Deretan Mobil Listrik yang Nongkrong di GIIAS 2019

By Ferdi Julias - July 26, 2019

test

Mobil listrik dan hybrid kembali dipamerkan pada GIIAS 2019. Apa saja deretan mobil listrik tersebut?

Pabrikan-pabrikan mobil terus berinovasi untuk menciptakan mobil yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menciptakan mobil listrik dan hybrid. Beberapa mobil itu kini sedang dipamerkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang.

 

Sejumlah pabrikan terkenal di dunia seperti BMW, Toyota, Renault, dan lain-lain memajang mobil listrik dan hybrid mereka di GIIAS 2019. Bahkan, BMW membawa dua mobilnya sekaligus, yaitu BMW i8 Roadster dan BMW i3.

 

Selengkapnya mengenai mobil listrik di GIIAS 2019 bisa Anda simak di bawah ini.

 

BMW i8 Roadster

Mobil pertama adalah BMW i8 Roadster, yang terparkir di booth BMW, hall 5 & 6 ICE BSD. Mobil ini memiliki baterai lithium-ion dan teknologi BMW eDrive untuk menunjang teknologi hybrid, serta dibekali mesin bensin 3 silinder berteknologi BMW TwinPower Turbo.

 

Kombinasi kedua mesin itu mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 374 daya kuda. Lalu, BMW i8 Roadster diklaim dapat melaju sejauh 47,8 kilometer per liter, ditambah  dengan 14,5 kWh energi listrik per 100 kilometer. Terbilang cukup efisien untuk mobil sekelas i8.

 

Baca juga: Ternyata Mobil Listrik Sudah Ada Sejak Satu Abad yang Lalu

 

Hal tersebut juga ditopang oleh kabin i8 yang didesain dari carbon-fibre-reinforced plastic dan rangka alumunium, sehingga mengurangi beban mobil sport ini serta terlihat lebih elegan.

 

Bagi yang tertarik untuk mendaratkan BMW i8 Roadster di garasi, Anda bisa mendapatkannya di GIIAS 2019 seharga Rp 3,9 miliar off the road. Atau, mobil yang atapnya dapat dibuka ini mulai tersedia di semua diler resmi BMW i mulai Agustus 2018.

 

BMW i3s

Selain i8 Roadster, BMW juga membawa satu mobil full electric andalannya, yaitu BMW i3s. Sebenarnya, i3 sudah pernah diperkenalkan di Indonesia pada 2017 lalu, namun bedanya, kini pengunjung bisa memesan langsung BMW i3s di GIIAS 2019.

 

BMW i3s mengusung konsep hatchback 5 pintu yang memiliki dimensi panjang 4.006 mm, tinggi 1.570 mm, dan lebar 2.039 mm. Pada bagian kaki-kaki, BMW i3s dibekali suspensi sport yang disa diturunkan sebanyak 10 mm untuk jarak terendah.

 

Suspensi tersebut bekerja sama dengan pelek sebesar 20 inchi bergaya double spoke.

 

Masuk ke dapur pacu, mobil dengan rangka karbon fiber ini dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 184 tk dan torsi 270 Nm. Tenaga itu membuat i3s membutuhkan waktu 6,9 detik untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam.

 

Tertarik untuk memboyongnya ke garasi? Harga yang harus ditebus untuk mendapatkan mobil ini adalah Rp 1,299 miliar off the road Jakarta.

 

Sebagai informasi, BMW i3s mendapatkan BMW Service Inclusive dengan gratis perawatan rutin selama 5 tahun atau 60 ribu kilometer, serta garansi 36 bulan tanpa jarak tempuh.

 

Toyota Prius PHEV

toyota prius phev

Toyota kembali memamerkan mobil listriknya di GIIAS 2019, yakni Toyota Prius PHEV. Mobil sedan ini menggunakan mesin plug-in hybrid yang mampu berjalan sepanjang 68,2 kilometer dengan mode Electric Vehicle (EV).

 

Ini adalah model baru dari Toyota Prius yang sudah mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture), layaknya Camry Hybrid dan C-HR.

 

Tampilan dari Prius PHEV lumayan agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari lekukan-lekukan tajam di beberapa sisi mobil, termasuk pada bagian bumper.

 

Lalu, bentuk lampu di bagian belakang sangat sporty, apalagi ditambah dengan lampu yang membentang dari sisi kanan sampai sisi kiri, semakin menambah kesan elegan pada mobil ini.

 

Namun, Toyota Prius PHEV belum resmi dijual di tanah air, karena pihak Toyota masih menunggu regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai mobil listrik.

 

Baca juga: Bagaimana Masa Depan Mobil Listrik di Indonesia?

 

Renault Twizy

Berbeda dengan BMW dan Toyota yang memamerkan mobil berukuran wajar, Renault justru membawa mobil listrik mungilnya di GIIAS 2019. Namanya adalah Renault Twizy, mobil yang diboyong langsung dari Perancis.

 

Tidak banyak yang bisa digali dari mobil imut ini, karena spesifikasinya memang tidak terpampang, dan sales yang bertugas juga belum mengetahui secara pasti performa dari Twizy.

 

Tetapi yang jelas, Renault Twizy berkapasitas dua penumpang dengan pintu yang bisa terbuka otomatis. Mobil ini dibekali dengan baterai  lithium-ion 6,1 kWh yang mampu dikendarai hingga 100 kilometer.

 

Mobil bertenaga 11 daya kuda ini dibanderol dengan harga Rp420 juta off the road.

 

Selain mobil-mobil di atas, ada juga mobil listrik DFSK Glory E3 dan Tesla 75D. Bagi Anda yang mau melihat langsung, silakan datang ke GIIAS 2019.

 

Dari deretan mobil listrik di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Berita Terkait

Author