Tradisi Unik untuk Menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia

By Reka Harnis - Agustus 12, 2020

Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia menciptakan beragam tradisi unik untuk menyambut tahun baru Islam. Yuk simak ulasannya berikut ini.

tahun baru islam

Dalam hitungan hari, umat muslim akan menyambut tahun baru Hijriyah 1442. Perayaan ini juga biasa disebut dengan tahun baru Islam, dimana dalam hitungan penanggalan Hijriyah, tepat 20 Agustus nanti akan memasuki 1 Muharram 1442 Hijriyah.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang istimewa bagi umat islam. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat At Taubah:36, bulan Muharam merupakan satu di antara empat bulan yang dimuliakan.

Baca juga: Tanggal Merah yang Pas untuk Cuti dan Liburan di 2020

Nah, di Indonesia, ada berbagai cara dan tradisi unik untuk menyambut tahun baru Islam.

Berikut  tradisi unik untuk menyambut tahun baru Islam di Indonesia.

Ritual 1 Suro 

Ritual 1 Suro di Traji, Parakan ini berlangsung dalam adat Jawa. Biasanya, warga akan berjalan ke Kantor Balai Desa Traji menuju sendang sambil membawa gunungan yang berisi sesaji dan hasil bumi. Setelah dibacakan doa-doa, warga akan memperebutkan gunungan tersebut.

Kirab Kebo Bule

Tradisi unik untuk menyambut tahun baru Hijriyah ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh warga Surakarta. Dalam pelaksanaannya, beberapa ekor kebo bule (kerbau berwarna putih) akan diarak keliling kota.

Kerbau bule yang digunakan dalam tradisi ini dipercayai merupakan turunan kebo bule Kyai Slamet yang dianggap keramat.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun, Siapkan 7 Hal Ini Dulu Supaya Lebih Seru

Dalam tradisi arak-arakan ini, kerbau-kerbau tersebut berperan sebagai Cucuking Lampah (pemandu kirab), diikuti oleh para keluarga keraton yang membawa pusaka, kemudian barisan warga Surakarta mengikuti arak-arakan di belakangnya.

Uniknya, warga akan berlomba-lomba menyentuh badan kebo bule dan berebut untuk mendapatkan kotorannya yang dipercaya dapat membawa berkah.

Berita Terkait

Author