Agar Tidak Bingung, Pahami Dulu Istilah Ini dalam Asuransi

By Arris Riehady - April 25, 2019

Selain investasi, penting untuk Anda menyisihkan pendapatan untuk asuransi, baik kesehatan atau jiwa. Sayangnya, bagi yang awam, banyak istilah asuransi yang membingungkan. Yuk, mengenal istilah-istilah dalam asuransi!

istilah asuransi

Untuk masa depan, tidak hanya investasi, asuransi juga penting. Apalagi Anda yang berada di usia produktif, asuransi ini dinilai penting untuk melindungi masa tua.

 

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja sakit, sehingga Anda perlu dirawat. Karena tidak menyiapkan dana khusus kesehatan, biaya perawatan pun dikeluarkan dari tabungan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, hal seperti itu tak perlu terjadi karena biaya rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi.

 

Sementara asuransi jiwa tujuannya adalah untuk melindungi pengeluaran mendadak dan memberikan back up keuangan orang-orang terdekat Anda. Misalnya Anda sebagai kepala rumah tangga dan pencari nafkah tiba-tiba meninggal dunia. Nah, asuransi jiwa ini yang akan melindungi keuangan keluarga yang ditinggalkan.

istilah asuransi

Itu hanya segelintir manfaat mengapa pentingnya memiliki asuransi. Selain asuransi jiwa dan kesehatan, masih banyak lagi jenis-jenis asuransi, seperti asuransi pendidikan, asuransi mobil, atau asuransi properti.

 

Sebelum memiliki, banyak yang masih bingung tentang istilah asuransi yang biasa dijelaskan oleh agen.

 

Agen sendiri ialah istilah asuransi untuk karyawan perusahaan asuransi yang bertugas untuk memasarkan produk atau melayani calon nasabah mulai dari menyampaikan ketentuan polis sampai dengan isi perjanjian polis setelah menjadi pemegang polis.

 

Lalu apa itu polis? Yuk, mengenal istilah-istilah dalam asuransi yang dirangkum dari Cermati.com!

istilah asuransi

Polis

Polis merupakan istilah asuransi yang paling sering dipakai. Istilah ini berarti perjanjian atau surat kontrak yang dilakukan pihak pemegang polis (pengaju asuransi) dengan perusahaan asuransi.

 

Sedangkan ada lagi istilah polis asuransi yang artinya kesepakatan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi untuk melakukan kewajiban seperti yang sudah disetujui kedua belah pihak.

 

Pemegang polis

Orang yang terikat dengan perjanjian yang dibuat dengan perusahaan asuransi dan bertanggung jawab atas segala kewajibannya terhadap perusahaan asuransi.

 

Premi

Nominal pembayaran yang disetujui oleh pemegang polis dan perusahaan asuransi. Pembayaran premi akan dilaksanakan sesuai dengan perjanjian, bisa bulanan, tahunan, atau sesuai kesepakatan.

istilah asuransi

Klaim

Tuntutan yang diberikan pihak pemegang polis asuransi apabila terjadi risiko untuk mendapatkan hak dengan semestinya agar pihak asuransi membayarkan kondisi sesuai prosedur yang ada.

 

Risiko

Berbagai kemungkinan buruk yang dapat menimpa pemegang polis.

 

Uang pertanggungan

Jumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan asuransi kalau terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko yang dijamin dalam program asuransi.

 

Tertanggung

Orang yang kesehatan atau jiwanya ditanggung di dalam polis. Bisa pemegang polis itu sendiri atau orang lain yang ditunjuk. Sementara premi dibayarkan oleh pemegang polis.

 

Penanggung

Perusahaan Asuransi yang menyediakan perlindungan Asuransi melalui perjanjian dalam polis.

istilah asuransi

Ahli waris

Nama orang yang ditunjuk dan tercantum dalam polis untuk menerima uang pertanggungan apabila terjadi kematian pada pemegang polis.

 

Klausul

Pasal-pasal yang terdapat dalam perjanjian polis yang harus dipatuhi pemegang polis dan perusahaan asuransi.

 

Jaminan

Pernyataan yang dikeluarkan calon nasabah mengenai kondisi dari orang atau benda yang diasuransikan.

 

Pemulihan

Pengembalian status polis dari lapse untuk memulihkan manfaat atau jaminan perlindungan kembali.

 

Lapse

Premi yang tidak dibayarkan hingga melampaui masa tenggang bisa membuat polis batal (masa efektif polis berhenti).

istilah asuransi

Jaminan perlindungan

Salah satu jaminan yang diberikan perusahaan asuransi sehingga pemegang polis bisa membeli produk asuransi tambahan dengan tanpa perlu proses seleksi.

 

Secondary benefits

Manfaat lain yang didapatkan pemegang polis di luar dari manfaat pokok asuransi yang tertuang dalam polis.

 

Underwriter

Seseorang yang memiliki keahlian dalam menilai atau meninjau berbagai risiko pemegang polis sehingga menentukan calon nasabah berhak menerima asuransi atau tidak.

 

Ajudikasi

Tahapan penyelesaian sengketa untuk mengambil keputusan apakah klaim yang disampaikan pemegang polis harus diterima atau ditolak perusahaan asuransi.

 

Anuitas

Pembayaran yang dilakukan perusahaan asuransi secara berkala selama waktu tertentu.

istilah asuransi

Minor

Pemegang polis yang masih di bawah umur, yaitu di bawah 21 tahun dan belum menikah.

 

Tentu, masih banyak istilah asuransi lain yang bisa dibilang membingungkan ketika Anda mengisi aplikasi. Aplikasi merupakan formulir yang harus diisi oleh calon tertanggung dan calon pemegang polis ketika mengajukan perlindungan asuransi kepada penanggung.

 

Pokoknya, ketika agen memberikan istilah asuransi yang tidak Anda mengerti, sebaiknya langsung tanyakan arti dan manfaatnya!

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!