Tips Menggunakan Charger Handphone di Mobil yang Aman

By Reka Harnis - November 19, 2020

Supaya tidak membahayakan pengmudi dan penumpang, menggunakan charger handphone di mobil ada aturannya. Yuk simak ulasannya berikut ini.

menggunakan charger handphone di mobil

Zaman sekarang, penggunaan telepon genggam atau handphone seakan tak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari.

Selain untuk berkomunikasi, saat ini telepon genggam hadir dengan beragam fungsi lainnya, mulai dari memesan makanan, mencari alamat, membayar tagihan, atau melakukan booking service untuk melakukan perawatan mobil.

Ragam fitur tersebut tentunya sangat membantu untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari, terutama jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi.

Tidak heran jika penggunaan handphone pun menjadi cukup sering hingga membuat baterai menjadi habis.

Baca juga: Melirik Teknologi Halogen, HID, dan LED pada Lampu Utama Mobil

Powerbank kerap dijadikan solusi untuk masalah tersebut. Namun, penggunaan powerbank seringkali dianggap tidak praktis.

Sebab, ukurannya yang relatif besar dan tebal serta bobotnya yang cukup berat untuk dibawa dalam aktivitas sehari-hari. Belum lagi kamu perlu mengisi dayanya sebelum memakainya, hal ini tentu akan menyita waktu.

Ketika berada di dalam mobil, pengendara maupun penumpang bisa menggunakan fitur pengisi daya. Biasanya, wujud charger gawai di mobil berupa soket lighter atau dermaga USB. 

Khusus untuk soket lighter, pengguna membutuhkan adaptor tambahan yang sesuai dengan soket tersebut agar dapat mengisi baterai handphone-nya.

Baca juga: Geber Gas Mobil Sebelum Mematikan Mesin, Apa Tujuannya?

Namun, menggunakan charger handphone di mobil tak bisa asal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mau mengisi daya ponsel di kabin mobil. Sebab, salah-salah justru bisa berakibat fatal pada kelistrikan mobil. 

Berita Terkait

Author