Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit, Semi Kulit, Nilon, dan Vinyl

Cara merawat jok mobil berbeda-beda tergantung bahan yang dipakai untuk melapisinya. Cek caranya di sini.

Jok mobil merupakan komponen penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara, baik pengemudi maupun penumpang. Untuk itu, perawatan jok mobil perlu diperhatikan dan dilakukan secara berkala.

 

Tetapi, jangan sembarangan merawat jok mobil karena dapat membuatnya rusak atau mengelupas. Setiap bahan jok memiliki sifatnya masing-masing, sehingga cara merawatnya juga berbeda.

 

Rata-rata, pemilik mobil menggunakan bahan kulit, semi kulit, nilon, dan vinyl untuk melapisi jok mobil mereka. Keempat bahan tersebut harus dirawat dengan cara yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak cara perwatannya di bawah ini.

 

Jok mobil berbahan kulit

Kulit merupakan salah satu bahan terbaik yang dipakai untuk jok mobil. Biasanya, pemilik mobil menggunakan bahan kulit untuk memberi kesan elegan bagi interior mobil. Namun, perawatan jok kulit tidak bisa sembarangan dan lumayan rumit.

 

Pemilik mobil harus bisa memilih cairan pembersih yang cocok dengan bahan kulit tersebut. Umumnya, mereka menggunakan pembersih yang berbentuk pasta, karena bila menggunakan pembersih berbahan air dapat menyebabkan kulit menjadi cepat rusak dan timbul jamur.

 

Lalu, jangan menggunakan kain yang berbahan kasar saat mengelapnya karena dapat membuat bahan kulit mengelupas.

 

Jika ingin jok kulit lebih terjaga, Anda dapat memberikan leather coating sebagai perlindungan tambahan. Saat ini sudah banyak produk leather coating yang dijual di pasaran, namun kebanyakan untuk bahan kulit baru, bukan yang sudah dipakai untuk waktu yang lama.

 

Setelah itu, usahakan memarkirkan mobil di tempat yang tertutup atau tidak terkena sinar matahari langsung. Pengaruh sinar matahari beresiko membuat jok kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

 

Untuk waktu perawatannya, Anda cukup membersihkan jok kulit jika kondisinya kotor saja, karena kalau cukup sering dibersihkan beresiko membuat warna kulit kusam.

 

Jok mobil berbahan semi kulit

Tidak berbeda jauh dengan bahan kulit, jok mobil yang dilapisi dengan bahan semi kulit atau synthetic leather juga bisa menjadi keras dan mudah pecah-pecah jika terkena sorotan sinar matahari langsung. Jadi, jangan terlalu sering memarkir mobil di ruang terbuka.

 

Walaupun begitu, perawatan jok berbahan semi kulit tidak sesulit jok berbahan kulit. Anda cukup mengelapnya dengan kanebo atau kain basah berbahan lembut untuk membersihkannya.

 

Jika warnanya terlihat kusam, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus jok, atau sabun dengan PH rendah. Hal ini sangat berguna untuk menjaga warna dari jok semi kulit, karena seperti yang diketahui jok semi kulit memiliki warna yang lebih variatif.

 

Jok mobil berbahan nilon

Selanjutnya adalah jok mobil berbahan nilon yang dikenal memiliki keunggulan dari segi kekuatan dan harga yang murah. Tapi, bahan ini memiliki pori-pori yang cukup lebar sehingga memudahkan kotoran untuk masuk ke dalamnya. Oleh karena itu, pemilik mobil harus melakukan perawatan rutin, setidaknya 2 minggu sekali.

 

Apalagi jika terkena noda, jok berbahan nilon akan lebih cepat menyerapnya dibandingkan dua bahan di atas. Untuk itu, bila ada noda yang tumpah, segera keringkan dengan kain untuk menyerap noda tersebut.

 

Lalu, untuk mengangkat debu yang menyelip di pori-pori jok, lakukan pembersihan dengan menggunakan vakum. Caranya kurang lebih sama dengan membersihkan karpet mobil.

 

Jok mobil berbahan vinyl

Dari ketiga bahan jok mobil yang disebutkan di atas, bahan vinyl merupakan yang paling mudah untuk dibersihkan. Perawatannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan air sabun ke permukaan jok lalu bilas dengan kain basah yang lembut.

 

Hal tersebut sudah cukup untuk membuat jok mengkilap dan wangi. Tetapi, jok vinyl sangat mudah menyerap panas. Ini dapat mengurangi kenyamanan pengendara ketika harus beraktivitas di siang hari.

 

Untuk mengatasinya, lebih baik parkir mobil Anda di ruang tertutup yang tidak terkena banyak panas sinar matahari.

 

Dari cara merawat berbagai bahan jok di atas, bahan jok mana yang Anda pililh untuk melapisi jok mobil Anda?

 

Jangan sampai jok Anda kotor ya, karena akan banyak kuman yang menganggu dan membawa penyakit loh.