

 

Seperti tahun sebelumnya, Astra Financial menjadi sponsor utama pada GIIAS 2019.

 

Nah, apakah Anda sudah siap untuk datang ke GIIAS 2019?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.