8 Komponen Mobil yang Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh

By Reka Harnis - December 8, 2020

Hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil? Jangan lupa dek dulu delapan komponen berikut ini.

aturan bawa barang di mobil penumpang

Mobil selalu bisa menjadi andalan saat hendak melakukan perjalanan jauh, mengingat banyak kemudahan yang bisa dirasakan pengemudi maupun penumpang, mulai dari perhitungan waktu, biaya, hingga kenyamanan.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, mobil yang hendak dibawa mengaspal pun juga perlu dipastikan perfomanya agar tidak mengganggu kenyamanan.

Untuk itu perlu beberapa pengecekan sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Siapkan daftarmu, berikut 8 komponen mobil yang harus dicek dan diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh.

ganti oli sendiri

Oli

Supaya pelumasan mesin berjalan dengan sempurna selama melakukan perjalanan jauh dengan mobil, ada baiknya kamu menggantinya lebih dahulu.

Selama perjalanan jauh, kinerja mesin akan lebih keras, apalagi kamu jarang berhenti untuk sekedar mengistirahatkan diri dan mobil.

Selain oli mesin, periksa juga oli transmisi hingga oli gardan. Alangkah baiknya mengganti semua oli dengan yang baru, sesuai dengan kebutuhan dan waktu penggantian oli.

Baca juga: Sejenis Namun Tak Sama, Apa Bedanya Keyless dan Immobilizer?

mobil jarang dipakai

Akumulator (Aki)

Akumulator atau aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik dalam bentuk energi kimia).

Sebagai salah satu sumber utama kelistrikan mobil, tentu aki wajib dicek sebelum perjalanan jauh. Apabila melupakan untuk menjaga dan merawat aki maka masalah seperti korsleting listrik dipastikan akan terjadi ketika berkendara.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Ukuran Setir Mobil Berbeda-beda?

Jangan lupa mengganti aki mobil apabila kondisi sudah tidak layak atau sudah waktunya diganti.

Berita Terkait

Author