Ukuran Ban Bisa Mempengaruhi Kecepatan, Mitos atau Fakta?

Beberapa orang beranggapan kalau ukuran ban dapat mempengaruhi laju mobil. Benarkah begitu?

Ban merupakan salah satu bagian paling vital dari sebuah mobil. Walaupun tampak sederhana, ban dapat diibaratkan sebagai alas kaki sebuah kendaraan.

Komponen ini memiliki juga banyak berpengaruh terhadap performa. Tidak heran jika ban juga merupakan bagian yang paling sering mendapatkan ubahan.

Mulai dari menggantinya dengan model yang baru, hingga mengubah diameternya menjadi lebih besar atau lebih kecil.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Oleh karenanya, pemilihan ban bukan hanya untuk style semata. Berbagai petimbangan tentunya perlu dilakukan pemilik kendaraan saat melakukan penggantian ban, seperti mempertimbangkan konsep modifikasi, keadaan jalan yang akan sering dilintasi, tipe serta ukurannya, dan lain-lain.

Berbicara soal ukuran ban, banyak yang beranggapan kalau melakukan ubahan pada diameter ban juga akan berpengaruh pada kecepatan mobil. 

Hal tersebut ternyata bukan sekedar mitos, terutama saat mobil dibawa melintasi jalan yang tidak terlalu panjang. Selain itu, tarikannya dinilai akan lebih responsif.

Lalu, ukuran ban juga mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Misalnya, ban yang semula memiliki diameter 14 inchi diubah menjadi 15 inci, tentunya juga akan berpengaruh pada kecepatan kendaraan.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

cara memilih ban mobil

Pemilihan ukuran ban dapat mempengaruhi kemampuan kendaraan saat melintasi jalan yang menanjak. Ukuran ban yang lebih kecil juga cenderung lebih kuat untuk digunakan di jalan menanjak dibandingkan ban dengan ukuran diameter yang lebih besar.

Sebagai contoh, ada dua buah mobil dengan mesin yang sama, namun satu diantaranya memiliki ban dengan ukuran ban 14 inci, kemudian satu yang lainnya memiliki ukuran ban 15 inci. 

Maka mobil dengan ukuran ban 14 inci akan lebih kuat digunakan di jalan tanjakan dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini karena tarikannya juga akan lebih enteng.

Selain ukuran ban, berikut beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan pemilik kendaraan saat melakukan penggantian ban.

Lebar dan Pola Tapak Ban

Pemilik mobil sangat disarankan untuk memperhatikan lebar dari ban yang akan dibeli. Biasanya, traksi ban semakin tinggi jika ukuran ban semakin lebar.

Selain itu, pemilik juga perlu memperhatikan pola tapak ban ketika akan membelinya. Pastikan pola tapak ban sesuai dengan daerah tempat tinggal.

Jika tinggal di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi, pemilik mobil sangat disarankan untuk memilih pola tapak ban berbentuk V, sebab ban dengan pola tapak V baik untuk menghalau air ketika melaju di jalan yang basah atau tergenang.

Baca juga: Channel Youtube Modifikasi Mobil untuk Jadi Inspirasi Kamu

Ketebalan Ban

Mengecek ketebalan ban juga tak kalah penting dilakukan agar perjalanan tetap terasa nyaman meski harus melintasi jalan yang rusak. Perusahaan ban umumnya sudah menetapkan standar khusus untuk ketebalan tiap ban yang diproduksi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko berbahaya bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Baca juga: Child Seat, Aksesoris Wajib di Mobil Saat Membawa Balita

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Apabila mobil merupakan alat transportasi yang dipakai untuk sehari-hari, lebih baik pilih tipe dan jenis ban yang usianya sama agar berkendara terasa nyaman.

Namun, jika kebutuhannya untuk melintasi jalanan yang basah akibat curah hujan yang tinggi, berarti kebutuhan pola kembangan tapak ban punya peran paling penting.

Baca juga: Tips Aman Beristirahat di Mobil Saat Road Trip

Pada dasarnya, jika menginginkan ban dengan performa yang seimbang, lebih baik memilih ukuran ban yang telah direkomendasikan oleh pabrikan. Namun, semua bergantung dengan jenis ban yang dipilih.

Pemilik bisa mengecek ukuran ban yang tepat untuk mobil pada plakat yang terdapat di pintu, laci dashboard atau di belakang tutup tangki untuk mengisi bahan bakar.

Menjaga performa mobil tak cukup dari kualitas ban saja. Pastikan kamu selalu melakukan perawatan berkala pada mobilmu, ya. Untuk menghemat waktu, kamu bisa menggunakan fitur Booking Service atau Home Service dari Seva.id