Deretan 10 Mobil Terlaris di Tengah Pandemi Virus Corona

Penjualan mobil masih terus bergerak di tengah pandemi corona. Dari penjualan tersebut, mobil apa yang paling diminati pasaran?

mobil terlaris

Pandemi virus corona yang terjadi di Indonesia dipastikan sejalan dengan melambatnya pergerakan beberapa industri, termasuk otomotif.

Dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, industri otomotif seperti mobil banyak yang mengeluarkan peraturan bekerja dari rumah atau work from home (WHF) kepada karyawannya.

Bahkan beberapa event atau pameran besar otomotif yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya harus ditunda penyelenggaraannya terkait dengan kebijakan PSBB ini.

Baca juga: Daftar Event Otomotif di Indonesia yang Batal karena Virus Corona

PSBB juga membuat beberapa dealer bahkan pabrik otomotif berhenti beroperasi sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Tetapi, karena penjualan mobil masih terus berjalan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun mengeluarkan data penjualan mobil periode Januari-Maret 2020.

Berdasarkan data tersebut, penjualan mobil baru tercatat 236.825 unit. Jumlah ini turun jika dibandingkan dengan Januari-Maret 2019 yang mencapai 255.191 unit.

Astra Auto Fest 2020

Terlepas dari penurunan jumlah penjualan mobil tersebut, ada deretan mobil terlaris di tengah pandemi virus corona hingga Maret 2020.

Menurut data wholesales Agen Pemegang Merek (APM) ke dealer, Gaikindo, Toyota Avanza rangkuman berbagai varian masih bertengger di posisi pertama sebagai mobil terlaris di tengah pandemi virus corona saat ini. Totalnya, realisasi penjualan MPV ini sebanyak 20.768 unit atau 4,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan Toyota New Avanza 2019 dengan Generasi Sebelumnya

Toyota Avanza keluaran terbaru memang tampil lebih modern, fitur lebih lengkap, dan juga lebih nyaman usai facelift yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2019 lalu.

Sedangkan di posisi kedua sebagai mobil terlaris di tengah pandemi virus corona adalah Honda Brio (termasuk varian RS dan Satya) dengan total penjualan 17.075 unit.

Kemudian di posisi ketiga ada Daihatsu Sigra dengan penjualan mencapai 13.467 unit.

Dari data tiga besar ini, terlihat kalau mobil perkotaan dan LCGC lebih diminati di tengah pandemi virus corona. Sementara, mobil MPV tujuh penumpang yang biasa selalu di posisi tiga besar penjualannya cenderung stagnan.

Mistsubishi Xpander (termasuk varian Cross) misalnya, yang biasa membututi Toyota Avanza kini berada di posisi keempat dengan total penjualan 13.415 unit.

Demikian juga dengan posisi kelima yang ditempati Toyota Innova dengan pembukuan data jual sebanyak 12.703 unit.

Baca juga: New Astra Daihatsu Sigra Resmi Mengaspal di Indonesia

Selengkapnya, berikut 10 mobil terlaris di tengah pandemi virus corona hingga Maret 2020.

  1. Toyota Avanza: 20.768 unit
  2. Honda Brio: 17.075 unit
  3. Daihatsu Sigra: 13.467 unit
  4. Mitsubishi Xpander: 13.415 unit
  5. Toyota Innova: 12.703 unit
  6. Toyota Rush: 12.097 unit
  7. Toyota Calya: 12.030 unit
  8. Suzuki Carry Pick-Up: 11.970 unit
  9. Daihatsu GranMax Pick-Up: 11.476 unit
  10. Honda HR-V: 7.562 unit

Untungnya, di era serba digital, penjualan mobil masih tetap bisa dilakukan dan berjalan melalui internet. Yap, walau di rumah saja dan banyak dealer yang tutup, kamu masih bisa membeli mobil baru jika itu adalah sebuah prioritas.

Salah satu marketplace otomotif yang terpercaya untuk beli mobil, baik baru atau bekas berkualitas adalah Seva.id.

Lewat Seva.id, kamu bisa beli mobil yang sesuai dengan kebutuhan dengan pilihan pembayaran tunai atau kredit. Untuk itu, tunggu apalagi, yuk kunjungi Seva.id sekarang dan dapatkan mobil incaranmu.