Rekomendasi Tempat Wisata untuk Melepas Penat di Banten

Banten jadi salah satu tempat tujuan warga Jakarta untuk melepas penat saat liburan. Ini deretan tempat wisata banten yang wajib dikunjungi.

tempat wisata banten

Terletak di ujung barat Pulau Jawa dan memiliki posisi yang sangat strategis, selain juga tak jauh dari ibu kota, menjadikan Banten sebagai salah satu tempat tujuan warga Jakarta untuk melepas penat saat akhir pekan maupun liburan.

 

Wisata Banten dapat diawali dari Tangerang. Selain Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kota terbesar di Provinsi Banten ini memiliki banyak pusat perbelanjaan modern serta pusat jajanan rakyat di Pasar Lama yang tak pernah bosan-bosannya dikunjungi warga non-Tangerang sekalipun.

 

Baca juga: 8 Mobil Keluarga Terbaik Untuk Liburan Akhir Tahun

 

Setelahnya, silakan mengeksplor tempat wisata Banten lain yang didominasi oleh pantai-pantai cantik. Ini deretan tempat wisata banten yang wajib dikunjungi.

Museum Benteng Heritage

Menempati bangunan tertua di Tangerang yang berarsitektur Tiongkok, museum ini menyimpan berbagai benda yang menjadi asal usul dan perkembangan masyarakat China Benteng di Tangerang, mulai dari foto suasana Pasar Lama di masa lalu, baju adat pengantin China Benteng, hingga deretan botol kecap – berhubung Tangerang dahulu terkenal sebagai sentra pembuatan kecap.

 

Koleksi menarik lainnya antara lain replika kapal yang digunakan Cheng Ho dan Christopher Columbus untuk perbandingan bahwa Tiongkok lebih siap dalam pelayaran mengarungi dunia ketimbang negara Barat, meja mahyong, timbangan opium, koleksi komik Tiongkok, alat musik kuno, beragam guci, dan patung dewa-dewi.

 

Baca juga: Kuliner Malam yang Hangat Dijamin Enak di Cibadak Culinary Night

tempat wisata banten

Pasar Lama

Pasar tertua di Tangerang yang terletak di persimpangan Jalan Bhakti dan Cilame ini merupakan surga kuliner dengan berbagai gerobak penjual makanan di sisi jalannya yang menjual daging babi asap, otak-otak, bakmi, sate, bakso, es podeng, es cincau, kue doko, hingga opak bakar.

 

Ada juga menu legendaris, seperti Laksa Benteng yang memakai mi berbahan tepung beras dengan kuah yang diimbuhi kacang hijau rebus, serta Asinan Lan Jin yang isinya terdiri dari potongan tahu kuning, timun, taoge, wortel, sawi, lobak, sayur asin, dan kacang goreng dengan pilihan bumbu kacang atau cuka.

tempat wisata banten

Pantai Anyer

Berlokasi 38 kilometer dari Serang, pantai ini menyuguhkan panorama Gunung Krakatau dan mercusuar tua di Cikoneng. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan di sini, seperti banana boat, jet ski, snorkeling, parasailing, berselancar, hingga menyantap hidangan laut yang lezat di pinggir pantai. Bila ingin menginap, terdapat beragam akomodasi di sekitar Pantai Anyer.

tempat wisata banten

Pantai Carita

Lokasi pantai ini dengan Pantai Anyer berdekatan – sementara Pantai Anyer berada di Kecamatan Anyer, Pantai Carita berada di Kecamatan Carita. Dari Jakarta, Pantai Carita lebih jauh letaknya karena lebih dekat dengan Selat Sunda.

 

Selain bisa menikmati sunrise/sunset dengan latar Gunung Krakatau, pantai ini juga menawarkan suasana romantis di malam hari dengan taburan bintang di langit dan suara deburan ombak. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan di sini, mulai dari berenang, bermain jet ski atau banana boat, dan snorkeling.

