All-New BMW 320i Sport, Generasi Terbaru Sang Sedan Legenda

BMW Group Indonesia luncurkan kembali jajaran sedan legendanya. Nah, ini impresi pertama BMW Seri 3 varian All-New BMW 320i Sport dari Seva.id!

BMW 320i Sport

Hari ini, Senin 14 Oktober 2019, berlokasi di The Tribrata, Jakarta Selatan, BMW Group Indonesia kembali meluncurkan mobil terbarunya dalam jajaran sedan legendanya, BMW Seri 3 varian All-New BMW 320i Sport.

 

Sebelumnya, pada bulan Agustus lalu, dikenalkan di empat kota besar di Indonesia, All-New BMW 330i M Sport diluncurkan lebih dulu.

 

Baca juga: Review BMW Seri 3: Sang Legenda yang Makin Canggih, Mewah, dan Sporty

 

“Sebagai legenda, BMW Seri 3 wakili inti dari jajaran kendaraan brand ini dengan telah terjual lebih dari 15 juta unit di seluruh dunia dan menjadi detak jantung brand BMW,” kata Jodie O’tania, Director of Communications, BMW Group Indonesia.

BMW 320i Sport

Ketika BMW Seri 3 generasi pertama diluncurkan pada tahun 1975, mobil ini secara bersamaan menghidupkan sebuah segmen kendaraan baru, dengan konsep sedan sport, dan merupakan momentum bagi BMW Seri 3 untuk menjadi model paling sukses BMW – status yang dipertahankan hingga hari ini.

 

Hadir dengan desain dinamis, handling terbaik, efisiensi luar biasa, dan fitur inovatif, pertahankan karakteristik khas BMW Seri 3, bahkan diangkat ke level yang lebih tinggi.

 

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

 

Generasi ketujuh sedan sport ini sekali lagi hadirkan tolak ukur dalam hal berkendara dinamis, bahan kualitas premium dan inovasi – di segmen ukuran sedang.

 

Ini impresi pertama BMW Seri 3 varian All-New BMW 320i Sport dari Seva.id

BMW 320i Sport

Sporty dan dinamis

Impresi pertama BMW Seri 3 berangkat dari sisi eksterior. Meski tidak ada embel-embel M seperti saudaranya, eksterior All-New BMW 320i Sport tetap tampil sporty dan dinamis.

 

BMW kidney grille yang besar dan lampu-lampu depannya merupakan tema dominan di bagian ujung depan mobil. Perpecahan dua arah lampu tersebut yang familiar ditekankan oleh lekukan yang menarik di apron depan yang naik ke kontur lampu.

 

BMW Laserlight hadir sebagai standar pada All-New BMW 320i Sport. Sebelumnya teknologi ini sebelumnya hanya hadir di BMW Seri 7.

 

Baca juga: Impresi Pertama BMW Seri 7: Dirancang untuk Individu yang Progresif dan Berambisi

BMW 320i Sport

Sementara, baik lampu kabut depan yang sudah LED maupun Air Curtains terintegrasi ke dalam air intake, menggunakan desain NACA yang telah terbukti di dunia Motorsports.

 

Tampilan sisi dinamis diperkuat oleh sepasang garis karakter dan kontur side skirt yang dinamis. Tepi akhir dari grafik jendela samping – dengan isyarat desain Hofmeister kink – kini diintegrasikan ke dalam C-pillar.

 

Berpindah ke belakang, garis-garis horizontal dan lampu LED yang ramping dan bergaya memberikan soliditas pada All-New BMW 320i Sport  sehingga terlihat lebih lebar dan kekar.

 

Secara keseluruhan, dari tampilan samping All-New BMW 320i Sport semakin sempurna dengan roda yang menggunakan desain 18 inci light alloy wheels V-Spoke style 780, Bicolour Orbit Grey Burnished.

BMW 320i Sport

Bertenaga dan efisien

Sebelum menuju interior, Seva.id sempatkan melihat yang ada di bawah balik kap mesin All-New BMW 320i Sport.

 

All-New BMW 320i Sport tawarkan banyak teknologi baru, seperti mesin 2.0 liter, empat-silinder ini menghasilkan output maksimum 184 daya kuda, sementara torsi puncak adalah 300 Nm.

 

Baca juga: Lahir Kembali, Ini Impresi Pertama All New BMW Seri 8

 

Peningkatan output dan torsi tambahan dibandingkan dengan mesin pendahulunya adalah hasil dari optimalisasi system mesin BMW TwinPower Turbo terbaru yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection direct petrol injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft timing.

BMW 320i Sport

Sistem injeksi dengan presisi tinggi memastikan supply bahan bakar terbaik dan pembakaran yang bersih, pompa bahan bakar yang baru menghasilkan tekanan maksimum 350 bar, versi sebelumnya 200 bar.

