Astra dan Gojek Luncurkan Layanan Goride dengan Honda PCX Electric

By Arris Riehady - Juli 26, 2019

Astra dan Gojek meluncurkan layanan khusus GoRide yang ramah lingkungan dengan Honda PCX Electric. Seperti apa layanan tersebut nantinya?

Honda PCX Electric

Kolaborasi Astra dan Gojek kembali melahirkan konsep dan layanan baru. Kali ini keduanya mengusung dan mendorong gaya hidup ramah lingkungan (green lifestyle).

 

Sebagai pilot project, Astra dan Gojek meluncurkan layanan khusus GoRide motor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia melalui aplikasi Gojek.

 

Penggunaan kendaraan listrik ini dilakukan untuk mendukung ketersediaan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat, serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan melalui desain dan teknologi yang mutakhir.

 

“Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari kerja sama antara dua perusahaan nasional, yakni Astra dengan pengalaman di bidang otomotif, khususnya di segmen roda dua, dan Gojek yang merupakan platform teknologi on-demand terdepan di Indonesia,” kata Direktur PT Astra International Tbk, Paulus Bambang Widjanarko.

 

Ditambahkannya, inisiatif ini sejalan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan, yakni Astra Untuk Indonesia Hijau dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Honda PCX Electric

Lewat kerja sama itu PT Astra Honda Motor (AHM) akan menyediakan lima unit Honda PCX Electric untuk digunakan mitra driver Gojek untuk GoRide.

 

“Melalui kombinasi pengalaman di bidang otomotif dan kepemimpinan di bidang teknologi, Astra dan Gojek senantiasa berupaya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai inovasi untuk Indonesia,” kata Chief Operations Officers Gojek Hans Patuwo.

 

Hasil dari uji coba yang mengintegrasikan Honda PCX Electric ke dalam ekosistem Gojek, baik pengalaman mitra driver maupun penumpang, dan akan menjadi masukan untuk menjajaki kemungkinan pengembangan kerjasama ke skala yang lebih luas.

 

“Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta, mitra driver Gojek terpilih akan melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan oleh Astra.” ujar Hans.

 

Uji coba penggunaan motor listrik ini mendukung ketersediaan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat, serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan melalui desain dan teknologi yang mutakhir.

 

Selain itu, Honda PCX Electric yang diuji coba juga menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan.

GOFLEET

Paulus Bambang Widjanarko mengatakan pilot project ini ditujukan untuk mengkaji efektivitas motor EV sebagai alternatif layanan transportasi berbasis aplikasi. Hasil dari project ini akan digunakan Astra untuk penelitian dan pengembangan kendaraan jenis ini ke tahap berikutnya.

 

Sebagai informasi, sebelum kerja sama ini, Astra dan Gojek juga meluncurkan GOFLEET, penyelenggara layanan angkutan sewa khusus yang menyediakan solusi berkualitas bagi mitra driver jasa transportasi online pintu ke pintu di Indonesia, dalam bentuk penyediaan kendaraan, perawatan, layanan perbaikan, perlindungan asuransi, dan monetisasi kendaraan melalui pemasangan iklan.

 

Peluncuran ini dilakukan pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 atau GIIAS 2019 (18/7) melalui PT Solusi Mobilitas Bangsa, perusahaan (joint venture) antara Astra dan GOJEK.

 

Baca juga: ASTRA dan GOJEK Luncurkan GOFLEET di GIIAS 2019, Apa Keunggulannya?

Honda PCX Electric

Honda PCX Electric pertama kali dipamerkan di Indonesia oleh AHM bersamaan dengan gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada bulan November tahun lalu.

 

Motor listrik ini dikembangkan dari Honda PCX yang populer dengan desain elegan dan bermesin ramah lingkungan. Tenaga dari mesin bakar diganti dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih compact.

 

Dua unit baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 kilometer dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 kilometer per jam secara konstan).

 

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off – board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

AHM pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/penggantian baterai.

 

Untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda Care), dan service visit siap memberikan pelayanan maksimal.

 

Demi memberikan kenyamanan berkendara, selain dimensi sumbu roda yang lebih panjang, Honmda PCX Elektric juga menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, dipadukan dengan letak motor listrik yang optimal.

 

Hal ini berkontribusi terhadap rendahnya getaran yang dihasilkan dan pengendaraan yang halus. Demi keamanan, roda depan sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS).

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!