Apakah Mobil Terbakar Ditanggung Oleh Asuransi? Ini Penjelasannya

Mobil Via Vallen dibakar orang tidak dikenal. Tetapi, apakah mobil terbakar ditanggung oleh asuransi? Yuk simak penjelasannya.

mobil terbakar ditanggung asuransi

Sebuah video viral di media sosial menggambarkan sebuah mobil Toyota Alphard berwarna putih yang tengah dilalap api. Mobil mewah itu ternyata adalah milik pedangdut Via Vallen.

Setelah pengusutan melalui kamera Circuit Close Television (CCTV), mobil Via Vallen tersebut rupanya sengaja dibakar oleh seseorang.

Atas insiden tersebut timbul pertanyaan, apa mobil terbakar ditanggung asuransi? Via Vallen sendiri mengaku, polis asuransi mobilnya sudah habis sejak 16 Mei 2020 lalu.

Mobil, apalagi mobil mewah seperti Toyota Alphard milik Via Vallen kini wajib dilindungi asuransi untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, mulai dari baret kecil sampai kerusakan yang berat seperti bodi penyok dan kaca pecah, kebanjiran, kecelakaan, bahkan terbakar.

Tapi tidak semua jenis asuransi dapat melindungi mobil secara maksimal. Tergantung polis dan jenis asuransi yang dipilih oleh pemilik mobil.

Baca juga: Kenali Jenis dan Pentingnya Asuransi Mobil

Lantas bagaimana bisa mobil terbakar ditanggung asuransi? Ini penjelasannya.

Mobil terbakar ditanggung asuransi

Dalam rilisnya, Senior Vice President of Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto menjelaskan pada dasarnya risiko mobil terbakar ditanggung pihak asuransi.

Jika penyebab terbakar itu karena perbuatan jahat, maka ditanggung pihak asuransi. Hal itu tertuang dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.2 mengenai perbuatan jahat.

Dalam ketentuan polis, perbuatan jahat merupakan tindakan seseorang atau kelompok orang yang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena dendam, dengki, amarah, atau vandalistis.

Tapi kalau penyebabnya termasuk dalam huru-hara atau terorisme, maka itu di luar ketentuan polis dan tidak diganti asuransi. Namun, ditanggung atau tidaknya klaim asuransi harus dilihat dari hasil investigasi atas penyebab bagaimana mobil tersebut bisa terbakar.

Baca juga: Ternyata Mobil Rusak Akibat Demo Ditanggung Oleh Asuransi

“Jadi, dalam proses penggantian atau klaim itu pihak asuransi tidak serta merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebab,” kata Iwan.

Tidak ditanggung asuransi

Jika penyebab terbakarnya mobil tersebut dikarenakan tindak kejahatan yang lakukan oleh suami atau istri, anak, orang tua atau saudara terkandung tertanggung; orang yang bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung; orang yang tinggal bersama Tertanggung; pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum; orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung.

Jika tindak kejahatan terbukti dilakukan oleh salah satu oknum yang disebutkan di atas, tentunya pihak asuransi juga tidak dapat membantu untuk cover.

Baca juga: Begini Cara Urus Claim Asuransi Mobil, Ternyata Tidak Sulit

Terkait hal ini juga sudah tertuang pada Bab II Pasal 3 ayat 1.3 dan ayat 4.1 mengenai adanya beberapa pengecualian penggantian pada mobil terbakar yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi seperti Bab II Pasal 3 ayat 4.1 yang berbunyi: ”Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika: disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan/atau pengemudi dan/atau orang yang bekerja pada dan/atau orang suruhan Tertanggung.”

“Oleh karena itu, para pemegang polis diharapkan agar mengecek kembali polis yang dipegang, pastikan jenis perlindungan dan perluasan perlindungan yang diambil sudah sesuai dengan kebutuhan,” jelas Iwan.