Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

By Arris Riehady - November 8, 2020

Punya fungsi penting menjaga visibilitas pengemudi, tapi tidak ada di semua mobil, lalu apa bisa pasang defogger sendiri?

pasang defogger

Merawat defogger

Bila mobil sudah dilengkapi fitur defogger, jangan lupa untuk selalu merawatnya agar tetap optimal saat digunakan. Cara paling mudah untuk merawat defogger adalah berhati-hati bila melakukan pemasangan atau penggantian kaca film.

Baca juga: Mudahnya Mengganti Wiper Mobil Sendiri di Rumah

Sebaiknya dilakukan oleh profesional, karena bukan tidak mungkin garis-garis defogger ikut tercabut ketika mengganti kaca film.

Lalu, saat menggunakan defogger, jangan terlalu cepat untuk menyalakan dan jangan terlambat untuk mematikannya.

Hidupkan defogger ketika sudah terdeteksi embun di kaca belakang, dan matikan saat embun sudah mulai berkurang.

Selain itu, defogger juga merupakan salah satu fitur yang cukup banyak menyedot arus listrik. Saat digunakan berlebihan, defogger akan memaksa aki untuk menyuplai tenaga ekstra. Apabila tidak terkontrol, aki mobil bisa lemah dan habis.

pasang defogger

Lalu, hati-hati terhadap soket atau konektor defogger, karena sangat berpeluang untuk tersenggol saat mengelap kaca.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Fitur Mobil yang Berguna di Musim Hujan

Walau dikenal jarang rusak saat tersenggol, namun peluangnya tetap ada. Untuk itu, jika tersenggol, lebih baik buka soket yang ada dan lihat kondisinya.

Perlu perawatan mobil? Tidak perlu repot dan ribet antre. Kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id.

Tidak hanya melakukan pengecekan dan perawatan, kamu juga bisa melakukan servis berkala, hingga ganti suku cadang mobilmu.

Jadi, gunakan layanan Home Service atau Booking Service Seva.id. Mobil akan selalu terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!