Apa itu Layanan 5G dan Bagaimana Perbedaannya dengan 4G?

By Arris Riehady - Juni 14, 2021

Diklaim memiliki jaringan Internet yang jauh lebih cepat, lalu apa bedanya 4G dan layanan 5G sebagai generasi terbaru?

layanan 5G

Di Indonesia, jaringan layanan 5G resmi diluncurkan pada 27 Mei 2021 lalu. Telkomsel adalah operator pertama yang menyediakan layanan 5G di Indonesia.

Telkomsel telah mendapat Surat Keterangan Lain Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk menyediakan layanan tersebut.

Pada tahap pertama, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di sembilan kota.

Titik tersebut antara lain Telkomsel Smart Office (Jakarta) yang mendakup enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera), serta GraPARI Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Aplikasi SIM Online Korlantas Polri Sudah Bisa Digunakan

Sedangkan di kota lain mencakup GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung), dan Institut Teknologi Bandung.

Apa itu jaringan 5G?

Secara harafiah, 5G adalah kependekan dari Fifth Generation atau generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler, melebihi standar 4G.

Jaringan 5G menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

layanan 5G

Beda Jaringan 5G dan 4G

Dalam klaimnya, kecepatan internet 5G dapat mencapai 1 Gbps atau 1.000 Mbps serta menggunakan teknologi beamforming dan MIMO masif untuk mengirimkan sinyal nirkabel dengan gangguan yang lebih sedikit.

Baca juga: Alat dan Aplikasi untuk Touring Biar Komunikasi Lancar Terus

Bandingkan dengan jaringan 4G, yang kecepatan rata-ratanya sekitar 100 Mbps. Artinya, kecepatan 5G sepuluh kali dari 4G yang ada saat ini.

Bedanya 4G dan 5G yang lain adalah latensi dan ukuran bandwidth-nya.  Latensi pada 5G sangat berkurang, sehingga meningkatkan kecepatan unduh dan unggah lebih cepat.

Jaringan 5G juga memiliki ukuran bandwidth yang lebih besar (antara 30GHz dan 300 GHz), mendukung lebih banyak teknologi dan perangkat.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!