Search Cars

Otomotif

Debat Cawapres: Ini Koleksi Mobil Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno

Debat cawapres atau calon wakil presiden akan berlangsung pada Minggu, 17 Maret 2019. Tentunya akan seru! Tapi mari intip dulu koleksi mobil cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno berikut ini.

Selain jalannya debat cawapres yang penuh penyampaian visi dan misi, ternyata pembahasan koleksi mobil Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sangat menarik perhatian. Mengingat keduanya memiliki latar belakang yang berbeda serta total kekayaan yang terpaut jauh.

 

Tak hanya capres (calon presiden), calon wakil presiden yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga wajib memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2018, kandidat cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin, melaporkan hanya memiliki dua unit mobil yaitu Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4×2 AT tahun 2017 seharga Rp 527,9 juta dan Toyota Alphard 2.5 G AT keluaran tahun 2018 senilai Rp 1,1 miliar.

 

Apabila dua koleksi mobil Ma’ruf Amin ini dijumlah totalnya mencapai Rp1,627 miliar. Sementara pasangannya dalam Pilpres 2019, Joko Widodo, memiliki total 12 kendaraan dengan nilai total mencapai Rp1.083.500.000.

Baca: Deretan Mobil Koleksi Joko Widodo dan Prabowo Subianto

 

Lalu bagaimana dengan koleksi mobil Sandiaga Uno? Cawapres nomor urut 02 ini digadang-gadang memiliki harta kekayaan yang nominalnya menyentuh angka Rp5 triliun. Dikutip dari Kompas.com, Sandi sapaan akrab Sandiaga Uno, tercatat memiliki harta dalam bentuk alat transportasi yang nilainya Rp325 juta. Ada dua mobil yang dimiliki pria kelahiran 28 Juni 1969 ini.

 

Untuk ukuran seorang triliuner, dua mobil yang dimiliki Sandiaga bisa dibilang biasa-biasa saja, bahkan kurang cocok dibandingkan kekayaaannya. Keduanya adalah Nissan Grand Livina tahun 2013 yang nilainya saat ini ditaksir sekitar Rp100 juta, dan Nissan X-Trail tahun 2015 dengan nilai Rp225 juta. Dua mobil itu juga tercatat didapat Sandi dari hasil sendiri bukan merupakan pemberian.

 

Bandingkan dengan pasangannya dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra ini tercatat memiliki delapan kendaraan, enam di antaranya merupakan mobil jenis sport utility vehicle (SUV).

 

Berikut perbandingan koleksi mobil Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno.

koleksi mobil cawapres 2019
cawapres 2019

Usai debat cawapres pada 17 Maret, tahapan berikutnya adalah pemilihan presiden dan wakil presiden disertai DPR, DPRD, dan DPD pada 17 April 2019. 2 hari sebelum pencoblosan, akan ada masa tenang selama 3 hari dari tanggal 14-16 April 2019.

 

Perlu diingat, jangan jadikan koleksi mobil dan harta kekayaan sebagai acuan ketika menggunakan hak suara dalam Pilpres 2019. Visi serta misi kedua pasang capres dan cawapres adalah pertimbangan utama, karena mereka nanti yang akan memimpin negara ini dalam lima tahun ke depan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.