Enak Banget, Deretan Makanan Favorit saat Iduladha

Berikut lima makanan yang wajib ada saat hari raya. Kira-kira mana favoritmu?

Hari raya Iduladha memang identik dengan kurban. Karenanya banyak masyarakat yang mengisi momen perayaan Idul Qurban dengan membuat hidangan makanan favorit dari daging sapi dan kambing.

Nah, bagi kamu yang tengah mencari referensi menu makanan apa saja yang bisa dibuat saat Iduladha, berikut lima pilihannya. Yuk!

Sate

Siapa yang tidak kenal dengan sate? Kuliner daging yang ditusuk dengan bambu ini adalah salah satu makanan yang paling sering disajikan saat Iduladha. Selain karena bahan baku utamanya yang melimpah saat Iduladha, cara mengolah dan membuat bumbu kacangnya juga cukup sederhana serta mudah.

Baca juga: Lezatnya Sate Klopo, Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Kamu hanya perlu perlu mencampur daging dengan bumbu lalu dibbakar di atas bara api. Kemudian sajikan dengan saus bumbu kacang atau kecap manis. Kamu tak perlu ragu soal kelezatan hidangan daging satu ini. 

Sop Buntut

Jika sebelumnya adalah menu daging yang dibakar, kini kamu bisa mencoba membuat sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi ini sangat menggiurkan dan juga nikmat. 

Baca juga: Tempat Makan Soto Terenak di Jakarta Saat Musim Hujan

Olahan daging sapi yang satu ini akan lebih nikmat dan segar jika ditambah irisan sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kubis, serta daun bawang. Dengan tambahan sayuran, sop buntut tidak hanya nikmat untuk dimakan tapi juga sehat.

Bakso

Masakan daging yang berbentuk bulat yang satu ini juga merupakan menu favorit saat Iduladha, Selain terkenal karena rasanya yang nikmat, bakso juga digemari karena bisa dikreasikan dengan berbagai menu.

Baca juga: Rekomendasi Bakso Lobster Viral dengan Harga yang Murah

Cara membuat bakso pun tidaklah sulit. Kamu bisa langsung mencobanya sendiri di rumah. Dengan daging yang kamu dapat, tentu baksonya akan jadi jauh lebih nikmat. Jangan lupa untuk menambahkan pelengkapnya, ya. Seperti mie, bihun, tauge, tahu, tetelan dan taburan seledri. Duh ngiler!.

Rendang 

Siapa yang tidak kenal si nikmat yang satu ini. Makanan yang terbuat dari daging ini tidak hanya populer di negeri sendiri, tapi seantero dunia. Saking lezatnya rendang jadi makanan yang paling dinanti saat momen lebaran tiba.

Baca juga: Mengungkap Sejarah dan Filosofi Makanan Rendang yang Mendunia

Untuk membuat rendang, memanfaatkan daging sapi yang kamu dapat. Kamu juga bisa mengkreasikan rendang favoritmu. Kamu bisa memasaknya dalam bentuk basah atau kering, sesuai dengan selera. 

Semur 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, hidangan semur mungkin jadi hidangan utama yang paling dinantikan. Makanan favorit saat iduladha yang satu ini merupakan hidangan khas betawi dengan cita rasa manis dan lezat. 

Baca juga: Makanan Khas Lebaran di Indonesia yang Paling Banyak Dicari

Selain kecap, Semur juga diramu dari berbagai bumbu rempah khusus. Hal ini membuat rasa dan kelezatannya semakin memanjakan lidah. Dari daging sapi, kambing, ayam sampai telur bisa kamu kreasikan menjadi hidangan semur.

Itulah beberapa rekomendasi makanan favorit saat Iduladha yang bisa kamu jadikan opsi. Selamat hari raya Idul Adha ya!

Nah, bagi kamu yang memerlukan mobilitas saat lebaran haji, kamu bisa menggunakan movic. Kamu bisa sewa mobil atau kirim barang sesuai kebutuhan kamu.