6 Faktor yang Menyebabkan Ban Pecah Secara Tiba-tiba

By Reka Harnis - Februari 11, 2021

Ban pecah secara tiba-tiba bisa saja terjadi saat melakukan perjalanan. Agar tidak panik, yuk pahami faktor penyebabnya berikut ini.

ban pecah

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika berkendara ialah ban pecah tiba-tiba. Bahkan tak jarang kasus ban pecah menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Tidak hanya kecelakaan tunggal, masalah pecah ban juga berpotensi membahayakan pengendara lain dan berujung kecelakaan beruntun.

Jangan khawatir, permasalahan tersebut sebenarnya bisa dihindari.

Untuk itu, sebelum berkendara, yuk pahami 6 faktor yang menjadi penyebab ban pecah berikut ini.

Tekanan angin ban kurang

Beberapa orang beranggapan bahwa ban akan meledak ketika tekanan anginnya berlebih, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebab, saat tekanan angin ban berlebih, dinding ban akan berada pada posisi tegang. Meski ada penambahan tekanan hingga 10 psi, namun potensi ban pecah masih kecil.

Sebaliknya, bila ban kekurangan tekanan angin, bisa menyebabkan ban pecah terlebih ketika melaju di jalan bebas hambatan.

Baca juga: Ukuran Ban Bisa Mempengaruhi Kecepatan, Mitos atau Fakta?

Pasalnya, ban yang kurang tekanan angin tidak sebanding dengan bobot yang dipikulnya dan otomatis menambah tekanan ke bawah.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, lebih baik sesuaikan tekananan angin ban dengan rekomendasi pabrikan sebelum berkendara.

Berita Terkait

Author