8 Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh

Hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil? Jangan lupa dek dulu delapan komponen berikut ini.

aturan bawa barang di mobil penumpang

Mobil selalu bisa menjadi andalan saat hendak melakukan perjalanan jauh, mengingat banyak kemudahan yang bisa dirasakan pengemudi maupun penumpang, mulai dari perhitungan waktu, biaya, hingga kenyamanan.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, mobil yang hendak dibawa mengaspal pun juga perlu dipastikan perfomanya agar tidak mengganggu kenyamanan.

Untuk itu perlu beberapa pengecekan sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Siapkan daftarmu, berikut 8 komponen mobil yang harus dicek dan diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh.

ganti oli sendiri

Oli

Supaya pelumasan mesin berjalan dengan sempurna selama melakukan perjalanan jauh dengan mobil, ada baiknya kamu menggantinya lebih dahulu.

Selama perjalanan jauh, kinerja mesin akan lebih keras, apalagi kamu jarang berhenti untuk sekedar mengistirahatkan diri dan mobil.

Selain oli mesin, periksa juga oli transmisi hingga oli gardan. Alangkah baiknya mengganti semua oli dengan yang baru, sesuai dengan kebutuhan dan waktu penggantian oli.

Baca juga: Sejenis Namun Tak Sama, Apa Bedanya Keyless dan Immobilizer?

mobil jarang dipakai

Akumulator (Aki)

Akumulator atau aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik dalam bentuk energi kimia).

Sebagai salah satu sumber utama kelistrikan mobil, tentu aki wajib dicek sebelum perjalanan jauh. Apabila melupakan untuk menjaga dan merawat aki maka masalah seperti korsleting listrik dipastikan akan terjadi ketika berkendara.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Ukuran Setir Mobil Berbeda-beda?

Jangan lupa mengganti aki mobil apabila kondisi sudah tidak layak atau sudah waktunya diganti.

Sistem penerangan dan lampu

Pernahkah terbayang di benakmu, berkendara di tengah kegelapan tanpa ada penerangan sama sekali dan berada di wilayah yang terpencil? Tak hanya kerepotan, kondisi ini juga akan membahayakan pengemudi dan penumpang.

Oleh karenanya, debelum berangkat periksa dulu kondisi lampu utama, lampu sein, lampu rem, dan lampu kabut. Periksa dengan detail untuk mengetahui apakah ada lampu yang sudah redup, atau bahkan harus segera diganti.

Baca juga: Bagaimana Aturan Mengangkut Barang Menggunakan Motor?

Ban

Komponen lain yang patut diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh ialah ban. Biasanya mobil selalu dibekali dengan ban cadangan agar tak kerepotan saat mendapati ban bocor atau meletus di tengah perjalanan.

Meskipun sudah membawa ban cadangan, ban yang sudah terpasang di mobil juga harus diperiksa kondisinya seperti telapak ban dan tekanan angin.

Selain hal tersebut, pahamilah ciri ban yang rusak, seperti timbul benjolan atau permukaan pecah-pecah yang disebabkan terlalu sering melewati atau parkir di area yang panas dan bebatuan.

Baca juga: Bagaimana Aturan Mengangkut Barang Menggunakan Motor?

Rem

Perangkat pada mobil yang paling vital adalah rem, sehingga diperlukan pengawasan ekstra pada kinerjanya. Sebagai komponen yang juga menunjang keselamatan berkendara, rem wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Untuk memastikan kondisi rem, kamu bisa melakukan percobaan atau test ride sebelum berangkat.

Baca juga: Bagaimana Regulasi Mobil Double Cabin di Indonesia?

Selain itu, kapsitas minyak rem juga harus diperhatikan. Lalu ada juga kampas rem, apabila menipis, kinerja rem menjadi kurang optimal dan akan membahayakan .

filter udara

Filter

Selain bagian-bagian di atas kondisi saringan atau filter pada mobil juga harus diperiksa mulai dari filter oli, filter udara, filter bensin bahkan termasuk filter AC agar perjalanan tetap nyaman dan aman.

Peran filter pada mobil tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang berusaha masuk ke dalam mesin atau kabin.

Filter oli harus diganti secara berkala karena fungsinya yang sangat penting untuk menyaring kotoran pada oli.

Kemudian melakukan pengecekan pada filter AC wajib dilakukan agar dapat menyaring udara kotor dari luar secara maksimal, sehingga kualitas udara yang dihembuskan di dalam kabin tetap bersih dan sejuk.

Baca juga: Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok IMI

Wiper

Jangan sepelekan kondisi wiper pada kaca mobil, sebab fitur ini sangat penting untuk membersihkan kaca dari air hujan maupun kotoran dan debu yang menempel guna menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara.

Salah satu yang membuat kondisi wiper menjadi getas pada bagian karet adalah pergantian musim dari panas ke hujan.

Bila kondisi karet wiper sudah mengeras, bisa merusak kaca depan yang akibatnya mengganggu visibilitas, bahkan timbul baret yang merusak kaca mobil. Agar perjalanan kamu tetap aman dan nyaman, segera ganti wiper, agar saat hujan visibilitas tetap terjaga.

Jangan lupa cek juga air washer (pembersih) yang membantu wiper untuk membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Kotoran yang menempel pun bisa hilang dengan mudah berkat bantuan washer.

Baca juga: Duplikat Remote Mobil Bisa Dilakukan, Mitos atau Fakta?

menguras radiator

Cairan radiator

Peran cairan radiator sangat vital terhadap sistem pendingin mesin yang berfungsi sebagai temperatur agar mesin tetap stabil, terlebih saat perjalanan jauh.

Pastikan pada tangki air radiator dan resevoir di ruang mesin tidak kurang dari batas maksimal. Bila kurang, tambahkan hingga batas maksimal.

Nah, itu dia komponen-komponen yang perlu kamu periksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Kalau tidak mau ribet, yuk bawa mobil kamu ke bengkel terpercaya agar ditangani oleh ahlinya.

Tak ada waktu? Tenang aja, ada layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id yang siap bantu kamu!