Search Cars

Berita Utama Otomotif

Strategi Mengatasi Kelebihan Muatan Kendaraan Saat Mudik, Mudik Aman dan Nyaman

Strategi Mengatasi Kelebihan Muatan Kendaraan Saat Mudik

Strategi Mengatasi, Mudik identik dengan kembali ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga. Namun, semangat mudik terkadang terganggu oleh masalah kelebihan muatan kendaraan. Membawa barang berlebihan tidak hanya membuat mobil berat dan boros bahan bakar, tetapi juga membahayakan kamu dan penumpang lainnya. Mari simak beberapa strategi mengatasi kelebihan muatan kendaraan agar mudikmu berjalan aman dan nyaman!

Pahami Bahaya Kelebihan Muatan Kendaraan

Sebelum membahas strategi mengatasi kelebihan muatan, ada baiknya kamu mengenali beberapa bahaya yang di timbulkan:

  • Risiko Kecelakaan Lebih Tinggi: Mobil dengan kelebihan muatan menjadi lebih sulit di kendalikan, terutama saat mengerem mendadak atau mengalami kebocoran ban. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.
  • Kerusakan Komponen Mobil: Beban berlebih dapat memperberat kerja mesin, rem, dan suspensi mobil. Akibatnya, komponen mobil lebih cepat aus dan berpotensi mengalami kerusakan.
  • Tidak Lolos Uji KIR: Mobil dengan kelebihan muatan biasanya tidak lolos Uji Kelayakan Jalan (KIR). Hal ini dapat menimbulkan masalah saat di periksa petugas di pos pam mudik.

Strategi Ampuh Mengurangi Barang Bawaan

Mudik dengan barang bawaan minimalis mungkin terlihat sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan:

  • Rencanakan Daftar Barang Bawaan: Buatlah daftar barang yang benar-benar di perlukan selama di kampung halaman. Prioritaskan pakaian dan barang keperluan primer lainnya. Ingat, kamu bisa membeli beberapa kebutuhan sehari-hari di kampung nanti.
  • Manfaatkan Teknologi: Gunakan penyimpanan cloud untuk menyimpan foto dan dokumen penting. Selain menghemat ruang, kamu juga bisa mengakses file tersebut kapan pun di butuhkan.
  • Kirim Barang Terlebih Dahulu: Jika memiliki barang dalam jumlah banyak, pertimbangkan untuk mengirimnya melalui jasa ekspedisi beberapa hari sebelum keberangkatan.
  • Bawa Pakaian Multifungsi: Pilih pakaian yang bisa di padupadankan dengan mudah untuk mengurangi jumlah pakaian yang di bawa. Gunakan bahan pakaian yang mudah di cuci dan cepat kering.
  • Gunakan Roof Box (Opsional): Jika memang membutuhkan ruang ekstra, pertimbangkan menggunakan roof box yang di pasang di atas atap mobil. Namun, pastikan berat barang sesuai dengan kapasitas maksimal roof box dan mobil kamu.

Aturan Barang Bawaan di Dalam Mobil (Lanjutan)

  • Pastikan Barang Terikat Aman: Gunakan tali atau pengikat barang untuk menjaga agar barang tidak bergeser saat mobil berjalan.
  • Hindari Menutup Jendela: Membuka jendela sedikit membantu sirkulasi udara dan menjaga suhu mobil tetap nyaman. Namun, hindari meletakkan barang berharga di dekat jendela terbuka untuk mencegah pencurian.
  • Patuhi Batas Muatan Kendaraan: Setiap kendaraan memiliki batas muatan maksimal yang tidak boleh di lebihi. Periksa batas muatan mobil kamu di buku manual atau tanyakan kepada mekanik.

Tips Tambahan untuk Mudik Aman dan Nyaman

  • Periksa Kondisi Kendaraan: Sebelum berangkat mudik, pastikan kondisi mobil kamu dalam keadaan prima. Periksa oli mesin, rem, ban, dan komponen penting lainnya.
  • Gunakan Jalan Tol: Jika memungkinkan, gunakan jalan tol untuk menghemat waktu dan menghindari kemacetan. Perhatikan tarif tol dan siap dengan kartu e-toll yang cukup saldo.
  • Istirahat Cukup: Hindari mengemudi dalam keadaan lelah dan kantuk. Rencanakan istirahat setiap 2-3 jam sekali di rest area yang aman dan nyaman.
  • Patuhi Aturan Lalu Lintas: Tetap patuhi aturan lalu lintas saat berkendara dan berhati-hatilah di jalan. Gunakan sabuk pengaman dan perhatikan kecepatan kendaraan.

Mudik dengan aman dan nyaman bukan hal yang sulit jika di lakukan dengan persiapan yang matang. Terapkan strategi mengurangi barang bawaan, patuhi aturan barang bawaan di dalam mobil, dan ikuti tips tambahan untuk menjadikan mudikmu menyenangkan dan tanpa khawatir. Selamat mudik!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.