Search Cars

Tips & Rekomendasi

Waspada! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Cat Mobil Kamu

Merawat tampilan luar mobil adalah salah satu aspek penting dalam mempertahankan nilai dan keindahan kendaraan. Sayangnya, seringkali kita tanpa sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak cat mobil. Artikel ini akan membahas beberapa kebiasaan yang dapat membuat cat mobilmu rusak.

cat mobil rusak

1. Parkir di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari memiliki radiasi ultraviolet (UV) yang dapat merusak cat mobilmu. Parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung secara terus-menerus dapat menyebabkan warna cat memudar dan permukaan cat menjadi kusam. Cobalah untuk mencari tempat parkir yang teduh atau gunakan penutup mobil khusus untuk melindungi cat dari paparan sinar UV.

2. Tidak Segera Membersihkan Noda atau Kotoran pada Cat

Ketika ada noda atau kotoran pada cat mobil kamu, segera bersihkan. Noda dari burung, resin pohon, atau tumpahan cairan lainnya dapat merusak cat jika dibiarkan terlalu lama. Gunakan cairan pembersih yang aman untuk cat mobil dan lap bersih secara perlahan agar tidak merusak lapisan cat.

3. Menggunakan Produk Pembersih yang Tidak Sesuai

Pilihlah produk pembersih yang aman dan sesuai untuk cat mobil. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam produk pembersih tidak cocok untuk semua jenis cat. Bacalah petunjuk penggunaan dengan teliti dan pastikan produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang dapat merusak cat.

Baca juga: 5 Cairan yang Bisa Merusak Cat Mobil, Termasuk Disinfektan?

4. Mencuci Mobil dengan Sikat Kasar atau Lap Kotor

Proses mencuci mobil sebaiknya dilakukan dengan lembut. Menggunakan sikat kasar atau lap kotor dapat menyebabkan goresan pada cat. Pilihlah spons atau kain mikrofiber yang lembut untuk membersihkan mobilmu. Gunakan gerakan melingkar dan hindari menggosok terlalu keras.

5. Tidak Melakukan Waxing secara Rutin

Waxing adalah langkah penting dalam perawatan cat mobil. Melakukan waxing secara rutin dapat melindungi cat dari pengaruh buruk cuaca, debu, dan kotoran. Waxing juga memberikan lapisan pelindung yang membuat air hujan mudah mengalir, sehingga mencegah terbentuknya noda air.

Baca juga: Warna Cat Mobil yang Paling Mudah Dilakukan Perawatannya

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, kamu dapat mempertahankan keindahan cat mobilmu dalam jangka waktu yang lebih lama. Ingatlah bahwa perawatan cat mobil tidak hanya untuk aspek estetika, tetapi juga untuk melindungi investasi kendaraanmu. Perlu kamu tahu, bahwa kerusakan cat mobil karena kelalaian tidak dapat diganti dengan asuransi mobil kamu, jadi pastikan untuk menjaga cat mobil kamu ya. Dengan perhatian ekstra, cat mobil kamu akan tetap terlihat mengkilap dan terawat.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.