panduan new normal

Rangkuman Panduan New Normal Indonesia dari Kemenkes RI

panduan new normal

Sudah hampir dua bulan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia.

Jakarta misalnya, yang mulai menerapkan PSBB dan berlaku sejak 10 April 2020, dan direncanakan akan berakhir pada 4 Juni 2020. Namun, PSBB Jakarta bisa diperpanjang melihat situasi dan kondisi, serta penyebaran virus corona.

Hingga artikel ini ditulis (1/6/2020) kasus positif virus corona di Jakarta mencapai 7.383 pasien. Dari total tersebut, 2.246 di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan 521 pasien meninggal.

Tingkat kematian atau case fatality rate akibat virus corona di Jakarta dari data di atas sebesar 7,2 persen. Kemudian, ada 1.794 pasien yang masih dirawat di rumah sakit, serta 2.822 pasien lainnya melakukan isolasi mandiri secara masing-masing. (Sumber data: Kompas.com).

Baca juga: Cara Sederhana Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

Lantas, langkah kebijakan apa yang selanjutnya akan diambil pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus corona?

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia akan masuk ke era new normal atau kelaziman baru dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, Indonesia harus tetap produktif di tengah wabah Covid-19.

New normal adalah praktik dari wacana relaksasi PSBB sehingga masyarakat dapat tetap beraktivitas di luar dengan mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan. Seperti diketahui, sebagai konsekuensi PSBB, beberapa aktivitas industri dan perkantoran yang diwajibkan berhenti dan digantikan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *