5 Destinasi Touring yang Populer Dekat dari Jakarta

By Arris Riehady - September 28, 2017

Touring motorcycle

Selain menjadi alat transportasi populer di perkotaan, motor juga menjadi pilihan untuk menempuh perjalanan jauh atau touring.

Touring dinilai lebih bersensasi, apalagi jika dilakukan bersama teman atau komunitas. Dengan touring ada pengalaman yang dapat dipetik oleh biker, seperti bisa menikmati keindahan alam, merasakan udara dan angin malam dari setiap tempat yang dilewati, selain ada solidaritas dan kebersamaan yang erat.

Jika Anda berniat touring di akhir pekan, berikut rekomendasi 5 destinasi tujuan touring terpopuler dari Seva.id.

Gunung Merapi

Sleman
Sebelum menuju Sleman, biasanya dari Jakarta, biker akan bermalam terlebih dahulu di Yogyakarta. Durasi normal untuk menuju Yogyakarta adalah sekitar 13 jam dengan motor. Sedangkan dari Yogyakarta ke Sleman durasi perjalanannya sekitar dua jam.

Setelah menempuh menginap di Yogyakarta, saat subuh biker baru melanjutkan perjalanan ke Gunung Merapi yang berlokasi di Kaliurang. Kaki gunung ini merupakan spot favorit untuk menikmati keindahan matahari terbit dan kemegahan gunung yang dijadikan sumber kekuatan spiritual oleh masyarakat setempat.

Hanya saja, perjalanan menuju ke sana jalannya sempit dan curam menyulitkan, sehingga biker harus waspada dan hati-hati.

Pantai Pangandaran

Ciamis
Wilayahnya meliputi deretan pegunungan, dataran tinggi, serta teluk dan pantai, sehingga tak heran bila Ciamis menjadi salah satu primadona wisata di Jawa Barat. Dari Jakarta, Ciamis dapat diakses dengan motor dengan waktu 8-10 jam. Pantai yang wajib dikunjungi saat touring ke daerah ini meliputi Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, dan Pantai Batu Hiu.

Sedangkan bagi yang gemar keindahan alam, dapat mampir ke Green Canyon yang berada tak jauh dari Pantai Batu Karas. Green Canyon bisa dicapai dengan mengarungi Sungai Cijulang menggunakan perahu kayu. Di sepanjang perjalanan, perahu akan melewati sungai berwarna hijau dan pemandangan yang indah.

Ciwidey
Memiliki banyak pesona alam, objek wisata paling terkenalnya adalah Kawah Putih, yang di sepanjang rute menuju ke sini banyak ditemukan kebun-kebun stoberi. Selain itu, biker juga dapat bermalam di Ranca Upas yang Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patenggang.

Bila tak memiliki tenda sendiri, di sini tersedia penyewaan tenda seharga Rp 200.000. Fasilitas yang ditawarkan meliputi kolam renang air panas – lengkap dengan papan luncurnya, sepeda gunung, permainan paint ball, flying fox, bungee jumping, trampolin, ATV, dan tempat penangkaran rusa. Dari Jakarta, Ciwidey dapat ditempuh dengan motor selama 8-9 jam saja.

Bandung City

Bandung
Selain sudah dikenal sebagai destinasi wisata yang paling populer, alasan lain untuk touring ke kota yang ditempuh dengan lima jam naik motor dari Jakarta ini adalah menghadiri International Bandung Bike Week. Ajang kumpul biker berskala internasional ini digelar tiap dua tahun sekali.

Pada 29-30 September 2017, International Bandung Bike Week digelar di Click Square, Jl. Naripan No. 89 dengan mengusung tema Ride for the Culture dan akan menyuguhkan berbagai macam kesenian serta kebudayaan khas Jawa Barat.

Selain itu biker juga dapat berkunjung ke Tebing Keraton. Saat terbaiknya adalah sebelum pukul 07:00 untuk melihat kabut menutupi lembah dan menyusup di sela-sela pepohonan. Ketika matahari semakin tinggi, sinarnya akan menembus kabut dengan dramatis.

Pantai Bagedur

Banten
Provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini memiliki potensi wisata yang luar biasa, termasuk deretan pantainya. Salah satu pantainya adalah Pantai Bagedur yang dapat ditempuh dengan 5-6 jam berkendara motor. Pantainya landai dan berpasir solid sehingga kendaraan motor bisa dipacu tanpa terjebak pasir.

Suasananya pun lebih sepi ketimbang Pantai Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung karena tidak terdapat penyewaan permainan air, sehingga lebih tenang dan santai. Di kawasan ini juga terdapat minimal 30 warung sederhana untuk mengudap makanan ringan.

Yang terpenting sebelum touring adalah memastikan kendaraan dalam performa terbaik. Tak hanya itu, biker juga harus tetap berhati-hati dan tetap menaati peraturan berlalu lintas. Jadi destinasi mana yang akan biker kunjungi?

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!