SIM Indonesia Berlaku di Negara Lain, Ini Syaratnya

By Reka Harnis - June 10, 2020

Cukup membawa SIM Indonesia kamu sudah siap berjelajah sambil berkendara di negeri orang. Apa saja syaratnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

SIM Indonesia

Berlibur ke luar negeri memang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan jika bisa berkeliling menjelajahi sebuah negara sambil berkendara sendiri tanpa menggunakan transportasi umum yang ada. Pasalnya, dengan menggunakan kendaraan sendiri, liburanmu akan terasa lebih privasi.

Buat para traveller yang memiliki cita-cita tersebut, kamu bisa bernafas lega, karena SIM Indonesia bisa kamu gunakan di negara lain.

Hal ini penting jika kamu berencana menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil untuk menjelajahi sebuah negara.

Baca juga: Membayar Asuransi Saat Membuat SIM, Wajib atau Tidak?

Umumnya, jika ingin berkendara di luar negeri, kamu membutuhkan SIM Internasional. Namun di beberapa negara SIM dari Indonesia masih berlaku dan bisa kamu gunakan sebagai gantinya.

Jadi, kamu tak perlu takut dengan pelanggaran lalu lintas karena tidak memiliki SIM Internasional, cukup tunjukkan SIM yang kamu miliki dan kamu sudah siap melenggang bebas berkendara di negeri orang.

 SIM

Lalu, di negara mana saja SIM Indonesia dapat kamu gunakan?

SIM Indonesia berlaku di semua negara-negara Anggota ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, Myanmar, Thailand, Filipina, Laos, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Namun, khusus untuk Singapura, SIM Indonesia hanya bisa digunakan selama 12 bulan semenjak kedatangan, lebih dari itu kamu perlu mengganti SIM Indonesia ke SIM Singapura.

Begitupun dengan Malaysia, meskipun SIM Indonesia berlaku di Malaysia, kamu tetap diwajibkan untuk membawa SIM Internasional sebagai bukti bahwa kamu memang layak untuk mengemudi.

Baca juga: Cara Mengurus Smart SIM dan Biaya Resminya

Lain cerita jika kamu tinggal di Malaysia lebih dari 3 bulan, maka kamu diwajibkan untuk mengubah SIM Indonesia ke SIM Malaysia.

Berita Terkait

Author