Sejarah Daihatsu Sirion, Fiturnya Lengkap untuk Keluarga

Punya fitur lengkap di kelasnya dan cocok untuk keluarga Indonesia, berikut evolusi dan sejarah Daihatsu Sirion dari generasi ke generasi.

mobil keluarga sirion

Sejarah Daihatsu Sirion bermula di Malaysia pada tahun 2007. Berselang dua tahun kemudian akhirnya hatchback ini resmi mengaspal di Indonesia dengan status completely built up (CBU).

Daihatsu Sirion merupakan produk rebranding dari Perodua Myvi di Malaysia. Perodua sendiri adalah pabrikan mobil terbesar di Malaysia yang sahamnya juga dipegang oleh Daihatsu.

Dengan hadirnya Daihatsu Sirion di Indonesia ini tentu akan memenuhi kebutuhan pasar hatchback yang cukup ramai peminat.

Ketimbang rival yang bahkan punya harga jauh di atasnya, Daihatsu Sirion ini punya cukup banyak fitur yang ditawarkan. Dengan harga cukup terjangkau seharusnya mobil ini bisa jadi pilihan bagus untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari.

Baca juga: Sedan dan Hatchback Pilihan untuk Mobil Keluarga Kecil

Apa saja fitur dan keunggulan hatchback 5  penumpang ini dari generasi ke generasi? Yuk, simak ulasan mengenai evolusi dan sejarah Daihatsu Sirion berikut ini.

daihatsu sirion

Genersi pertama

Sejarah Daihatsu Sirion di Indonesia dibekali dengan dengan hanya satu pilihan dapur pacu yaitu K3-VE. Mesin berkapasitas 1.300 cc ini sudah didukung teknologi katup variabel VVT-i yang menghasilkan daya 87 PS pada 6.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm.

Selain itu, ada dua pilihan transmisi yaitu 5 manual percepatan dan 4 percepatan otomatis, dengan penggerak roda depan.

Pada awal kemunculannya Daihatsu Sirion punya bentuk yang terbilang lucu dan menarik. Mengusung lekukan bodi mengkurva, tapi pada tipe tertentu sudah diaplikasikan body kit lengkap supaya tampak lebih sporty.

Baca juga: Daihatsu Sirion Menjadi Solusi Bagi Masyarakat Perkotaan

Fitur yang ditawarkan pada generasi pertama ini seperti 4 speaker serta head unit audio yang sudah bisa memutar CD, hingga power window. Generasi ini juga hadir dengan lima pilihan warna.

Daihatsu Sirion baru mendapatkan penyegaran di bagian grille, bentuk lampu, sedikit ubahan lekukan bumper, serta penambahan di beberapa fitur pada tahun 2009.

Inovasi lain juga diberikan Daihatsu di mobil ini dengan menghadirkan varian khusus yaitu Drift untuk pria dan Femme untuk wanita. Tapi secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan, perbedaan hanya terdapat pada aksesorisnya saja.

Daihatsu Sirion

Generasi kedua

Memasuki generasi kedua, Daihatsu Sirion meluncur pada tahun 2011 tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS).

Baca juga: Pilihan Mobil Anak Muda yang Kece Buat Mejeng di Tongkrongan

Secara penampilan, generasi kedua ini masih mirip dengan pendahulunya. Ubahan hanya dilakukan pada bagian wajah, mencakup grill, bumper, bentuk lampu, dan kap mesin.

Bisa dibilang pada generasi kedua ini, Daihatsu Sirion hadir dengan paras yang lebih modern dan ada nuansa sporty.

Dari segi mesin, generasi kedua Daihatsu Sirion masih memakai mesin dan pilihan transmisi yang sama dengan sebelumnya.

Selang 4 tahun, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali melakukan facelift pada Daihatsu Sirion. Kali ini, penyegaran berfokus pada wajah eksterior yang mencakup grille, tambahan lampu LED, pelek baru, spoiler belakang, muffler cutter, dan spion yang sudah bisa dilipat otomatis.

Baca juga: Fitur dan Kelebihan Daihatsu Ayla yang Bikin Perjalanan Makin Asik

Sementara pada bagian interior ada head unit audio 2DIN baru dengan dukungan CD, MP3, AUX, USB, dan Bluetooth, penyegaran sedikit pada desain lingkar kemudi dan panel instrumen.

Generasi ketiga

Tepatnya pada 2018, PT ADM menghadirkan Daihatsu Sirion generasi ketiga. Daihatsu Sirion yang sekarang disebut sebagai New Daihatsu Sirion tampil lebih sporty. Fitur-fiturnya juga makin lengkap, bahkan dibanding rival di kelasnya.

Fitur-fitur tersebut mencakup lampu depan LED dengan dengan fitur Follow Me Home, antena sirip hiu, auto wiper depan dan belakang, audio head unit 2DIN baru, penampang instrument cluster baru, AC digital, dan power outlet di jok.

Daihatsu Sirion pun mengadopsi key free system sehingga memudahkan pengendara untuk masuk ke dalam kabin. Untuk menghidupkan atau mematikan mesin, pengendara cukup menekan Start/Stop Button saja.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Daihatsu Rocky Terbaru, Berminat?

Dari segi keamanan, Daihatsu Sirion generasi ketiga hadir dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control, ISOFIX, sabuk pengaman 3 untuk seluruh penumpanh, pengingat pemakaian sabuk pengaman, serta 4 kantong udara (2 di depan dan 2 di samping jok).

Daihatsu Sirion

Bagaimana dengan mesinnya? Daihatsu Sirion generasi ketiga ini menggunakan mesin baru 1NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1.300 cc ‎yang menghasilkan tenaga 95 PS.

Lalu pada tahun 2020 lalu bersamaan dengan facelift Daihatsu Ayla, PT ADM juga memberikan penyegaran kembali pada Daihatsu Sirion.

Penyegaran paling banyak untuk varian transmisi otomatis sebagai vaian Daihasu Sirion tertinggi yang meliputi penambahan body kit, layar sentuh 7 inci untuk audio head unit, serta hadirnya warna baru. Dari segi mesin dan transmisi, semuanya masih sama.

mobil keluarga sirion 

Harga Daihatsu Sirion

Bisa dibilang dengan segala fitur dan sejarah Daihatsu Sirion, mobil hatchback ini cocok untuk keluarga yang aktif. Lincah di perkotaan dan juga nyaman untuk perjalanan jauh.

Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Daihatsu All New Terios

Nah, untuk kamu yang lagi mencari mobil Daihatsu Sirion bekas berkualitas bisa langsung cari di Pilihan Expert Seva.id.

Terdapat beragam varian dan dengan kisaran harga Daihatsu Sirion mulai dari Rp 87.000.000 hingga Rp 155.000.000.

Daihatsu Sirion Bekas

Sementara harga Daihatsu Sirion baru untuk transmisi manual Rp 201.750.000 dan Rp 216.500.000 untuk transmisi otomatis.

Daihatsu Sirion Baru

Dari tiga generasi dan sejarah Daihatsu Sirion tersebut, mana yang jadi pilihanmu? Apapun pilihannya, jangan lupa belinya di Seva.id, ya!

 

Ditulis oleh: Reka Harnis dan Shatya Agung Wicaksana