Sejarah Toyota Corona dari Generasi ke Generasi

By Arris Riehady - April 20, 2020

Nama Corona pasti sudah tidak asing lagi di telinga pecinta otomotif. Untuk itu, yuk bernostalgia dengan generasi Toyota Corona.

sejarah toyota corona

Jauh sebelum virus corona menyebar di dunia, pecinta otomotif di Indonesia telah mengenal Toyota Corona. Nama Corona diambil dari bahasa latin yang berarti mahkota. Sebelum lahir Toyota Camry, Toyota Corona adalah salah satu mobil mewah kelas menengah produksi produsen otomotif asal Jepang.

Sementara untuk pasar ekspor khususnya Eropa, Toyota Corona lebih dikenal dengan nama Toyota Carina. Toyota Corona dibawa oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada periode 1970an, hampir bersamaan dengan Toyota Corolla.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Sedan ini sukses mengaspal di tanah air hingga generasi ke sembilan atau dikenal dengan Toyota Corona Absolute.

Toyota Corona sudah berhenti diproduksi sejak tahun 2003. Bagaimana kisahnya? Yuk, ketahui sejarah Toyota Corona dari generasi ke generasi.

Generasi pertama

Bila dibandingkan dengan Corolla, Corona generasi pertama lebih dahulu diproduksi oleh Toyota, tepatnya Mei 1957 dengan kode ST10.

ST10 hadir sebagai pengisi pasar sedan kecil empat pintu, sedangkan untuk sedan yang lebih besar Toyota sudah menghadirkan Toyota Crown.

Sejarah Toyota Corona generasi awal menggunakan mesin 997 cc bertenaga 42 daya kuda tiga percepatan manual dengan beberapa komponen diambil dari Toyota Crown. Corona dapat melaju hingga kecepatan maksimum 105 kilometer per jam.

Baca juga: Lebih Dekat Mengenal Toyota Supra dari Generasi ke Generasi

Bentuknya masih sangat sederhana dengan lampu bulat di depan dan grille besar. Lalu ditopang oleh strukur rangka bodi monokok serta supensi double wishbone. Berat totalnya hanya 960 kilogram saja.

Generasi pertama yang dikenal juga dengan nama Toyopet Corona ini mendapat ubahan minor di tahun 1958 dan berakhir pada 1960.

Generasi kedua

Sejarah Toyota Corona generasi kedua lahir pada Maret 1960. Di dunia dikenal juga dengan nama Toyota Tiara, Toyopet Coronaline, atau Toyota 1900.

Dari segi dapur pacu, Toyota Corona generasi kedua mendapat ubahan yang signifikan dengan kapasitas 1.500 cc seperti yang digunakan pada Toyota Crown dan diklaim dapat melesat hingga kecepatan 110 kilometer per jam.

Toyota mengadopsi bentuk eksterior dari Ford Tundherbird untuk mobil ini. Hal tersebut terlihat dari rumah lampu depan dan belakangnya yang lancip vertikal.

Baca juga: Mengenal Sejarah BMW Seri 5 dari Masa ke Masa

Pada ajang Tokyo Motor Show tahun 1963, Toyota memamerkan versi konsep mobil ini yang disebut Corona 1500S Convertible, Corona 1900S Sporty Sedan, dan Corona Sports Coupe.

Selain itu, diproduksi juga Toyota Corona single cabin yang mampu mengangkat muatan pada bak di bagian belakangnya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!