Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Kaca merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki peran krusial, khususnya dalam hal visibilitas berkendara. Tetapi, masih banyak pengguna mobil kurang menyadari perawatan kaca mobil yang baik dan benar, sehingga berimbas pada kondisi permukaan kaca yang berjamur hingga hadirnya baret-baret halus.

Jika sudah begini, visibilitas saat mengemudi akan terganggu. Terlebih  saat malam hari atau hujan.

Berbagai alasan mengapa kaca mobil bisa mengalami baret, seperti contoh karet wiper yang sudah getas, kotoran yang tersangkut di antara bilah karet wiper, hempasan batu kerikil ketika berkendara, goresan cutter saat pemasangan kaca film, atau saat instalasi kaca power window.

Beda lagi dengan timbulnya lapisan jamur di kaca mobil, yang banyak disebabkan oleh bercak sisa air bercampur debu dan sisa gas buang kendaraan lain.

Nah bagaimana caranya agar kaca mobil bisa terhindar dari timbulnya jamur dan baret ? Yuk, langsung intip tipsnya berikut ini.

kaca mobil pecah

1. Selalu Rutin Perhatikan Karet Wiper

Karet pada wiper mobil sejatinya cukup rentan menjadi keras dan getas akibat suhu panas yang tinggi ataupun usia pakai yang sudah lama. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya saat siang hari menegakkan tiang wiper agar karet tidak menyentuh permukaan kaca. Hal ini dapat membantu merawat kaca mobil anda.

Jangan lupa setiap sebulan sekali cek kondisi wiper apakah masih lentur atau tidak, termasuk membersihkan permukaan karet wiper menggunakan kain yang lembut.

2. Membersihkan Kaca Berfilm

Mobil yang dilapisi kaca film, ada baiknya memperhatikan kondisi kaca film yang tak kalah rentan dari adanya goresan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan pembersih kaca lembut dengan campuran air kemudian lap dengan chamois.

Usahakan untuk menghindari pengunaan produk cleaner bermaterial soda dan shampo, sebab fitur penahan panas yang terdiri dari beberapa lapisan ini akan terkelupas.

mengganti kaca film

3. Melakukan Treatment Poles Kaca Mobil

Biasanya pengguna mobil sering melakukan treatment poles bodi saja, padahal kaca perlu untuk mendapatkan treatment poles. Kenapa?

Soalnya treatment poles kaca mobil bisa menghilangkan noda jamur yang menempel sekaligus baret yang bersifat minor. Hanya saja treatment seperti ini perlu dilakukan di workshop car care, tidak bisa dilakukan secara mandiri.

merawat kaca mobil

4. Gunakan Produk Pembersih Kaca

Jika Anda lebih gemar merawat mobil secara mandiri, maka Anda bisa menggunakan produk pembersih kaca yang banyak ditemui dipasaran dengan harga cukup terjangkau.

Banyak produk pembersih kaca mengandung ammonia hingga formula pencegah bercak, bahkan ada yang hanya menggunakan air. Namun idealnya adalah gunakan produk pembersih kaca yang mengandung citric acid atau alkohol.

Jangan sepelekan cara merawat kaca mobil Anda, karena perubahan cuaca dari panas ke hujan atau sebaliknya yang sering terjadi beberapa waktu. Terlebih debu dan kotoran yang banyak di jalan. Lakukan langkah di atas agar kaca mobil Anda tetap cerah dan mengkilap.

merawat kaca mobil

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.