6 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum ke Pameran Otomotif

Bila mobil sudah menjadi kebutuhan yang harus segera terpenuhi, tidak ada salahnya jika Anda mendatangi pameran otomotif sebagai langkah awal untuk mencari informasi.

 

Saat pameran otomotif, dengan leluasa Anda juga bisa melakukan pengecekan dan perbandingan harga. Siapa tahu, dengan menggali informasi, Anda akhirnya ditawari promo yang menggiurkan.

 

Pameran otomotif sendiri adalah strategi para agen pemegang merek (APM) ntuk mengenalkan dan mendekatkan produknya ke konsumen. Dengan begitu, masyarakat lebih tahu banyak produk otomotif, di sisi produsen akan meningkat penjualannya.

 

Meski datang ke pameran otomotif dengan persiapan matang dan sudah membawa uang, sebaiknya Anda jangan tergesa-gesa menggelontorkannya untuk beli mobil.

 

Simak tips persiapan untuk datang ke pameran otomotif berikut yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli mobil.

 

1. Sesuaikan kebutuhan

Sebelum datang ke pameran otomotif, sepatutnya Anda telah memiliki incaran yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam membeli mobil.

 

Dalam menentukan mobil incaran ini, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli mobil dengan spesifikasi dan fitur yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

 

beli mobil bekas berkualitas2. Kuatkan hati

Jika Anda sudah memiliki mobil incaran dan menetapkan pilihan, ada baiknya bekali diri dengan informasi dasar seperti spesifikasi dan fitur yang terdapat di dalam mobil.

 

Tak ada salahnya berkeliling booth APM untuk mencari informasi mobil lainnya. Namun kuatkan hati jangan sampai niat membeli mobil incaran teralihkan ke mobil lain karena iming-iming diskon, uang muka murah, cicilan ringan, atau prioritas mendapat unit lebih cepat.

 

3. Rencana B

Kemudian, apabila sampai tergoda dengan mobil lain, sebagai rencana B, Anda pastikan di arena pameran otomotif tersebut APM menyediakan test drive.

 

Sama seperti membeli barang lainnya, membeli mobil juga butuh persiapan dan pertimbangan agar nantinya tidak membuat hati kecewa dan tidak akan nyaman saat mengemudikannya.

 

Jadi tak ada salahnya Anda melakukan test drive sebelum APM menerbitkan SPK pembelian mobil.

 

pameran mobil4. Pikirkan pembayaran

Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah metode pembayaran untuk membeli mobil. Jangan sampai Anda membeli mobil yang harganya di luar kemampuan bayar yang dimiliki.

 

Untuk pembayaran kredit, dianjurkan bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai segala aturan dan ketentuan yang ditetapkan di dalam pembelian tersebut.

 

5. Harga jual

Harga jual kembali mobil juga perlu Anda persiapkan dan pertimbangkan saat akan membeli mobil. Usahakan membeli mobil yang harga jual kondisi bekasnya masih cukup tinggi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari.

 

6. Pameran otomotif yang tepat

Dalam pameran otomotif berskala besar seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), dan Astra Autofest biasanya ada diskon, uang muka murah, cicilan ringan, atau prioritas mendapat unit lebih cepat.

 

Selain itu, APM juga kerap mengenalkan facelift produknya atau meluncurkan mobil terbarunya di kedua pameran otomotif tersebut.

 

hadiah valentineJadi tak ada salahnya jika Anda lebih sabar dan matangkan persiapan sebelum membeli mobil.