Tempat di Indonesia yang Mirip Lokasi Syuting Drama Korea

Hallyu atau Korean Wave semakin hari semakin bertambah. Belum bisa ke Korea? Santai, ada nih tempat di Indonesia yang mirip lokasi syuting drama Korea.

lokasi syuting drama Korea

Seperti yang dilansir dari The Korea Times, data dari tahun 2018 menunjukkan bahwa jumlah penggemar kebudayaan Korea di seluruh dunia meningkat 22 persen menjadi 89,19 juta, dari semula 73,12 juta penggemar pada tahun 2017.

 

Tentu saja hal ini memberikan pengaruh terhadap meningkatnya peminat pariwisata Negeri Ginseng ini. Terbukti dari catatan Korea Tourism Organization (KTO), di mana jumlah wisatawan Indonesia ke Korea naik 12 persen per Juli 2018 dibanding tahun sebelumnya.

 

Namun, tahukah kamu kalau Indonesia juga punya tempat-tempat dengan nuansa Korea Selatan yang keren.  Jadi, sembari menabung untuk bisa liburan ke sana, kamu bisa coba jalan-jalan dulu ke tempat yang mirip lokasi syuting drama Korea di Indonesia.

 

Baca juga: Jalan-Jalan Romantis Di Bandung ala Drama Korea ‘What’s Wrong With Secretary Kim’

 

Di tempat-tempat berikut ini, kamu dapat mengambil foto layaknya sedang berada di Negeri Gingseng. Di mana saja?

 

Baca selanjutnya.

lokasi syuting drama Korea

Hutan Pinus Imogiri, Yogyakarta
Ingat salah satu scene di drama Korea Winter Sonata dengan latar hutan yang diselimuti salju?

 

Kamu bisa menemukan suasana serupa di Hutan Pinus Imogiri, Yogyakarta, lho. Hutan pinus ini tak kalah indahnya dengan yang ada di drama Korea, terutama ketika kabut membalut hutan ini.

 

Baca juga: 5 Kafe di Jakarta yang Sering Jadi Tempat Nongkrong Kpopers

 

Destinasi yang mirio lokasi syuting drama Korea ini cocok untuk kamu yang ingin “kabur” sejenak dari kepenatan kehidupan kota besar. Setiap sudut dari hutan ini juga masih asri dan sangat cantik dan tentunya juga Intagrammable!

https://www.instagram.com/p/BtxWJDwFGnw/

Dae Jang Geum, Yogyakarta

Masih berlokasi di Yogyakarta, restoran ini menghadirkan suasana yang Korea banget. Dekorasi interiornya mengambil latar rumah tradisional Korea.

 

Restoran ini mengambil nama Dae Jang Geum, yakni nama yang sama dengan tokoh koki istana kerajaan yang terkenal di Korea. Di sini kamu bisa menikmati hidangan khas Korea seperti bulgogi, kimchi, hingga jajangmyeon.

 

Baca juga: Rekomendasi Lagu BTS untuk Menemani Anda Berkendara

 

Tak hanya itu, Dae Jang Geum juga menyediakan penyewaan Hanbok atau pakaian tradisional Korea, sehingga kamu bisa berfoto-foto dengan latar dan outfit yang Korea banget

 

Baca selanjutnya.

https://www.instagram.com/p/B4EcrUOJgqL/

Little Seoul, Bandung

Tempat ala Korea yang ketiga berada di Bandung, nih.

 

Memanfaatkan minat masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea Selatan apalagi maraknya K-Wave di Indonesia, mantan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka wisata Little Seoul yang terletak di Jalan Sawunggaling.

 

Di Little Seoul, kamu dapat menjelajahi jalanan ala Korea yaitu Dongdaemun Street, MRT khas Korea juga ada di sini, hingga pohon gembok cinta ala Namsan Tower.

 

Baca juga: Koleksi Mobil Mewah K-POP, Mana yang Paling Keren?

 

Tersedia juga kedai pinggir jalan alias street food ala Korea hingga mesin penjual minuman otomatis yang menjual susu pisang yang sering dijumpai di drama-drama Korea.

https://www.instagram.com/p/BgnPfynn1eN/

Jatim Park 3, Batu

Kamu penggemar drama Princess Hours? Kini kamu bisa berfoto dengan latar ala-ala istana Gyeonghuigung di Jatim Park 3.

