Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Kaca merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki peran krusial, khususnya dalam hal visibilitas berkendara. Tetapi, masih banyak pengguna mobil kurang menyadari perawatan kaca mobil yang baik dan benar, sehingga berimbas pada kondisi permukaan kaca yang berjamur hingga hadirnya baret-baret halus.

Jika sudah begini, visibilitas saat mengemudi akan terganggu. Terlebih  saat malam hari atau hujan.

Berbagai alasan mengapa kaca mobil bisa mengalami baret, seperti contoh karet wiper yang sudah getas, kotoran yang tersangkut di antara bilah karet wiper, hempasan batu kerikil ketika berkendara, goresan cutter saat pemasangan kaca film, atau saat instalasi kaca power window.

Beda lagi dengan timbulnya lapisan jamur di kaca mobil, yang banyak disebabkan oleh bercak sisa air bercampur debu dan sisa gas buang kendaraan lain.

Nah bagaimana caranya agar kaca mobil bisa terhindar dari timbulnya jamur dan baret ? Yuk, langsung intip tipsnya berikut ini.

1. Selalu Rutin Perhatikan Karet Wiper
Karet  pada wiper mobil sejatinya cukup rentan menjadi keras dan getas akibat suhu panas yang tinggi ataupun usia pakai.

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya saat siang hari menegakkan tiang wiper agar karet tidak menyentuh permukaan kaca.

Jangan lupa setiap sebulan sekali cek kondisi wiper apakah masih lentur atau tidak, termasuk membersihkan permukaan karet wiper menggunakan kain.

2. Membersihkan Kaca Berfilm
Mobil yang diaplikasi kaca film, ada baiknya memperhatikan kondisi kaca film yang tak kalah rentan dari adanya goresan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan pembersih kaca lembut dengan campuran air kemudian lap dengan chamois.

Usahakan untuk menghindari pengunaan produk cleaner bermaterial soda dan shampo, sebab fitur penahan panas yang terdiri dari beberapa lapisan ini akan terkelupas.

3. Melakukan Treatment Poles Kaca Mobil
Biasanya pengguna mobil sering melakukan treatment poles bodi saja, padahal kaca perlu untuk mendapatkan treatment poles. Kenapa?

Soalnya treatment poles kaca mobil bisa menghilangkan noda jamur yang menempel sekaligus baret yang bersifat minor. Hanya saja treatment seperti ini perlu dilakukan di workshop car care, tidak bisa dilakukan secara mandiri.

4.Gunakan Produk Pembersih Kaca
Jika Anda lebih gemar merawat mobil secara mandiri, maka Anda bisa menggunakan produk pembersih kaca yang banyak ditemui di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Banyak produk pembersih kaca mengandung ammonia hingga formula pencegah bercak, bahkan ada yang hanya menggunakan air. Namun idealnya adalah gunakan produk pembersih kaca yang mengandung citric acid atau alkohol.

Jangan sepelekan perawatan kaca mobil Anda, karena perubahan cuaca dari panas ke hujan atau sebaliknya yang sering terjadi beberapa waktu in. Terlebih debu dan kotoran yang banyak di jalan. Lakukan langkah di atas agar kaca mobil Anda tetap cerah dan mengkilap.