Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

By Arris Riehady - November 8, 2020

Punya fungsi penting menjaga visibilitas pengemudi, tapi tidak ada di semua mobil, lalu apa bisa pasang defogger sendiri?

pasang defogger

Garis-garis di kaca belakang yang terlihat seperti sticker berwarna kecokelatan, atau disebut dengan defogger ternyata punya fungsi yang penting untuk visibilitas pengemudi, terutama saat cuaca hujan.

Ada dua jenis defogger mobil, yaitu bagian depan dan belakang. Pada bagian depan, defogger akan bekerja dari kipas AC, yaitu dengan menghembuskan udara dari ventilasi di bagian dashboard, kemudian udara akan disinkronisasi dengan suhu AC.

Sedangkan defogger di kaca belakang berbentuk garis-garis melintang atau horizontal berwarna kecokelatan.

Baca juga: Tips Merawat Wiper Mobil, Jangan Tunggu Sampai Getas

Sayangnya tidak semua mobil memiliki fitur ini. Tapi apa bisa pasang defogger belakang sendiri?

pasang defogger

Cara kerja defogger

Sekilas, fitur defogger ini memang hanya terlihat seperti sticker, namun ternyata fungsinya cukup vital untuk menjaga pandangan pengemudi.

Cara kerja defogger mobil di kaca belakang mobil hampir sama dengan kompor listrik, yang mana menginduksi panas ke seluruh permukaan kaca.

Garis-garis melintang merupakan elemen panas yang dapat diaktifkan oleh pengemudi dengan hanya menekan tombol. Biasanya, tombol defogger selalu berada di dekat setir mobil, dengan logo seperti embun yang menguap.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

Ketika diguyur hujan saat berkendara, sering kali timbul embun pada kaca mobil, apalagi jika tidak menyalakan AC.

Hal ini tentunya akan mengganggu visibilitas pengemudi. Pada saat itu defogger akan bekerja, yaitu meminimalisir embun dengan memanaskan garis-garis melintang tadi.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!