Fungsi Semikonduktor di Mobil yang Kini Mulai Langka

Apa fungsi semikonduktor di mobil yang sekarang keberadaannya mulai langka? Yuk, simak selengkapnya di sini.

fungsi semikonduktor di mobil

Tidak banyak yang menyadari kalau fungsi semikonduktor di mobil sangat krusial. Yap, semikonduktor yang disebut juga sirkuit terintegrasi atau microchip bisa dibilang adalah bagian terpenting dari tiap mobil masa kini yang mengaspal di dunia.

Tidak hanya di mobil, semikonduktor juga digunakan dalam perangkat elektronik lain, seperti komputer meja, laptop. smartphone, konsol permainan, microwave, lemari es, dan lain-lain.

Baca juga: Tips Perawatan Mesin Turbo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Kelanggakan perangkat kecil berisi rangkaian elektronik ini mulai terjadi sejak awal tahun 2021 karena pandemi Covid-19 .

Lebih lanjut, kelangkaan semikonduktor terjadi karena terganggunya transportasi global untuk kegiatan ekspor dan impor.

Lain dari itu, salah satu perusahaan raksasa yang memproduksi semikonduktor asal Jepang, yakni Asahi Kasei Microdevices, yang selama ini mensuplai semikonduktor ke industri otomotif dan industri lainnya mengalami musibah kebakaran pabrik produksi pada awal tahun 2021.

Baca juga: 5 Teknologi Mobil yang Berguna untuk Menghadapi Hujan Lebat

Menurut Reuters, kelangkaan semikonduktor juga diperparah sanksi Amerika Serikat kepada perusahaan teknologi Tiongkok.

Lantas, apa sebenarnya fungsi semikonduktor di mobil? Kenapa begitu penting?

fungsi semikonduktor di mobil

Apa itu semikonduktor?

Semikonduktor merupakan perangkat yang menjadi konduktor atau insulator yang menghantarkan listrik sebagian. Jadi, karena fungsinya menghantarkan listrik sebagian, sehingga disebut semikonduktor.

Baca juga: 5 Teknologi Mobil Terkini yang Bisa Digunakan di Mobil Lawas

Berkat kemampuannya tersebut, semikonduktor sering digunakan untuk pembuatan chip peralatan elektronik.

Intinya, dalam beberapa kondisi, semikonduktor akan menghantarkan listrik, tetapi tidak akan melakukan hal yang sama dalam keadaan lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil Sejak Dini?

Ini karena konduktivitas semikonduktor berada di antara isolator (bahan yang tidak memungkinkan lewatnya energi) dan konduktor (yang memungkinkan aliran energi bebas.)

Sifat tersebut yang membuatnya ideal untuk mengendalikan arus listrik.

Semikonduktor terbuat dari elemen murni seperti karbon, germanium, dan silikon. Bahkan, senyawa seperti galium arsenida juga dapat digunakan sebagai semikonduktor.

fungsi semikonduktor di mobil

Fungsi semikonduktor di mobil

Bila dibandingkan mobil masa lalu, fungsi semikonduktor di mobil masa kini adalah mengganti sistem mekanis dengan sistem elektris.

Baca juga: Berapa Biaya Pelat Nomor Cantik dan Lama Masa Berlakunya?

Jadi, seperti yang sudah disebut di atas, semikonduktor adalah bagian terpenting pada mobil masa kini yang banyak digunakan pada piranti elektroniknya.

Tidak hanya itu, pada kendaraan elektrifikasi dan mobil hybrid, fungsi semikonduktor membuat baterai memiliki masa pakai yang lebih lama.

Lebih dari itu, fungsi semikonduktor di mobil juga memungkinkan berbagai fitur di mobil dapat bekerja dengan baik.

Fitur-fitur yang memanfaatkan semikonduktor antara lain adalah fitur keselamatan, mulai dari sensor sabuk pengaman, airbag, rem anti terkunci atau anti-lock braking system, sistem otonom, kamera parkir, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Teknologi RFT, Ban Anti Pecah Mitos atau Fakta?

Tentu hal ini membuat fitur keamanan dan keselamatan mobil menjadi lebih baik sehingga tercipta berbagai sistem. sebut saja seperti Toyota Safety Sense atau Advance Smart Assist pada mobil Daihatsu.

Lalu ada juga sistem kendali, sistem suspensi, sistem transmisi, sistem manajemen mesin yang menggunakan semikonduktor, sehingga mobil masa kini memiliki berbagai macam mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan pengemudi.

Baca juga: Ketahui Penyebab Lampu Indikator Suhu Mesin Menyala

Masih banyak komponen dan fitur dalam mobil yang menggunakan semikonduktor. Walau penampakannya jarang dilihat oleh mata pemilik mobil, fungsi semikonduktor di mobil ternyata sangat penting.

Di masa depan, bukan tidak mungkin bila akan lahir banyak teknologi dan fitur baik di mobil dan kendaraan lainnya berkat pemanfaatan semikonduktor. Kita nantikan saja bersama.