 

Karakteristik lain dari mesin ini termasuk crankshaft yang lebih ringan yang mengurangi gesekan internal, manajemen pelepasan panas yang dioptimalkan dan sistem manajemen komputer mesin terbaru yang membuat seluruh proses dikalkulasi lebih cepat dan tepat.

 

Klaimnya, kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam dapat dicapai All-New BMW 320i Sport dalam 7,1 detik, hasil peningkatan efisiensi dengan konsumsi bahan bakar gabungan 15,9 kilometer per liter dan angka emisi CO2 144 g/km.

BMW 320i Sport

Mewah dan lapang

Sama seperti saudaranya, All-New BMW 320i Sport hadirkan bahasa desain baru BMW. Kesan lapang langsung terasa begitu Seva.id memasuki kabinnya, baik duduk di jok pengemudi mau pun jok penumpang belakang.

 

Mood di dalam kabin juga bisa diatur berdasarkan ambient light yang tersedia dalam warna hijau, oranye, merah, biru, putih, dan bronze.

 

Tombol start/stop engine kini terletak di panel kontrol yang baru dan berada di konsol tengah, di mana tuas perpindahan gigi atau tuas pemilih yang juga baru dirancang bergabung dengan iDrive Controller dan tombol-tombol untuk unit Driving Experience Control.

 

Baca juga: Ini Impresi Pertama All New BMW Z4, Bintangnya Jalanan

 

BMW Live Cockpit dipasang sebagai standar yang terdiri dari sistem operasi iDrive 7.0, dengan layar 8,8 inci yang bisa dioperasikan melalui voice command, gesture control, iDrive Controller, serta touch control pada layar. Lalu, instrument cluster panel hitam dengan layar warna 5,7 inci sebagai informasi berkendara.

BMW 320i Sport

BMW Live Cockpit Plus menambahkan fitur-fitur seperti Touch Controller, sistem navigasi, dua port USB untuk transfer data dan juga mengaktifkan sistem Apple CarPlay dengan kendali yang lebih menyatu dengan kendaraan.

 

Saat sistem Apple CarPlay telah terkoneksi, perangkat seluler dapat diletakkan pada wireless-charging pad yang terletak pada konsol tengah sehingga memudahkan penggunaan secara dua-arah.

 

Semua tombol serta pengaturan di mobil ini mudah digapai oleh pengemudi. Selain lingkar kemudi yang bisa diatur untuk tilt dan teleskopik, joknya juga dapat diatur secara elektris dengan hanya menekan tombol-tombol untuk sliding, ketinggian, dan reclining.

 

Panel AC sudah digital dan terdapat di tiga area (triple zone). Baik pengemudi maupun penumpang tidak perlu berebut AC lagi. Di depan baik suhu dan hembusan angin dapat diatur secara individu, sementara di belakang hanya suhu yang dapat diatur secara individu sesuai keinginan.

 

Bagian bagasi juga mendapatkan ruang yang lebih lega dibandingkan pendahulunya. BMW mengungkapkan ruang bagasi mencapai 480 liter. Bagasi bisa diperluas dengan tambahan 36 liter jika jok penumpang belakang dilipat.

BMW 320i Sport

Parkir otomatis

Menyambut trend kendaraan otonom, sistem bantuan inovatif yang disempurnakan untuk keselamatan pengendara turut disematkan dalam All-New BMW 320i Sport.

 

Park Distance Control dan kamera tampak belakang membantu pengemudi melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir.

 

Proses parkir yang lebih mudah juga hadir dengan adanya Park Assist, yang mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi dengan transmisi Steptronic saat masuk dan keluar slot parkir pararel dan lateral.

BMW 320i Sport

Baca juga: Review All New BMW X5: Si Bos yang Makin Gagah

 

Ada juga Reversing Assistant untuk keluar dari ruang parkir atau bermanuver di area sempit.

 

Sistem ini dapat memundurkan kendaraan hingga 50 meter dengan mengarahkannya di sepanjang garis yang sama persis yang dilalui saat bergerak maju.

BMW 320i Sport

Harga dan ketersediaan

All-New BMW 320i Sport akan tersedia dengan harga  Rp 849.000.000 off-the-road mulai hari ini.

 

Setiap All-New BMW 320i Sport dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

 

Baca juga: Impresi Pertama Mobil SAV BMW Termegah, BMW X7

BMW 320i Sport

Ban juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis.

 

Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 

Tertarik mengendarai dan memiliki All-New BMW 320i Sport? Anda bisa kunjungi dealer resmi BMW seperti BMW Astra Sunter, BMW Astra Cilandak, BMW Astra Pluit, BMW Astra Semarang, BMW Astra Surabaya, BMW Astra Bali, atau BMW Astra Makassar.