 

Di theme park dengan luas sekitar 2,3 hektar ini, kamu akan menemukan daerah yang diberi nama The Legend Star.

 

Di The Legend Star kamu bisa menemukan replika lokasi dari berbagai belahan dunia, mulai dari Jepang, China, Eropa, hingga Korea Selatan. Untuk bagian Korea Selatan, kamu bisa menemukan Istana Gyeongbok.

 

Baca juga: Mengenal Mobil Personel BlackPink di Video Klip

 

Di sini kamu juga bisa menyewa Hanbok untuk berfoto ria di area istana, biar makin terasa Korea banget.

 

Baca selanjutnya.

https://www.instagram.com/p/B4eA2AnhaMO/

The Lost World Castle, Yogyakarta

Buat kamu penggemar drama Jewel In The Palace, pasti sudah tak familiar dengan benteng Suwon Hwaseong. Tak perlu jauh-jauh ke Korea, kamu juga bisa menikmati suasana yang sama dengan Benteng Suwon Hwaseong di The Lost World Castle.

 

The Lost World Castle berlokasi di lereng Gunung Merapi sehingga di sini kamu juga akan disajikan pemandangan suasana pegunungan yang dingin dan menenangkan.

 

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Favorit Gen Z di Dalam Negeri

 

Meski ditujukan sebagai kastil namun ternyata dari luar bangunannya tampak mirip dengan Suwon Hwaseong. Terdapat pula pohon sakura pada bagian depan, sehingga semakin membuatnya tampak seperti di Korea sungguhan.

lokasi syuting drama Korea

Malino Highlands, Makassar

Siapa sih yang tak tahu Goblin? Drama yang dibintangi oleh Gong Yoo ini sempat membuat heboh para penggemar K-Drama.

 

Nah, kalau kamu salah satu penggemar drama ini, pasti ingat scene di mana sang tokoh utama sering menghabiskan waktunya sendiri? Tempat tersebut berlokasi di sebuah ladang bernama Borinara Hagwon Farm  yang dipenuhi bunga buckwheat memenuhi ladang ini.

 

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Dalam Kabin Mobil

 

Ladang bunga buckwheat yang berwarna putih tersebut bisa juga kamu temui di Makassar, tepatnya di Malino Highlands. Di sini kamu akan menemukan ladang bunga berwarna putih yang tak kalah cantik dengan bunga buckwheat.

 

Baca selanjutnya.

lokasi syuting drama Korea

Lembah Harau, Sumatera Barat
Seperti yang pernah kamu lihat di beberapa drama Korea, sekolah di Korea biasanya memiliki bangunan dengan tampak depan berbentuk persegi dan beberapa jendela yang tersusun secara rapi serta lapangan yang luas.

 

Untuk menemukan suasana seperti itu, kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke Korea. Suasana ala sekolah di Korea bisa kamu jumpai di Lembah Harau, Sumatera Barat, lho!

 

Baca juga: Mengungkap Sejarah dan Filosofi Makanan Rendang yang Mendunia

 

Selain menyajikan suasana ala Korea, lembah ini juga menyandang sebagai lembah terindah di Indonesia.

https://www.instagram.com/p/B1eEAkwH8IN/

Pantai Patokan, Sulawesi Utara

Tempat terakhir yang mirip lokasi syuting drama Korea di Indonesia adalah Pantai Patokan. Kalau tempat yang satu ini mirip dengan salah satu latar dalam drama Descendants of the Sun.

 

Pantai yang terletak di daerah Sulawesi Utara ini mirip dengan Pantai Navagio, Pulau Zakynthos, Yunani yang menjadi lokasi syuting drama Korea yang dibintangi oleh Song-Song Couple ini.

 

Baca juga: Tips Belanja Oleh-Oleh Agar Tidak Boros Saat Traveling

 

Pantai di antara dua tebing ini menyajikan pemandangan yang tampak begitu indah dengan pasir putih dan laut yang bersih. Untuk mencapai pantai ini, diperlukan waktu sekitar 3,5 jam dari Kota Manado.

 

Baca selanjutnya.

Bagaimana? Tak perlu jauh-jauh ke Korea untuk menikmati dan berfoto-foto dengan latar tempat yang mirip lokasi syuting drama Korea. Jangan lupa download aplikasi Movic untuk menemani perjalanan kamu ke “Korea” ala Indonesia, ya!