DIY, Pasang Sendiri Kamera Parkir di Spion Mobil Yuk

Saat ini sudah banyak alat yang dapat membantu pengendara ketika sedang parkir, salah satunya adalah kamera parkir. Kamera ini biasanya terpasang di bagian spion dan belakang mobil agar pengendara mendapatkan visual yang baik.

 

Tetapi, tidak semua pabrikan membekali kamera parkir di produk-produk mereka, hanya sebagian mobil yang memilikinya. Jika mobil Anda belum terdapat kamera parkir, Anda dapat memasangnya sendiri di rumah.

 

Seperti yang dilakukan oleh Susilo, seorang karyawan swasta dan penghobi otomotif. Ia memasang kamera parkir sendiri di bagian spion mobilnya. Bagi Anda yang juga ingin melakukannya, Susilo memberikan tips dan cara pemasangan kamera parkir jika memang ingin mencobanya sendiri di rumah.

 

Copot spion mobil

Pertama-tama copot spion mobil Anda. Usahakan semua bagian spion tercopot karena Anda harus mengebor sisi spion untuk membentuk lubang, yang berguna sebagai jalur masuk kabel kamera parkir.

 

“Namun, hati-hati ketika melakukan pengeboran spion, jangan sampai terkena sistem elektrik spion atau motornya,” kata Susilo.

 

Perhatikan jalur kabel kamera

Setelah di bor, masukkan kabel kamera ke dalam lubang tersebut. Pastikan kabel kamera yang Anda pasang tidak mengganggu gerak spion dengan cara menyesuaikan kabel tersebut dengan kabel elektrik spion mobil Anda. Jadi, ketika parkir, spion tetap dapat melipat dengan sempurna dan tidak terganggu dengan kabel kamera parkir.

 

Copot bagian door trim mobil

Apabila kabel sudah terpasang, copot door trim mobil Anda, karena kabel kamera akan melewati bagian dalam door trim mobil. Mencopot door trim juga akan memudahkan Anda ketika mengambil kabel yang masuk melalui jalur elektrik spion.

 

Hati-hati ketika mencopot door trim mobil Anda, perhatikan baut yang masih menempel dan pastikan semua telah terbuka dengan sempurna.

 

Buka dashboard bagian bawah

Selain melewati bagian dalam door trim, kabel kamera juga akan masuk ke dalam bagian dashboard bagian bawah. Untuk memasangnya, Anda harus membuka dashboard mobil bagian bawah untuk memudahkan Anda mengatur jalur kabel tersebut.

 

Ada tiga kabel yang terdapat pada kamera parkir, yaitu kabel data yang berwarna kuning dan dua kabel power yang berwarna merah.

 

Hubungkan kabel berwarna kuning tersebut dengan soket khusus kamera head unit mobil Anda agar gambar yang ditangkap kamera tersalurkan ke head unit. Biasanya, soket khusus kamera sudah terdapat di head unit mobil-mobil sekarang dan letaknya berada di bagian belakang head unit.

 

“Untuk kabel power yang berwarna merah hubungkan dengan kabel lighter. Kenapa lighter? Karena menurut saya lighter ampere-nya lebih tinggi. Jadi misalnya saya bebanin kamera, lighter saya masih akan tetap bisa dipakai,” ungkap Susilo.

 

Ia melanjutkan, ketika menghubungkan kabel power dan lighter, lebih baik gunakan sekring untuk berjaga-jaga dan memutus aliran listrik ketika terjadi kecelakaan.

 

Atur sudut pandang

Apabila kabel sudah terpasang dan kamera berfungsi dengan baik, saatnya Anda mengatur sudut pandang kamera. Anda dapat menyesuaikan sudut pandang kamera dengan melihat visualisasinya di head unit dan selesai.

 

Anda tinggal memasang kembali semua perangkat yang sebelumnya dicopot dan pastikan semua baut tertanam dengan baik. Sekarang, kamera parkir Anda sudah dapat digunakan.

 

Namun, jika Anda masih ragu untuk memasangnya, mintalah bantuan teman yang mengerti atau pergi ke bengkel modifikasi agar mendapat penanganan khusus dari teknisi berpengalaman.