 

Baca juga: Rekomendasi Spot Sunrise dan Sunset di Kulon Progo

Pantai Sawarna

Terletak di Desa Sawarna, 150 kilometer dari Rangkasbitung, panjang pantainya mencapai 65 kilometer dengan hamparan pasir putih berhiaskan karang. Pantai terindah di Provinsi Banten ini juga memiliki ombak besar di perairannya, sehingga lebih cocok untuk para peselancar.

 

Bila ingin snorkeling, bisa mengunjungi pantai yang letaknya berdekatan, seperti Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Teluk Legon Pari.

Pantai Bagedur

Pantainya landai dan berpasir solid sehingga kendaraan bermotor bisa dipacu tanpa terjebak pasir.

 

Suasana di pantai ini pun berbeda dengan Pantai Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung karena tidak terdapat penyewaan permainan air, seperti banana boat, jet ski, dan snorkeling, sehingga lebih tenang dan santai.

 

Baca juga: Perjalanan Menguji Tangguhnya Toyota All New Rush

 

Anak-anak pun dapat bermain pasir dan berenang di pantai yang bebas dari bongkahan karang. Di kawasan ini juga terdapat minimal 30 warung sederhana untuk mengudap makanan ringan.

tempat wisata banten

Pantai Tanjung Lesung

Terletak 180 kilometer di sebelah barat Jakarta, Tanjung Lesung dapat dicapai melalui Tol Tangerang-Merak, Serang, Pandeglang, Labuan, dan Panimbang.

 

Pantai berpasir putih ini masih alami dan sangat bersih, sehingga bisa untuk berpiknik dan berenang di perairannya yang relatif tenang.

 

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Magelang

 

Berbagai olahraga air pun bisa dilakukan, seperti jet ski dan kayak, yang peralatannya bisa disewa di Tanjung Lesung Beach Club.

 

Meski kawasan ini sempat diterjang tsunami, namun kini sudah berbenah dan dapat dikunjungi turis kembali.

tempat wisata banten

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia ini merupakan suaka margasatwa terakhir bagi badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) yang kini hanya tersisa sekitar 55 ekor.

 

Luas wilayahnya mencakup hutan lindung, dan tempat terbaik untuk mengamati hewan adalah di Pulau Handeuleum. Di sini, pengunjung dapat menyusuri sungai dan hutan bakau dengan naik kano selama dua jam.

 

Berada di semenanjung segitiga paling ujung selatan Jawa, taman nasional ini bisa diakses dari Serang, lalu ke Labuan selama sekitar 90 menit dan naik speedboat sewaan ke Pulau Peucang selama sekitar lima jam.

tempat wisata banten

Orang Kanekes

Dikenal juga dengan sebutan Orang Baduy (berbeda dengan Suku Baduy dari Arab), orang Kanekes adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda yang tinggal di Desa Kanekes di perbukitan Gunung Kendeng, sekitar 75 kilometer dari Rangkasbitung.

 

Populasinya antara 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka terbagi dua, yaitu Baduy Luar yang sudah tersentuh modernisasi dan bisa dicapai dua jam berjalan kaki, serta Baduy Dalam yang menerapkan isolasi dari dunia luar dengan lokasi kampung yang lebih dalam, yaitu sekitar tiga hingga empat jam jalan kaki.

 

Baca juga: Kenalan dengan 9 Tempat di Dieng yang Wajib Dikunjungi

 

Bila ingin ke kampung Baduy Dalam, pengunjung harus mematuhi sejumlah larangan, antara lain tidak membawa radio, tidak menangkap atau membunuh binatang, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, tidak melanggar norma susila, tidak merokok, tidak memotret, dan tidak menggunakan sabun serta pasta gigi.

wisata di gunungkidul

Pakai Movic

Jangan lupa dicatat ya tempat wisata Banten yang mesti kamu kunjungi di atas.

 

Kalau mau sewa mobil, kamu bisa sewa di Movic saja. Movic merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik dan penyewa mobil. Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, kamu akan lebih hemat tenaga.

 

Selain bertugas mengantar kamu berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan pelancong. Dengan menyewa mobil berikut sopirnya bisa jadi kamu dapat menekan budget saat liburan.

 

Tunggu apalagi, segera download Movic. Mo’ Untung, Movic Aja!