Solusi Foto SIM Hilang karena Terlalu Lama Berada di Dompet

By Reka Harnis - Februari 9, 2021

Dompet jadi tempat favorit menyimpannya, namun justru memungkinkan foto SIM menjadi pudar bahkan hilang. Begini solusinya!

Sebagai bukti atas kemampuan dan legalitas, setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). 

Tak hanya itu, SIM juga wajib dibawa setiap kali berkendara. Oleh karenanya, SIM kerap disimpan di dalam dompet atau tas. Hal tersebut sebenarnya ditujukan agar SIM diletakkan di tempat yang aman, sehingga tak tertinggal apalagi sampai hilang. 

Namun, hal tersebut justru berdampak pada pudarnya gambar dan foto sim hilang. Bahkan seiring waktu, foto pemilik pun sampai tak terlihat.

Kalau sudah begitu, sebenarnya bisa atau tidak ya jika ingin memperbarui foto sim hilang?

Tidak perlu khawatir, sebab pemilik SIM bisa melakukan foto ulang. Prosesnya tidak serumit dan sepanjang pembuatan SIM baru. Untuk kasus foto sim hilang atau pudar sistem yang diterapkan sama dengan perpanjangan SIM.

Baca juga: Selain SIM A dan C, Ternyata Ada 12 Jenis SIM di Indonesia

Jika SIM masih berlaku, pemilik cukup membayar Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), lalu tes kesehatan tetap diikuti. Soal biaya yang harus dikeluarkan, setiap pengurusan SIM rusak atau hilang tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis SIM.

Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016, biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) SIM rusak atau hilang, yaitu sebesar Rp 80 ribu untuk SIM A dan Rp 75 ribu untuk SIM C.

Berita Terkait

Author